Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v5i1.475Keywords:
Strategi Guru, Minat belajar siswaAbstract
Penelitian ini didasari oleh sebuah fenomena bahwa siswa sering mengalami kejenuhan dalam mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini berdampak pada minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, perlunya strategi khusus dari guru Sejarah Kebudayaan Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Karena data yang diperoleh berupa data verbal yang didapatkan melalui percakapan atau melalui tanya jawab. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu obsevasi dan wawancara.
Untuk dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan seorang guru harus menguasai kelas dan bisa merancang strategi pembelajaran yang cocok untuk menyampaikan materi yang akan diajarkan agar bisa memotivasi siswa supaya lebih giat lagi dalam mengikuti proses pembelajaran. Seperti halnya di MTs Al-Istiqomah Kapu untuk meningkatkan minat belajar siswa guru Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan beberapa strategi, diantaranya yaitu menggunakan media yang sesuai dengan materi, memberikan pujian, bimbingan, penguatan serta motivasi. Tanpa strategi yang jelas, proses belajar mengajar tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan tidak berlangsung sesuai dengan rencana.
References
Achru P Andi, Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran, Jurnal Idaarah, Vol III, No 2, Desember 2019
Afifuddin & Beni Ahmad Saebani, Metodologi Penelitian Kualitatif (CV PUSTAKA SETIA, 2009), 145.
Ahmad, Srategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, (Jakarta: Quantum Teaching, 2005), H. I
AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam Volume 19, Nomor 1, Juni 2021 P-ISSN : 2685-6581; E-ISSN : 1693-7449 Muh. Akib D. 77
Arikunto Suharsimi,“ Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek “ (Jakarta : Rineka Cipta,2002) H. 172
Azyumardi Azra, Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam (Cet I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998), H. 167
Dasim Budimasyah, Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif dan menyenangkan (Bandung: Ganeshindo, 2008), 70
Hadi Sutrisno, Metodologi Research, (Yogjakarta: Andi Offset, 1989),
Haldir dan Salim, Strategi Pembelajaran Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif, (Medan: PERDANA PUBLISHING, 2012),
Hasanah Siti Nur, (Dkk), Buku Strategi Pembelajaran (Edu Pustaka 2019) Hal 18
Hasil observasi di MTs Al-Istiqomah Kapu pada 18 Mei 2024
Hasil wawancara dengan Andina selaku peserta didik kelas VIII Putri di MTs Al-Istiqomah Kapu pada 20 Mei 2024
Hasil Wawancara Dengan Ibu Saufa Farida Selaku Guru SKI Kelas VIII Pada Tanggal 24 Januari 2024 Pukul 10:30 Di Ruang Kelas Mts Al-Istiqomah Kapu.
Hasil wawancara dengan Ibu Saufa Farida selaku Guru SKI Kelas VIII pada tanggal 24 Januari 2024 pukul 10:30 di ruang kelas MTs Al-Istiqomah Kapu.
Hasil wawancara dengan Zian Ulfika Suari selaku peserta didik kelas VIII Putri di MTs Al-Istiqomah Kapu pada 20 Mei 2024
Ibid. Hlm. 157
Ibid., H. 34-35
Kadir Abdul, Dkk, Dasar-Dasar Pendidikan, (Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2012), Hal. 60
Khoiru A, Iif, Dkk, Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu ( Surabaya: PT. Prestasi Pustaka Karya, 2011), H. 10
Kirom Askhabul, Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multicultural, Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Moh. Uzer Usman, Op. Cit., H.74
Mohammad Uzer Usman, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 1993), 26-27
Mukni’ah, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum, (Yogyakarta: Arruzz Media, 2011), hlm. 115
Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenagkan. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009), hlm. 22
Nahelma Vira (Dkk), Strategi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam, Jurnal Pendidikan Tambusai,
Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara),
Nurani Soyomukti, Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern, (Jakarta, Ar-Ruzz Media, 2015),
Nurlatifah Titik, Skripsi Strategi Guru Pembelajaran SKI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Universitas Islam Malang,2021
Oemar Hamalik, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung:Mandar Manja, 1993)
Oxford Learner’s Pocket Dictionary, (Oxford University Press, 2005), h. 427
Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif, (Yogyakarta: Lkis Yogyakarta, 2008)
Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A Media Pembelajaran (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2004) Hlm. 1
Ramayulis,, Profesi dan Etika Keguruan, (Jakarta: Kalam Mulia), hlm.156
Saberi Ahmad, Srategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, (Jakarta: Quantum Teaching, 2005), h. I
Santrock (2012: 135)
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya,Edisi Revisi (Jakarta: Rineka Cipta)
Sopian Ahmad, Tugas Peran Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Volume 1. Nomor 1 Edisi Juni 2016
Suartono, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Andi, 2014)
Subini Nini, Rahasia Gaya Belajar Orang Besar, (Jogjakarta: Javalitera, 2001)
Sugiyono Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R & D ( Alfabeta CV, Bandung Cetkan Ke 19, Oktober 2013 )
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zaid, Op.cit , h.5
Tim Pengembang MKDP Kurikulim Dan Pembelajaran, Kurikulim Dan Pembelajaran, Jakarta; Rajawali Pers, 2011.
Undang . Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003
Yudhi Fachudin,“Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar) Hal 52-53