https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/issue/feed Jurnal El-Hikam 2025-02-08T11:46:24+08:00 Rusdan [email protected] Open Journal Systems <p>El-Hikam: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keagamaan (ISSN 1978-2152) was first published by the P2M of STIT Nurul Hakim (prior to its transformation into the P3M Institut Agama Islam Nurul Hakim) on Friday, March 21, 2008. At the end of 2019, this institution transformed into LP2M. El-Hikam Journal was first published online in 2015 (E-ISSN 2541-3465). At that time, it was still under the auspices of ojs.kopertais14.or.id, managed by Kopertais Region 4 Surabaya. Since Volume 13, Number 2, December 2020, El-Hikam: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keagamaan has been publishing articles on its own portal (<a href="https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/">https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/</a>) alongside several other journals under LP2M. This journal contains articles resulting from research and analytical or critical studies in the fields of education and religious studies, aiming to develop, explore, and explain knowledge to educated readers in Indonesia and around the world. Those interested can submit articles or research results to the Journal Editor &amp; Administration of El-Hikam at LP2M Nurul Hakim Islamic Institute, Jl. TGH. Abdul Karim No. 1 Kediri Lombok Barat NTB 83362 | Telp. (0370) 6175357 Fax (0370) 6175387, email: [email protected].</p> <p><span id="result_box" class="" lang="en" tabindex="-1"> </span></p> https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/265 MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATA PEAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PASIRHAYAM 2023-01-12T16:41:43+08:00 Muhammad Sobri [email protected] Sariningsih Sariningsih [email protected] <p>Permasalahan yang dipecahkan melalui penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pasirhayam tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan penyesuaian dengan masalah penelitian maka digunkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian adala berfokus untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pasirhayam. hasil penilaian pra siklus dari jumlah siswa kelas V hanya terdapat 6 siswa yang telah mencapai KKM sedangkan 13 diantaranya masih dibawah KKM sehingga persentase keberhasilan siswa hanya 13.6 % dengan pencapaianan rata-rata nilai kelas yaitu sebesar 56.84. Hasil penelitian siklus I dapat kita amati melalui tabel diatas. Dari 19 siswa kelas V seluruhnya telah mencapai KKM dengan demikian persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 100 % namun nilai rata-rata yang masih relative rendah yaitu 67.37 Hasil penilaian siklus II menunjukan hasil yang memuaskan yaitu dari 19 siswa seluruhnya telah mencapai KKM sehingga persentase ketuntasan belajar masih 100 % dan terjadi peningkatan yang signifikan pada pencapaianan rata-rata nilai kelas yaitu sebesar 89.21. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Pasirhayam Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/492 STUDI HISTORIOGRAFI HADIS MASA MU’ASHIRIN: (Penulisan Sejarah Hadis Pada Abad 11-15 Hijriyyah) 2024-11-10T22:09:07+08:00 fiqi halwaini [email protected] <p><em>Artikel ini membahas tentang historiografi hadis pada masa mu’ashirin abad ke 11-15 dari awal kemunculan kemudian perkembangannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-historis. Dengan menggunakan jenis penelitian yang bersifat library research (kepustakaan). dan menggunakan sumber-sumber data yang berkaitan dengan historiografi masa mu’ashirin. Historiografi hadis pada abad ini merupakan kajian yang menarik untuk dikaji, karena pada abad </em><em>ini</em><em> terjadinya kemandekan serta pada abad ini hadis juga mengalami kebangkitan. Dimana fase kemandekan dan kebekuan terjadi pada abad 10 sampai awal abad ke 14 Hijriyyah dimana hadis pada waktu itu tidak berkembang sama sekali. Dan fase kebangkitan pada abad ini berlangsung sejak abad ke 14 sampai sekarang. Dan perkembangan kajian hadis tersebut mulai marak kembali setelah muncul kesadaran umat Islam pada waktu itu, karena melihat orientalis yang banyak mengkaji hadis dan memunculkan karya-karya yang seringkali kontroversial Dengan melihat berbagai kontroversi hadis yang telah di usung oleh para orientalis tersebut, Sehingga kesadaran umat Islam untuk mengkaji hadis mulai bangkit dan terus berkembang hingga saat ini.</em></p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/507 TEACHERS PERCEPTION ON THE UTILIZATION OF CLIL IN TEACHING LITERACY TO YOUNG LEARNERS: A CASE STUDY IN WEST NUSA TENGGARA INTERNATIONAL SCHOOL 2024-12-29T06:07:42+08:00 Auha Amalina [email protected] Muhamad Supriadi [email protected] <p>CLIL (Content and Language Integrated Learning) is a dual-focused study focusing on content and language in educating and acquiring materials using the target language. In teaching English to young learners, CLIL is essential in enhancing children's literacy skills. It will enable young learners to understand, acquire, and use information bilingually and ready to face global needs. This study must be implemented due to the need for more research in bilingual education. This study uncovered teachers' perceptions of CLIL implementation in international schools. Through this understanding, the research aims to identify challenges, training needs, and potential solutions to enhance the effectiveness of CLIL in learning. This research employs a qualitative approach with in-depth interviews of several teachers teaching in an international school in West Nusa Tenggara. The research was conducted through observations, document studies, and interviews. These aim to gain an in-depth understanding of CLIL implementation with seven primary teachers in one of the international schools in West Nusa Tenggara. Data analysis was conducted using a thematic approach to identify patterns, themes, and perspectives in their perceptions. Conclusion and implication were drawn from the discussion of the findings.</p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/511 CHALLENGES OF CLASSROOM MANAGEMENT IN TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS IN DIFFICULT CIRCUMSTANCES AN ISLAMIC BOARDING SCHOOL SETTING 2025-01-19T11:54:26+08:00 Zukrina Kholis [email protected] RUDI HARYANA HIDAYAT [email protected] <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p>English language education in Islamic boarding schools presents unique challenges and opportunities due to their distinctive cultural and institutional characteristics. This qualitative case study investigates classroom management challenges and opportunities in teaching English at an Islamic boarding school. Through observation and interviews with three English teachers in an Islamic Boarding School in Lombok, the study identified several significant challenges including, insufficient facilities, student fatigue from numerous activities, time constraints, shortage of qualified tutors, and the non-compulsory status of English in the curriculum. However, the study also revealed notable opportunities within this educational context, particularly in terms of institutional autonomy. This autonomy manifests in greater freedom regarding rule-making, financial allocation, and pedagogical approaches. These findings provide valuable insights into the complex dynamics of English language teaching within Islamic boarding school environments and suggest potential pathways for institutional improvement.</p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/522 IMPLEMENTASI METODE TALQIN DAN TALAQQI PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN KELAS V MI NW TEKO 2025-02-08T11:46:24+08:00 Howin Hendria Santana [email protected] <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p>Menghafalkan Al-Qur’an adalah salah satu upaya umat Muslim untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an dan merupakan perbuatan yang mulia dan terpuji. Salah satu metode menghafal AL-Qur’an yaitu dengan penggunaan metode talqin talaqqi. Metode ini dilaksanakan dengan cara guru membacakan terlebih dahulu secara berulang-ulang ayat yang akan dihafalkan oleh murid, kemudian murid menirukan secara berulang-ulang pula bacaan sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru sampai murid benar-benar hafal. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi dan prolematika metode talqin talaqqi yang ada di MI NW Teko kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data penelitian ini melalui empat tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, uji keabsahan data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: pertama implementasi metode talqin talaqqi di MI NW Teko kelas V.</p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam