AL QURAN SEBAGAI BUKU METODE PEMBELAJARAN: ANALISIS AYAT-AYAT TARBIYAH

AL QURAN SEBAGAI BUKU METODE PEMBELAJARAN: ANALISIS AYAT-AYAT TARBIYAH

Authors

  • Sahrizal Fahlawi Institut Agama Islam Nurul Hakim Lombok
  • Rizka Eliza Pertiwi Institut Agama Islam Nurul Hakim
  • Heri Fadli Institut Agama Islam Nurul Hakim

Keywords:

Al Quran, Learning Methods, Tarbiyah Verses

Abstract

This article discusses the Al Quran as a book of learning methods.The Al Quran discusses various topics about social life, including education, which discusses learning methods which are a medium for conveying messages from teachers to students.The learning method plays an important role in the learning process and even determines the level of achievement of learning objectives.In the Al-Quran there are several learning methods with various variants that can be used as references for teachers.Verses discussing learning methods can be found in verses discussing educational issues or better known as tarbiyah verses.This article discusses various methods in learning and the role of the method itself.

Keywords: Al Quran, Metode Pembelajaran, Ayat-ayat Tarbiyah

References

Ahmad Syaifulloh, “Metode Pendidikan dalam Al-Qur’An (Kajian Tafsir Tematik),” Dinamika: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, no. 1 Vol. 2 (Juni, 2017), 120-121, diakses 22 Oktober 2022 https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika

Al Quran dan Terjemahan, Jakarta: Dharma Art, 2015.

Al Quran dan Tafsirnya: Edisi yang Disempurnakan, Jakarta: Widya Cahaya, 2011.

Asep Muhyidin, Odin Rosidin, Erwin Salpariansi, “Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal,” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), no. 1 Vol. 4 (Maret, 2018), 31, diakses 21 Oktober 2022, https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2464

Dede Salim Nahdi, Devi Afriyuni Yonanda, Nurul Fauziah Agustin, “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA,” Jurnal Cakrawala Pendas, no. 2 Vol. 4 (Juli, 2018), 11, diakses 20 Oktober

https://core.ac.uk/download/pdf/228882831.pdf

Dwiyani Anggraeni, Sofia Hartati, Yuliani Nurani, “Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, no. 2 (Juli 2019), 405, diakses 10 Oktober 2022, https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view

Hikmat Basyir, Hazim Haidar, Musthafa Muslim, Abdul Aziz Isma’il, terj. At-Tafsir al-Muyassar, Jakarta: Darul Haq, 2016.

https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan

https://www.google.com/search?q=metode+hikmah+adalah diakses 20 Oktober 2022.

https://www.google.com/search?q=metode+ceramah&rlz diakses 20 Oktober 2022.

https://www.google.com/search?q=metode+diskusi&rlz diakses 20 Oktober 2022.

Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi, terj. Tafsir Ibnu Katsir, Depok: Gema Insani, 2019.

Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuti, terj., Tafsir Jalalain, Jakarta: Ummul Quro, 2018.

Liarti Bt Rusli, “Metode Pembelajaran dalam Al Quran (Analisis terhadap Ayat-ayat Tarbawi),” Jurnal Inspiratif Pendidikan (JIP), no. 2, Vol. 8 (Desember, 2019), 61.

Justi Sitohang, “Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar,” Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH), no. 4 Vol. 3 (Desember, 2017), 682, diakses 21 Oktober 2022, file:///C:/Users/user/Downloads/4851-11739-1-SM.pdf

Kadar M. Yusuf, Studi Al Quran, Jakarta: Amzah, 2009.

Muhammad Afandi dkk, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang: Unisula Press, 2013.

Muhammad Quraish Shihab, Tafsir Al Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2017.

Published

31-03-2023