Pengambangan UMKM Desa Berbasis Digital Di Desa Buwun Mas Kec. Sekotong Kab. Lombok Barat NTB

Penulis

  • Heri Fadli Institut Agama Islam Nurul Hakim Kediri Lombok Barat NTB
  • samsul karmaen Institut Agama Islam Nurul Hakim Kediri Lombok Barat NTB
  • Parziyah Parziyah Institut Agama Islam Nurul Hakim Kediri Lombok Barat NTB

Abstrak

Pengabdian kepadamasyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan terkait pengembangan UMKM desa berbasis digital di desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong. Masyarakat Buwun Mas khususnya ibu-ibu PKK diharapkan bisa mengembangkan usahanya berbasis digital. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan dan dirumuskan, maka kerangka pemecahan masalah yang dilakukan melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah pelatihan pengembangan UMKM Desa berbasis digital di Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Metode Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan workshop, meliputi: penyampaian materi malalui metode ceramah dan Tanya jawab.

Berdasarkan pemeparan diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dengan judul “Pengembangan UMKM Desa Berbasis Digital” berjalan dengan lancar. Dari kegiatan pengabdian ini dibagi menjadi dua sesi yaitu kegiatan pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dilakukan pengabdi pada tanggal 10 September 2021 jam 08.00 sampai jam 11 siang.  Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 15 peserta yang berasal dari ibu-ibu PKK Desa Buwun Mas Sekotong. Dalam kegiatan ini pemateri menyampaikan strategi pemasaran digital melalui media sosial. Selesai pelatihan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh tim pengabdi dengan mahasiswi IAI Nurul Hakim. Dalam pendampingan ini ibu-ibu PKK didampingi dalam pembuatan kue atau jajanan pasar seperti kue bolu pandan, risoles, ubi lumer, pisang coklat dan martabak mini. Jenis makanan ini merupakan jajanan yang banyak diminati konsumen. Dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diharapkan dapat memberikan tambahan refrensi bagi ibu-ibu PKK dan pemasaran produk secara digital dan menambah refrensi dalam mengembangkan inovasi produk khususnya kua dan jajanan pasar.

 

Diterbitkan

25-03-2022

Terbitan

Bagian

Articles