https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/issue/feed Jurnal El-Hikam 2024-12-29T11:37:55+08:00 Rusdan [email protected] Open Journal Systems <p>El-Hikam: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keagamaan (ISSN 1978-2152) was first published by the P2M of STIT Nurul Hakim (prior to its transformation into the P3M Institut Agama Islam Nurul Hakim) on Friday, March 21, 2008. At the end of 2019, this institution transformed into LP2M. El-Hikam Journal was first published online in 2015 (E-ISSN 2541-3465). At that time, it was still under the auspices of ojs.kopertais14.or.id, managed by Kopertais Region 4 Surabaya. Since Volume 13, Number 2, December 2020, El-Hikam: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keagamaan has been publishing articles on its own portal (<a href="https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/">https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/</a>) alongside several other journals under LP2M. This journal contains articles resulting from research and analytical or critical studies in the fields of education and religious studies, aiming to develop, explore, and explain knowledge to educated readers in Indonesia and around the world. Those interested can submit articles or research results to the Journal Editor &amp; Administration of El-Hikam at LP2M Nurul Hakim Islamic Institute, Jl. TGH. Abdul Karim No. 1 Kediri Lombok Barat NTB 83362 | Telp. (0370) 6175357 Fax (0370) 6175387, email: [email protected].</p> <p><span id="result_box" class="" lang="en" tabindex="-1"> </span></p> https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/265 MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATA PEAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PASIRHAYAM 2023-01-12T16:41:43+08:00 Muhammad Sobri [email protected] Sariningsih Sariningsih [email protected] <p>Permasalahan yang dipecahkan melalui penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pasirhayam tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan penyesuaian dengan masalah penelitian maka digunkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian adala berfokus untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pasirhayam. hasil penilaian pra siklus dari jumlah siswa kelas V hanya terdapat 6 siswa yang telah mencapai KKM sedangkan 13 diantaranya masih dibawah KKM sehingga persentase keberhasilan siswa hanya 13.6 % dengan pencapaianan rata-rata nilai kelas yaitu sebesar 56.84. Hasil penelitian siklus I dapat kita amati melalui tabel diatas. Dari 19 siswa kelas V seluruhnya telah mencapai KKM dengan demikian persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 100 % namun nilai rata-rata yang masih relative rendah yaitu 67.37 Hasil penilaian siklus II menunjukan hasil yang memuaskan yaitu dari 19 siswa seluruhnya telah mencapai KKM sehingga persentase ketuntasan belajar masih 100 % dan terjadi peningkatan yang signifikan pada pencapaianan rata-rata nilai kelas yaitu sebesar 89.21. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Pasirhayam Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/385 ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP PADA MADRASAH IBTIDAIYAH AL HAFIZIAH MASJURING DESA BONDER KECAMATAN PRAYA BARAT 2023-12-09T14:21:33+08:00 Sahrizal Fahlawi [email protected] Rizka Eliza Pertiwi [email protected] Muhammad Sobri [email protected] <p>This research discusses environmentally friendly Islamic education in Islamic Madrasah Ibtidaiyah Al Hafiziah Desa Bonder Kecamatan Praya Barat. Islamic education covered in the subjects of Al-Quran, Hadith, Aqidah Akhlak, Fiqh, and Islamic Cultural History can be used as a medium to instil environmentally friendly Islamic education in students. This research uses a field research approach and in-depth interviews. The findings of this study show that Islamic education has been integrated in aqidah moral subjects, for example related to animals and plants, while fiqh subjects, such as maintaining body and environmental hygiene. Thus, students have scientific insights that can then be applied to love and protect the environment.</p> <p><strong>Keywords</strong>: &nbsp;Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Lingkungan Hidup</p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/408 PENERAPAN TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPI NURUL JADID ABDUL KARIM BANYURIP 2024-01-09T00:06:46+08:00 Lalu Nurul Wathoni [email protected] <p>Teori APOS terdiri dari empat tahapan yaitu aksi, proses, objek dan skema. Hasil belajar matematika adalah suatu bentuk pemahaman dan penugasan siswa terhadap pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan hasil tes pada pembelajaran matematika.