JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri <p>Jurnal Pendidikan dan studi Islam Fakultas Tarbiyah IAI Nurul Hakim kediri Lombok Barat. Jurnal diterbitkan setahun 2 (dua) kali, yaitu di Bulan Maret dan Bulan September. Jurnal ini diterbitkan oleh LP3M Institut Agama Islam Nurul Hakim Kediri Lombok Barat NTB</p> en-US ibnshoba@gmail.com (Weli Arjuna Wiwaha) tarbiyahiainh@gmail.com (Dedi Karyawan) Wed, 24 Mar 2021 14:18:49 +0800 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MANUSIA DAN PENDIDIKAN https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/68 <p>Pendidikan ialah proses menumbuhkembangkan potensi manusia melalui pengajaran, bimbingan, tauladan dan lainya sehingga terwujud manuisa sempurna/seutuhnya (<em>insankamil</em>). Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Hal demikian karena pendidikan tidak dapat dipisahkandalamsendikehidupanmanusia.Melaluipendidikanseseorangakanmenjadimanusiaseutuhnya. Artikelinimembahastentangmanusia dan pendidikan (dasarpelaksanaanpendidikanbagikehidupanmanusia). Artikelinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganmenggunakananalisis data yang diperolehdariberbagailiteratur.Penulismenjelaskanmelalui kata-kata (deskriptif) berdasarkaninformasiatau data-data yang relevan, sehinggaartikelinidapatmenjadirujukandalambidangpendidikan. Tulisaninidimaksudkanuntukmengetahuidasarpelaksanaanpendidikanbagikehidupanmanusia. Hasil daripenelitianinibahwadasar-dasarpelaksanaanpendidikanterdapatdalam<em>Al-Qur’an</em> dan <em>Al-Hadist</em>.<em>Al-Qur’an</em>merupakanpedomanataupetunjuk yang lengkap dan universal dalammemberikanpenjelasanbagikehidupanmanusia. Selainitu, Rasulullahmerupakandasarataulandasan yang tidakbisadipisahkandalampelaksanaanpendidikan.Rasululllahmerupakanmakhlukpilihan Allah Swt yang menjaditauladanbagiumatmanusia.</p> wahyu lenggono Copyright (c) 2021 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/68 Wed, 24 Mar 2021 00:00:00 +0800 Pesantren dan Penjagaan Literasi keilmuan https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/69 <p>Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan agama yang lahir&nbsp; para calon cendekiawan Muslim, mereka juga memiliki mandat untuk melaksanakan misi pendidikan berdasarkan Pasal 1 (1) UU No. 20 tahun 2003 yaitu mengembangkan potensi siswa untuk memiliki kekuatan spiritual yang religius, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, karakter mulia dan keahlian yang dibutuhkanya, masyarakat, bangsa dan negara.</p> <p>Sebutan Pesantren sebagai Subkultur oleh Tuan Guru Haji Muzakkar Idrismenunjukkan bahwa Pesantren sangat erat kaitannya dengan masyarakat baik yang diperkotaan terkhusus pedesaan dan dikampung-kampung.Sebab jika dilihat dari latar belakang munculnya adalah tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk masyarakat.Mulanya berfungsi sebagai literate society pusat pemberantasan buta huruf bagi masyarakat di sekitarnya hingga berkembang menjadi cultural literacy benteng pertahanan masyarakat melalui kebudayaan yang menjadi ciri khas keislaman di Nusantara. Pesantren juga sebagai center of civilize Muslim dengan diwujudkan dalam bentuk khazanah intelektual yang menjadi ciri khas pesantren berupa tradisi kitab kuning, sanad keilmuan, dan tradisi lainnya. Kitab kuning menjadi sarana yang menghubungkan ulama dalam rantai penyebaran pengetahuan keislaman dalam membangun sebuah peradaban.Tradisi kitab kuning dan hubungan guru murid tersebut menjadi penopang utama dalam membangun tradisi pesantren.Bahwa hubungan guru murid tersebut menjadi satu kesatuan dengan kitab kuning dalam menjaga ketersambungan sanad dalam transmisi keilmuan.Komponen-komponen tersebut saling melengkapi, bukan suatu pertentangan apalagi bertolak belakang.</p> muhammad Zul Azhar Copyright (c) 2021 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/69 Wed, 24 Mar 2021 00:00:00 +0800 PENGARUH METODE MUBASYARAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII MTs DAKWAH ISLAMIYAH PUTRA NURUL HAKIM KEDIRI LOMBOK BARAT https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/71 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mubasyarah terhadap prestasi belajar Bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim Kediri. Hal ini dilator belakangi oleh seorang guru harus benar-benar dapat memilih metode pengajaran yang tepat dan cocok untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Agar siswa diharapkan terciptanya intraksi edukatif, yang dapat menumbuhkan keaktipan belajar siswa sehingga dapat mondorong siswa untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis study korelasi dengan objek penelitian yaitu siswa kelas VII MTs Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim Kediri. Penelitian ini juga merupakan penelitian Random Sampling karena seluruh siswa kelas VII MTs Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim berjumlah 235 orang dan yang dijadikan sampel sebanyak 25 % yaitu 59 orang dari jumlah populasi. Dalam penelitian ini, peneliti hanya memberikan angket dan tes kepada siswa untuk mengetahui metode mubasyarah dan mengetahui prestasi belajar Bahasa Arabnya. Adapun analisis data dalam penelitian ini, peneliti mengguanakan teknik korelasi regresi lenier sederhana untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antar variable dan dalam proses peneliti menggunakan program&nbsp; SPSS (statistical program for social science) versi 17.0 for windows.