Kebijakan Kepemimpinan Terhadap Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 4 Gerung

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v3i1.210

Kata Kunci:

Kebijakan Kepemimpinan, Proses Pembelajaran

Abstrak

Kebijakan Kepemimpinan  Terhadap Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 4 GERUNG.

Asiah1Siti Nurkhafifi2 Lalu Alpian Syarkawi3

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Insitut Agama islam Nurul Hakim (IAINH)

EMAIL: [email protected], [email protected]

 

 

Abstrak : penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  bagaimana kebijakan kepemimpinan kepala sekolah terhadap peroses pembelajaran pada masa pendemi covid 19 di SMPN 4 GERUNG. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan model milef yakni dengan mereduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan kepala sekolah dalam peroses pembelajaran pada masa covid 19 mengacu pada aturan pemerintah. Kepala sekolah mengadakan pelajaran online maupun offline sesuai surat edaran dari pemerintah. Kepala sekolah juga melakukan kerja sama dengan guru dan siswa serta menyediakan sarana penunjang terlaksananya peroses pembelajaran online seperti wifi, laptop, hansanitizer dll.

Referensi

Diakses dari maksmanroe.com, lembaga pendidikan,1592018 oleh M. prawiro 25/07/2022

Ina Magdalena/ jurnal edukasi dan sains,(universitas mumahamadiyah tanggerang, agustus 2020 vol.2 hal.2,366-377.

Indra jaya penguatan system kesehatan dalam pengendalian covid-19 (PMK) fakultas kedokteran keperawatan ugm, 20 januari 2021

Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI).

Koko Adya Winati, Qiqi Yuliati Zakiyah, Supiana, Hemawati,” Kebijakan Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 ,” Ad-Man-Pend (2021), 4 (1), 4.

Diterbitkan

30-09-2021