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa, dan (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan teori APOS dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPI Nurul Jadid Abdul Karim Banyurip. Hasil penelitian (1) hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 37,93% tuntas, 62,06% belum tuntas sehingga rata-rata perolehan hasil belajar siswa adalah 69,83% dan 79,31% tuntas, 20,68% belum tuntas sehingga perolehan rata-rata tes hasil belajar siswa adalah 75,43%. dan (2) siswa memberikan respon yang cukup baik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan teori APOS, pada siklus I mencapai 69,67% dan siklus II 70,04%.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa teori APOS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan dua siklus dan empat tahap pembelajaran yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, tes individual dan kegiatan penutup. Bagi peneliti lain yang hendak mengadakan penelitian serupa, diharapkan menerapkan pada materi yang berbeda, misalnya pada aljabar atau geometri.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/492 STUDI HISTORIOGRAFI HADIS MASA MU’ASHIRIN: (Penulisan Sejarah Hadis Pada Abad 11-15 Hijriyyah) 2024-11-10T22:09:07+08:00 fiqi halwaini [email protected] <p><em>Artikel ini membahas tentang historiografi hadis pada masa mu’ashirin abad ke 11-15 dari awal kemunculan kemudian perkembangannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-historis. Dengan menggunakan jenis penelitian yang bersifat library research (kepustakaan). dan menggunakan sumber-sumber data yang berkaitan dengan historiografi masa mu’ashirin. Historiografi hadis pada abad ini merupakan kajian yang menarik untuk dikaji, karena pada abad </em><em>ini</em><em> terjadinya kemandekan serta pada abad ini hadis juga mengalami kebangkitan. Dimana fase kemandekan dan kebekuan terjadi pada abad 10 sampai awal abad ke 14 Hijriyyah dimana hadis pada waktu itu tidak berkembang sama sekali. Dan fase kebangkitan pada abad ini berlangsung sejak abad ke 14 sampai sekarang. Dan perkembangan kajian hadis tersebut mulai marak kembali setelah muncul kesadaran umat Islam pada waktu itu, karena melihat orientalis yang banyak mengkaji hadis dan memunculkan karya-karya yang seringkali kontroversial Dengan melihat berbagai kontroversi hadis yang telah di usung oleh para orientalis tersebut, Sehingga kesadaran umat Islam untuk mengkaji hadis mulai bangkit dan terus berkembang hingga saat ini.</em></p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/507 TEACHERS PERCEPTION ON THE UTILIZATION OF CLIL IN TEACHING LITERACY TO YOUNG LEARNERS: A CASE STUDY IN WEST NUSA TENGGARA INTERNATIONAL SCHOOL 2024-12-29T06:07:42+08:00 Auha Amalina [email protected] Muhamad Supriadi [email protected] <p>CLIL (Content and Language Integrated Learning) is a dual-focused study focusing on content and language in educating and acquiring materials using the target language. In teaching English to young learners, CLIL is essential in enhancing children's literacy skills. It will enable young learners to understand, acquire, and use information bilingually and ready to face global needs. This study must be implemented due to the need for more research in bilingual education. This study uncovered teachers' perceptions of CLIL implementation in international schools. Through this understanding, the research aims to identify challenges, training needs, and potential solutions to enhance the effectiveness of CLIL in learning. This research employs a qualitative approach with in-depth interviews of several teachers teaching in an international school in West Nusa Tenggara. The research was conducted through observations, document studies, and interviews. These aim to gain an in-depth understanding of CLIL implementation with seven primary teachers in one of the international schools in West Nusa Tenggara. Data analysis was conducted using a thematic approach to identify patterns, themes, and perspectives in their perceptions. Conclusion and implication were drawn from the discussion of the findings.</p> 2024-06-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal El-Hikam