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa terdapat pengaruh antara metode mubasyarah dengan prestasi belajar Bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim Kediri.Hal ini di tunjukkan dengan nilai <sup>r</sup>hitung sebesar 0, 839 yang lebih besar dari r<sub>tabel </sub>untuk tariff signifikan 5 % sebesar 0, 000.Yang berarti lebih kecil dari 0, 05.Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode mubasyarah dan prestasi belajar Bahasa Arab.</p> Lalu Masaji Copyright (c) 2021 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/71 Wed, 24 Mar 2021 00:00:00 +0800 STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PENDEMI COVID-19 https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/72 <p><em>Pandemi covid-19 yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia membawa dampak yang cukup serius. Bukan hanya ekonomi, kesehatan dan juga keamanan namun kegiatan pendidikan juga terkena dampaknya secara langsung. Pengaruh covid-19 dapat menghentikan proses belajar langsung (tatap muka) di dunia pendidikan memberikan pengaruh besar terhadap mental anak usia dini. Proses belajar pada anak usia dini di masa pandemi covid-19 akan berjalan dengan baik apabila menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang berpusat pada anak dapat mengembangkan kreativitas anak di dunia nyata. Strategi pembelajaran menjadi lebih baik dengan mengevaluasi proses pembelajaran pada setiap pertemuan. Pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 tidak terlepas dari proses pembelajaran yang menyenangkan, menghibur, dan kreatif. Proses belajar menyenangkan, menghibur, dan kreatif dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada anak usia dini.</em></p> heri fadli Copyright (c) 2021 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/72 Wed, 24 Mar 2021 00:00:00 +0800 ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/73 <p><em>Abstract: The purpose of this study is to find out how the mistakes faced by students madrsaha ibtidaiyah grade IV Nurul Yaqin Kelanjur against fractional material in the form of story problems. Meted research used in this study is a shortness of kulaitatai. Data collection method is by observation, interview and documentation. The source of the data is the head of madrasah, mathematics teacher and grade IV students in MI Nurul yaqin Kelanjur. External factors are: How to teach teachers who are still monotonous and the lack of reference books for students because the school does not yet have a library. While the internal factors are: Students do not master the basic operations of fractions, difficulty understanding problems in the story and the unavailable props about fractional material. To overcome these difficulties can be done by using props when explaining the story of fractional material, multiplying the practice of working on the story on fractional material, giving explanations using concrete objects, and making story problems with communicative language.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Keywords: difficulty balajar and bilagan fractions</em></p> Ahmad Ahmad Copyright (c) 2021 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/73 Wed, 24 Mar 2021 00:00:00 +0800 INTEGRASI INTERKONEKSI KONSELING DAN FILSAFAT https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/74 <p><em>Pada fase awal perkembangan ilmu pengetahuan, ilmu yang satu dengan yang lain terpisah-pisah atau berdiri sendiri tanpa saling melengkapi, dengan terus terjadinya perubahan dari masa-ke masa artinya pada fase awal, ego ke-ilmuan masih mendominasi, belum mampu melepas ego keilmuan, sehingga pemisahan dan peng-kotakan pun tidak terhindarkan. dengan munculnya teori-teori baru, dengan sendirinya menemukan jati diri keilmuan sehingga ego keilmuan mampu dilepas. Khusus&nbsp; Ilmu konseling mampu berdiri diatas beberapa disiplin ilmu lain sebagai fondasi aktualisasi dalam prosesnya sehingga bersinergi dalam hal efektifitas konseling itu sendiri, kaitan dengan filsafat melihat sinergitas pada dua disiplin ilmu ini saling melengkapi dan sama-sama saling memberi penguatan. Dari kombinasi kedua disiplin ilmu ini, dalam teori integrasi-interkoneksi dan teori system. Ilmu konseling dan filsafat mampu melepas ego keilmuan sehingga menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Kemampuan ilmu konseling berdiri diatas disiplin ilmu yang lain mampu menjadikan ilmu konseling menjadi ilmu terapan yang legitimasi profesionalitas-nya teruji dengan semakin berkembangnya banyak pendekatan yang digunakan dalam proses konseling terhadap konseli baik di lembaga formal,nonformal dan informal.</em></p> wildan Halid Copyright (c) 2021 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/74 Wed, 24 Mar 2021 00:00:00 +0800