MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH DENGAN LANGKAH-LANGKAH POLYA

Authors

  • ahmad01 ahmad01 Universitas bumigora mataram
  • Habib Ratu Perwira Negara Universitas Bumigora
  • Kiki Riska Ayu UIN Mataram
  • Gilang Primajati Universitas Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v2i2.149

Keywords:

Prestasi Belajar, Pemecahan masalah, langkah-langkah polya

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemecahan masalah dengan langkah-langkah polya dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukanĀ  di MTs Nurul Yaqin, subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII . Adapun Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimaksud dirancang beberapa siklus yaitu siklus I dan II. Setiap siklus tediri atas beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun intrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data diantaranya adalah lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I, aktivitas belajar siswa pada pertemuan I dalam kategori kurang aktif dengan skor 13,23 Sedangkan pada pertemuan II hasil observasi aktivitas siswa dalm kategori aktif dengan skor 15,42. untuk prestasi siswa pada siklus I belum mencapai indikator kerja dimana ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 50,07%, sedangkan indikator kerjanya 85%. Upaya yang dilakukan pada proses pembelajaran siklus II cukup berhasil. Hal tersebut terlihat pada skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan I adalah 16,53 dengan kategori aktif dan pertemuan II adalah 19,87 dengan kategori sangat aktif. Untuk prestasi belajar yang diperoleh siswa pada siklus II dengan ketuntasan belajar sebesar 87,8% sementara indikator kerja untuk ketuntasan belajar hanya 85%. Jadi, ketuntasan belajar juga telah tercapai. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa penerapan strategi pemecahan masalah dengan menggunakan langkah-langkah polya dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pokok bahasan segi empat pada siswa kelas VIIĀ  MTs Nurul Yaqin Kelanjur.

References

Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1). https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p1-6

Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2520

Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1). https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622

Mohd Adnan, Z., & Hamid, J. (2020). Kesan Model Polya Dalam Pembelajaran Algoritma Dalam Kalangan Pelajar: Satu Kajian Kes. Journal of Humanities and Social Sciences, 2(3). https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0203.140

Nurhasanah, L., & Adirakasiwi, G. A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Rosita, I., & Abadi, A. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Sam, H. N., & Qohar, A. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah - Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2). https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.5188

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706

Published

28-03-2022