ANALISIS TINGKAT KESALAHAN SISWA KELAS VIII MTs PADA MATERI TEOREMA PHITAGORAS
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v3i1.200Kata Kunci:
Tingkat Kesulitan, Teorema PhitagorasAbstrak
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesalahan siswa kelas VIII MTs pada materi theorema phytagoras. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin dengan jumlah 21 siswa. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 25 item tentang materi teorema phytagoras. Sedangkan hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata persentase tingkat kesalahan sebesar 57,81% yang termasuk kriteria kurang ( kurang dari 70% ). Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman terhadap pokok materi theorema phytagoras. Dalam memahami konsep theorema phytagoras, siswa dituntut untuk menguasai materi prasaratnya seperti operasi bilangan bulat, operasi pecahan, dan bidang datar. Apabila materi-materi prasarat tersebut belum dikuasai maka akan sulit untuk bisa memahami konsep theorema phytagoras.
Referensi
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.
Aulia, A., Rif’at, M., & Astuti, D. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI TEOREMA PHYTAGORAS. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1). https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.48058
Fauziah, N. F., & Hadiyanto, F. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Teorema Pythagoras. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1). https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2591
Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1).
Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426
Niko, N., Wahyuni, R., & Nurhayati, N. (2018). Analisis Kemampuan Multi Representasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Kelas IX SMP Negeri 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 1(2). https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1676
Nurhayati, E., & Septiawati, A. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN BILINGUAL MODULE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Kasus di MAN 2 Kota Cirebon). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i1.68
Pakhrurrozi, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan teorema phytagoras di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1). https://doi.org/10.51700/almutaliyah.v1i1.153
Radita, M. P. M., & Nurfauziah, P. (2022). DESAIN APLIKASI MAHTEMATICS MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9509
Radiusman, R. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1).
Rahmah, N., & Aswad A, M. H. (2018). Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Bagi Mahasiswa yang Mengalami Problema Belajar di STAIN Palopo (Studi Tentang Aplikasi Teori Belajar Polya). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.219