JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri <p>Jurnal Pendidikan dan studi Islam Fakultas Tarbiyah IAI Nurul Hakim kediri Lombok Barat. Jurnal diterbitkan setahun 2 (dua) kali, yaitu di Bulan Maret dan Bulan September. Jurnal ini diterbitkan oleh LP3M Institut Agama Islam Nurul Hakim Kediri Lombok Barat NTB</p> en-US [email protected] (Weli Arjuna Wiwaha) [email protected] (Isbullah) Sun, 31 Mar 2024 19:43:18 +0800 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PROSES KONSTRUKSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 1 BOMBAS https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/409 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses konstruksi siswa dalam menyelesaikan masalah matematik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Bombas yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes yang digunakan dalam penelitian ini. Tes berupa pemberian soal tentang masalah matematika. Non tes berupa wawancara. Reduksi, penyajian dan penyimpulan merupakan analisis data yang dilakukan peneliti. Hasil analisis menunjukkan proses konstruksi siswa 1 berada pada tahapan aksi, proses, objek dan skema sedangkan siswa 2 hanya berada pada tahap aksi dan proses saja.</p> Lalu Nurul Wathoni Wathoni Copyright (c) 2024 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/409 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0800 NUSUS SYARIAH OF OF REGARDING MARRIAGE REGISTRATION WHAT HUMANS FACE IN LINE WITH CHANGES IN CUSTOMS https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/419 <p>It cannot be denied that nusus of syari’ah eternal as a scripture Of Allah is absolute Nusus is guidance that covers all aspects human life, individual or society This research uses an approach qualitative method library research The research results show that elasticity of law of syariah which is always based on hikmah and Maslahah al-Ibad. efforts to maintain goals of syariah with maslahah Mu’tabarah, Maslahah Mulghah, and nusus syariah on maslahah in marriage registration is one attempt to realize one of the three of maslahah that exists within humans, namely Daruriyyah, Hajjiyah and Tahsiniyah which is included in the orientation islamic of law pattern“Jalb al-Manfa’ah Wa Daf’u al-Madarrah”, where is the recording? Of marriage with Maslahah Daruriyyah which is included in guarding one of the five things that must be guarded, namely; ad-Din, an-Nafs, al-‘Aql, an-Nasab wa al-Mal.</p> adrianto, Chalid Sitorus Copyright (c) 2024 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/419 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0800 STUDY COMPARASI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN LURING DENGAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV MI HADIL ISHLAH BILEBANTE https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/421 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran <em>luring</em> &nbsp;dan disekolah terhadap hasil belajar siswa di MI Hadil Ishlah Bilebante. Penelitian ini dilasanakan di MI Hadil Ishlah Bilebante dengan populasi dan sampel pada kelas IV. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Metode penelitian kuantitatif ex-post facto. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dengan rumus chi kuadrat, uji homogenitas menggunakan rumus uji fisher F, &nbsp;dan uji hipotes dengan menggunakan uji t. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa akan lebih efektif pembelajaran yang di lakukan di sekolah dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Hadil Ishlah Bilebante dibandingkan&nbsp; pembelajaran luring.</p> Elya Yuliana Copyright (c) 2024 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/421 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0800 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY DALAM KONTEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/422 <p>Islamic Religious Education (PAI) learning aims to equip students with knowledge, understanding and values originating from Islamic teachings. To achieve optimal results, teachers are expected to be able to develop learning models that support the achievement of learning objectives. One learning model that can be used is the inquiry discovery model, where students are given the opportunity to formulate problems and find answers to these problems. This article aims to explore the application of the inquiry discovery learning model in the context of Islamic religious education (PAI) as well as steps that can be taken by teachers to improve students' thinking abilities. Keywords: Model Pembelajaran, inquiry discovery, Pendidikan Agama Islam.</p> Rizka Pertiwi, Sahrizal Fahlawi, Muhammad Sobri Copyright (c) 2024 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/422 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0800 IMPLEMENTASI KKSQ ( KELAS KHUSUS AL-QUR’AN ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL- QUR’AN SISWA MI YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023 https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/424 <p>KKSQ adalah sebuah program pembelajaran yang berbasis al-Qur’an dan Hadits. Maka Seleksi dilakukan guna mendapatkan peserta didik yang benar-benar dianggap mampu menghapal Qur’an, selain itu tentunya setiap siswa yang&nbsp; memiliki &nbsp;bacaan &nbsp;Al-Qur’an &nbsp;sesuai &nbsp;dengan &nbsp;makhrijul &nbsp;huruf &nbsp;dan tanjwid yang benar. Dalam penelitian ini implementasi kelas khusus al-qur’an (KKSQ) dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa MI Yusuf Abdussatar Tahun Pelajaran 2022/2023 dan apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa KKSQ (Kelas Khusus Al-Qur’an) MI Yusuf&nbsp; Abdussatar tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan &nbsp;menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian&nbsp; ini &nbsp;menemukan&nbsp; bahwa &nbsp;pada proses &nbsp;pelaksanaan &nbsp;Kelas &nbsp;Khusus &nbsp;Al- Qur’an&nbsp; &nbsp;memiliki beberapa langkah-langkah seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaannya dimulai dari tujuan Kelas Khusus Al -Qur’an, alokasi waktu, sarana prasarana dan perencanaan pembelajaran. Pelaksanaannya dilakukan dengan rencana pembelajaran yang di dalamnya memuat beberapa metode diantaranya metode wahdah, metode murajaah, metode simai, metode jami’, metode penugasan dll. Evaluasinya dilakukan dengan cara Taqrir,Ujian hafalan (semester gamjil dan genap) uji public eksternal, dan uji public internal. Adapun hasil evaluasi dari pembelajaran Kelas Khusus Al-Qur’an bahwa dari 400 siswa yang mengikuti kelas khusus Al-Qur’an 300 siswanya mencapai nilai KKM&nbsp;&nbsp; dan 100 siswanya tidak mencapai nilai KKM.Hasil tersebut &nbsp;peneliti &nbsp;analisis &nbsp;dari &nbsp;nilai &nbsp;hasil &nbsp;belajar &nbsp;Kelas &nbsp;Khusus &nbsp;Al-Qur’an &nbsp;(KKSQ)</p> arnika saadati, Muh Imaduddin, Nurul Aini Copyright (c) 2024 JURNAL MAHASANTRI https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/424 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0800