MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PEDULI LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV DI SDN 12 BULUH ENGGADANG
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v3i2.264Kata Kunci:
Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPAAbstrak
Peningkatan Pemahaman Siswa Peduli Lingkungan dengan Metode Demonstrasi Kelas IV di SDN 12 Buluh Enggadang adalah judul dari Pemantapan Kemampuan Profesi yang tulis oleh Wiwin Januarti. Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah siswa kurang memahami materi dari Peduli Lingkungan. Akibatnya, guru ingin mencapai tujuan pembelajaran yaitu untuk mengetahui mengapa siswa tidak memahami materi dari Peduli Lingkungan dan membuat pelajaran IPA lebih kreatif dan inovatif bagi guru. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan metode observasi di dalamnya terdapat tes soal dan tes sikap. Sampelnya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 anak. Sehingga dapat dianalisis bahwa model demonstrasi bisa menambah pemahaman peserta didik dalam memahami pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN 12 Buluh Enggadang tahun pelajaran 2022/2023, dapat dilihat dari siswa 1) Sudah menemukan sendiri contoh kepedulian terhadap lingkungan saat mengerjakan soal LKS setelah di demonstrasikan 2) Metode demonstrasimeningkatkan nilai rata rata skor latihan harian rata rata siklus 1 yaitu 73,80 dengan persentase ketuntasan 57,14% dan rata-rata siklus II 86,9 dengan persentase kelulusan 90,47. Dengan hasil penelitian ini, sebagai guru dapat membimbing pembelajaran dengan beragam metode yang sesuai dan untuk ketika memahami materi lingkungan, maka metode demonstrasi menjadi salah satunya dalam kegiatan mengajar seorang guru.
Referensi
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya,(2005),Strategi belajar mengajar, Bandung: Pustaka setia
Anitah sri dkk(2021), strategi pembelajaran di sd.tanggerang selatan:universitas terbuka
Nuraliyah Nuraliyah : Peningkatan Pemahaman Siswa melalui Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA Siswa kelas IV di MIS- At-Taqwa Tahun Pembelajaran 2020/2021
Hamdani, (2011),Strategi belajar mengajar .Bandung: pustaka setia Rusiadi (2011), Metodologi Pembelajaran agama islam ,Sambas:
Sagala Syaiful, (2017), konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problema belajar, Bandung: alfabeta
Sanjaya wira, (2013), Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, Jakarta: kencana
Tim-FKIP UT,(2020), Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan), Tangerang Selatan; Universitas Terbuka.
Wilujeng insih, IPA terintegrasi dan pembelajaranya. Yogtakarta: 2018 UNY Press https://www.asikbelajar.com/metode-demonstrasi/ di akses senin,24 oktober 2022 jam 20.37