MANUSIA DAN PENDIDIKAN

Dasar Pelaksanaan Pendidikan bagi Kehidupan Manusia

Authors

  • wahyu lenggono UIN Yogyakarta

Keywords:

Manusia, Dasar Pendidikan

Abstract

Pendidikan ialah proses menumbuhkembangkan potensi manusia melalui pengajaran, bimbingan, tauladan dan lainya sehingga terwujud manuisa sempurna/seutuhnya (insankamil). Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Hal demikian karena pendidikan tidak dapat dipisahkandalamsendikehidupanmanusia.Melaluipendidikanseseorangakanmenjadimanusiaseutuhnya. Artikelinimembahastentangmanusia dan pendidikan (dasarpelaksanaanpendidikanbagikehidupanmanusia). Artikelinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganmenggunakananalisis data yang diperolehdariberbagailiteratur.Penulismenjelaskanmelalui kata-kata (deskriptif) berdasarkaninformasiatau data-data yang relevan, sehinggaartikelinidapatmenjadirujukandalambidangpendidikan. Tulisaninidimaksudkanuntukmengetahuidasarpelaksanaanpendidikanbagikehidupanmanusia. Hasil daripenelitianinibahwadasar-dasarpelaksanaanpendidikanterdapatdalamAl-Qur’an dan Al-Hadist.Al-Qur’anmerupakanpedomanataupetunjuk yang lengkap dan universal dalammemberikanpenjelasanbagikehidupanmanusia. Selainitu, Rasulullahmerupakandasarataulandasan yang tidakbisadipisahkandalampelaksanaanpendidikan.Rasululllahmerupakanmakhlukpilihan Allah Swt yang menjaditauladanbagiumatmanusia.

References

Abdul Gaffar, ManusiadalamPerspektif Al-Qur’an, Tafsere, Vol. 4, No. 2, 2016

Abu Tamrin, ManusiaBerbasis Al-Qur’an dalamDimensiFilsafatIlmu, dalam Salam: JurnalSosial dan BudayaSyar-I, Vol. 5, Nomor 3, 2018

Abu Tamrin, ManusiaBerbasis Al-Qur’an dalamDimensiFilsafatIlmu, dalam Salam: JurnalSosial dan BudayaSyar-I, Vol. 5, Nomor 3, 2018

Ahmad Fuadi, EsensiManusiadalamPerspektifFilsafat Pendidikan Islam, dalamJurnalTarbiyah, Vol. 23, Nomor 2, Juli-Desember 2016

Ahmad Fuadi, EsensiManusiadalamPerspektifFilsafat Pendidikan Islam, JurnalTarbiyah, Vol. 23, No 2 Juli-Desember 2016

Chanifudin, PotensiBelajardalam Al-Qur’an (Telaah Surat An-Nahl: 78), JurnalEdukasiIslamiJurnal Pendidikan Islam, Vol. 05, Juli 2016

Deddy Ilyas, Antara Surga dan Neraka : MenantiKehidupan nan KekalBermula, JIA, Th. XIV, No. 2, 2013

IsmatulIzzah, Peran Pendidikan Agama Islam DalamMembentuk Masyarakat Madani, dalamJurnalPedagogik, Vol. 05 Nomor 01, Januari – Juni 2018

IsopSyafe’I, HakikatManusiaMenurut Islam, Pshimpathic, JurnalIlmiahPsikologi, Vol. 5, No. 1, 2012

M. Akhmansyah, Al-Qur’an dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam, JurnalPengebangan Masyarakat Islam, Vol. 8 No. 2, Agustus 2015.

Mat Saichon, MaknaTqwa dan Urgensitasnyadalam Al-Qur’an, JurnalUsrah, Vol. 3, No. 1, 2017

Muhajir, JasmaniManusiadalamPerspektif Islam, dalamJurnalQathruna, Vol. 3, Nomor 1, Januari-Juni 2016

Muhammad Hilmi J, dkk, KonsepHatiMenurut Al-Ghzali, JurnalReflektika, Vol. 11, No. 11 2016

Nazifah Anas, RasulullahSebagaiPendidik Professional, Jurnal Pendidikan Islam: STAI YASTIS Padang, Vol. 1, No. 2, 2017

Nur Hidayat, Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global, dalamJurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XII, Nomor 1, Juni 2015

Samrin, Pendidikan Agama Islam dalamSistem Pendidikan Nasional di Indonesia, dalamJurnal Al-Ta’dib, Vol. 8, Nomor 1, Januari-Juni 2015

Siti Khasinah, HakikatManusiaMenurutPandanga Islam dan Barat, JurnalIlmiah DIDAKTIKA, Vol. 13, No. 2, 2013

Siti Khasinah, hakikatManusiaMenurutPandangan Islam dan Barat, dalamJurnalIlmiahDidaktika, Vol. 8, Nomor 2, Februari 2013

Siti SuwaibatulAslamiyah, Pandangan Islam Tentang Proses KejadianManusia dan ImplikasinyaTerhadap Pendidikan, dalamJurnalAkademia, Vol. 8, Nomor 1, Juni 2014

Siti SuwaibatulAslamiyah, Pandangan Islam Tentang Proses KejadianManusia dan ImplikasinyaTerhadap Pendidikan, dalaJurnalAkademika, Vol. 8, Nomor 1, Juni 2014

Sumarno& Maulana Masudi, UrgensiPenciptanManusiadalamPerspektif Islam dan Protestan, dalam Al-hikmah: JurnalStudi Agama-Agama, Vol. 2, Nomor 2, 2016

Usiono, PotretRasulullahSebagaiPendidik, JurnalAnsiru, No. 1 Vol. 1, Juni 2017

Published

24-03-2021