PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus : Desa Montong Sapah)

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v2i1.106

Keywords:

Pembelajaran dan blended learning

Abstract

Blended learning adalah pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengkombinasikan antara pembelajran langsung (face to face) dengan pembelajaran online. Factor-faktor yang mempengaruhi kelancaran blended learning adalah : guru dan siswa harus memahami teknologi, jaringan internet harus stabil dan content atau instrument pembelajaran harus ada. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi madrasah yang ada di Desa Montong Sapah dalam pembelajaran online adalah: pertama, guru dan siswa masih belum memahami tentang pembelajaran online, keadaan jaringan internet yang kurang stabil. Adapun jeni-jenis pembelajran online yang dapat digunakan oleh guru dan siswa adalah dengan menggunakan google classroom dan whatshaap (WA) karena untuk menggunakan zoom atau google meet masih belum memungkin dengan kondisi sinyal yang belum stabil dan kondisi ekonomi siswa yang kurang mampu untuk membeli kuota internet.

References

Ahmad, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Aliyah Darul Falah Batu Jangkih. El-Hikam, 13(1), 66–82.

Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224

Bibi, S., Jati, H., & Yogyakarta, U. N. (2015). EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN THE EFFECTS OF BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENT ’ S MOTIVATION AND UNDERSTANDING ON THE. 5(2), 74–87.

Dissriany, M., & Banggur, V. (n.d.). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia.

Manggabarani, A. F., & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab . Wajo ( Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur ) The Effect Of “ Blended Learning ” Models On Motivation and Student Achieve. 83–93.

Ramadhan, R., Chaeruman, U. A., & Kustandi, C. (2018). Jurnal Pembelajaran Inovatif Pengembangan Pembelajaran Bauran ( Blended Learning ) di Universitas Negeri Jakarta. 1(1), 37–48.

Sudarman. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Perolehan Belajar Konsep Dan Prosedur Pada Mahasiswa Yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(1), 106–117.

Widiara, I. K., & Life, L. (2018). BLENDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. 2(2).

Published

30-09-2021