STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PENDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v1i2.72Keywords:
Strategi Pembelajaran, Pandemi Covid 19Abstract
Pandemi covid-19 yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia membawa dampak yang cukup serius. Bukan hanya ekonomi, kesehatan dan juga keamanan namun kegiatan pendidikan juga terkena dampaknya secara langsung. Pengaruh covid-19 dapat menghentikan proses belajar langsung (tatap muka) di dunia pendidikan memberikan pengaruh besar terhadap mental anak usia dini. Proses belajar pada anak usia dini di masa pandemi covid-19 akan berjalan dengan baik apabila menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang berpusat pada anak dapat mengembangkan kreativitas anak di dunia nyata. Strategi pembelajaran menjadi lebih baik dengan mengevaluasi proses pembelajaran pada setiap pertemuan. Pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 tidak terlepas dari proses pembelajaran yang menyenangkan, menghibur, dan kreatif. Proses belajar menyenangkan, menghibur, dan kreatif dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada anak usia dini.
References
Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.2013
Arifin, Zainal. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative. 2012.
Asmawati dkk. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Modul UT. 2009.
Aswarni Sujud, DAP dan Paradigma Baru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), IKIP, Yogyakarta, 1998
Dimiyati, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 1999, hl,. 105.
Direktorat Tenaga Kependidikan, Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya , hal. 30.
Direktorat Tenaga Kependidikan, Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya, hal. 30.
Farida Rohayani, Model Pembelajaran Inkuiri untuk Pendidikan anak Usia Dini,
Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 1 Maret 2018
Hadiningrum, Umrotul Hafidhoh. Kelebihan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Inquiry. 2014.
Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Al Maarif, Bandung, 1995
Isjoni, Drs M.Si, Ph.D. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Alfabeta. 2010.
Jalaludin Rahmat dan Muhtar Gandaatmaja, Keluarga Muslim dalam Masyarakat Modern, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1994
Makhmudah, S. Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 271275. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269- 286 (2018).
Mansur, Diskursus Pendidikan Islam, Global Pustaka Utama, Yogyakarta, 2001, hlm. 37.
Mansur, Diskursus Pendidikan Islam, Global Pustaka Umum, Yogyakarta,2001
Nurani Yuliani Sujiono. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. 2009.
Oemar Malik, Perencanaan Pembelajaran.., hal. 234
Rahmah, S. Peran Keluarga dalam Pendidikan Akhlak. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 4(6), 14. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v4i6.1213 (2017)
Sanjaya Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada. 2006.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media. 2011
Solly Lubis, Umat Islam dalam Globalisasi, Gema Insani Press, Jakarta, 1997
Sudirman. Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Madaniyah, 2(XI), 253. (2013).
Supriyono, Iskandar, H., & Sucahyono, Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Masa Kini. (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat PAUD dan Dikmas 2015).
Syaiful Bahri Djamaroh, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta, 1996. hlm. 5.
Udin Syaefudin Saud dan Abin Syamsuddin Makmun, Perencanaan Pendidikan