Tupoksi Guru, Konselor, dan Psikiater dalam Pendidikan Formal

Konseling, guru, konselor, psikiater

Authors

  • wildan Halid

Keywords:

Pendidikan formal, Konselor, Guru dan Psikiatri

Abstract

Abstrak

Kata Kunci: Pendidikan formal, Konselor, Guru dan Psikiatri

Pendidikan formal adalah sebuah lembaga pendidikkan yang menggunakan kurikulum yang baka yang di atur undang-undan dan semua turunannnya namun dari tahun ke tahun selalu ada perubahan sesuai dengan perkembangan zaman serta adanya tuntutan kebutuhan peserta didik yang semakin kompleks baik perubahan  mata pelajaran, perubahan struktural dan manajemen serta adanya penambahan di luar guru mata pelajaran seperti Konselor dan psikiatri, ini menunjukkan terjadinya perubahan atau perkembangan di dasarkan pada kebutuhan yang mendesak atau urgen sehingga lembaga pendidikan formal khususnya secara bertahap terus melakukan pembenahan di lingkungan internanya. Berangkat dari perubahan-perubahan inilah dalam pendidikan formal selalu terjadi hal-hal ambigu terkait penempatan-penempatan sumber daya manusianya sesuai tupoksinya, seperti halnya Konselor, Guru dan Psikiatri. Yang masih sering menjadi bahan perdebatan atau diskusi adalah seorang Konselor seperti apa, bagaimana peran, tugas dan fungsinya, berbeda dengan Guru dan Psikiatri arahnya sudah jelas kemana arahnya. Karena itulah dalam tulisan ini tidak terlalu di bahas secara panjang lebar, berbeda halnya dengan Konselor atau yang sering di sebut Guru BK dalam pendidikan formal dalam uraian-uraian tulisan ini akan di bahas secara maksimal mulai dari proses awal hingga akhir mendapatkan gelar sarjana bimbingan dan  konseling hingga di anugerahi sertifikat Konselor yang di disingkat “Kons”.

References

Sunaryo Kardinata dkk,.Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional 2008.

Robert L. Gibson. Marianne H.Mitchell. Bimbingan dan Konseling edisi tujuh terj..cet.1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 20011.

Fajar Santodi. Manajemen Bimbingan dan Konseling . Yogyakarta: Universitas sanata Dharma 2010.

Eti Nurhayati Bimbingan, Konseling dan Psikoterapi Inovatif . Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011.

Aip Badrujaman. Teori dan AplikasiProgram Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Indeks 2011.

Yustinus Semiun, OFM. Kesehatan mental 1pandangan umum mengenai penyesuaian diri dankesehatan mental serta teori-teori terkait. Yogyakarta; Kanisius 2006.

Kartini kartono Patologi sosial. jakarta; Raja Grafindo Persada 2011.

Published

28-03-2022