PENGARUH METODE MUBASYARAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII MTs DAKWAH ISLAMIYAH PUTRA NURUL HAKIM KEDIRI LOMBOK BARAT

Authors

  • Lalu Masaji

Keywords:

Metode Langsung, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mubasyarah terhadap prestasi belajar Bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim Kediri. Hal ini dilator belakangi oleh seorang guru harus benar-benar dapat memilih metode pengajaran yang tepat dan cocok untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Agar siswa diharapkan terciptanya intraksi edukatif, yang dapat menumbuhkan keaktipan belajar siswa sehingga dapat mondorong siswa untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis study korelasi dengan objek penelitian yaitu siswa kelas VII MTs Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim Kediri. Penelitian ini juga merupakan penelitian Random Sampling karena seluruh siswa kelas VII MTs Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim berjumlah 235 orang dan yang dijadikan sampel sebanyak 25 % yaitu 59 orang dari jumlah populasi. Dalam penelitian ini, peneliti hanya memberikan angket dan tes kepada siswa untuk mengetahui metode mubasyarah dan mengetahui prestasi belajar Bahasa Arabnya. Adapun analisis data dalam penelitian ini, peneliti mengguanakan teknik korelasi regresi lenier sederhana untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antar variable dan dalam proses peneliti menggunakan program  SPSS (statistical program for social science) versi 17.0 for windows.

            Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa terdapat pengaruh antara metode mubasyarah dengan prestasi belajar Bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim Kediri.Hal ini di tunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0, 839 yang lebih besar dari rtabel untuk tariff signifikan 5 % sebesar 0, 000.Yang berarti lebih kecil dari 0, 05.Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode mubasyarah dan prestasi belajar Bahasa Arab.

References

Abd. Wahab Rosyidi. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab Cetakan II.(Uin-Maliki Press, 2012)

Ahmad Fuad Effendi, Metodelogi Pengajaran Bahasa Arab Cetaakan II. (Jakarta bumi Aksara, 1996)

Ahmad Warson Munawir. Kamus Arab Indonesia Cetakan XXV, (Surabaya: Pustaka Progresif, 2002)

Husein Umar, Desain Penelitian MSDM dan Prilaku Karyawan (Jakarta : PT Rejawali Press, 2010)

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R& D), (Bandung: Alfabeta, 2013)

Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Sumardi, ProsesBelajar Mengajar Disekolah (Jakarta: Rineka Cipta, 1991)

Syaiful Bahri Djaramah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional, 2012

Ulin Nuha, Metodelogi super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab (Yogyakarta : Diva Press, 2012)

Ulin Nuha. Metodelogi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab Cetakan I (Jogjakarta: Diva Press, 2012)

Published

24-03-2021