STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM MENGEMBANGKAN MANAJEMEN PONDOK PESANTREN SHOHIBURRAHMAN BELEKA KECAMATAN PRAYATIMUR LOMBOK TENGAH
STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM MENGEMBANGKAN MANAJEMEN PONDOK PESANTREN SHOHIBURRAHMAN BELEKA KECAMATAN PRAYATIMUR LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v3i2.292Kata Kunci:
Strategi, Pemimpin, Manajemen Ponok PesantrenAbstrak
Strategi Kepemimpinan Mengembangkan Pendidikan Manajemen Pondok Pesantren Shohiburrahman Beleka Praya Timur Lombok Tengah”. Merupakan salah satu pondok pesantren yang bermanhaj salaf. Artinya di dalam memahami Islam mereka merujuk pada pemahaman ulama salaf (sahabat, tabiin, tabiuttabiin) yang memberikan batasan bahwa setiap praktek beragama harus memiliki contoh yang jelas. Namun pada kenyataannya keberadaan Manajemen pendidikan Pesantren Shohiburrahman Beleka Praya Timur Lombok Tengah yang merujuk pada pemahaman ulama’ salaf tidak serta merta diterima oleh masyarakat setempat. Lebih lagi, dalam hal berpenampilan mereka memiliki kesamaan dengan komplek Islam radikal. Sehingga dalam berdakwah, mereka masih mendapatkan hambatan- hambatan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Kepemimpinan Mengembangkan Pendidikan Manajemen Pondok Pesantren Shohiburrahman Beleka Praya Timur Lombok Tengah. Dalam peneltian ini, untuk mengetahui Strategi Kepemimpinan Mengembangkan Mengembangkan manajemen Ponpes Shohiburrahman Beleka menggunakan metode deskriptif. Semua data diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menganalisinya dengan analisis indeksikalitas.
Hasil dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Strategi Kepemimpinan MengembangkanManajemen Pondok Pesantren Shohiburrahman Beleka adalah mengisi pengajian umum yang dikhususkan untuk bapak-bapak di lingkungan pesantren setiap hari sabtu, mengisi pengajian kitab kuning setiap pagi dan malam hari untuk santri dan santriwati, mendirikan koperasi pondok pesantren agar para santri mendapatkan kemudahan baik dari segi kebutuhan pangan maupun dari segi organisasi, menambah lokal belajar santri dan menambah lokal asrama/pemondokan santri. Dan upaya yang dilakukanpondok pesantren Shohiburrahman Beleka dalam mengembangkan lembaga pendidikan Pesantren di pondok pesantren Shohiburrahman Beleka adalah menambah fasilitas dalam bentuk penambahan lokal belajar sehingga dapat memungkinkan dalam proses belajar mengajar, memberikan pemahaman masyarakat khususnya masyarakat sekitar pondok pesantren tentang lembaga diniyah yang ada di Pondok Pesantren Shohiburrahman Beleka, memberikan kemudahan kepada para santri yang mondok di Pondok Pesantren Shohiburrahman Beleka
Referensi
Abdulsyani, 2002. Sosiologi Skematika Teori, dan Terapan. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Abdurrahman An-Nahlawi, 1995. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Gema Insan Press, Jakarta.
Abu Ahmadi dan Cholid Narbuko, 2002. Meteologi Penelitian. Bumi Aksara, Jakarta.
Abu dan Tri Prasetyo Joko, Ahmadi, 2005. Strategi Belajar Mengajar. CV Pustaka Setia, Bandung.
Amin Suma, dkk, 2002. Idealitas, Realitas dan Kontroversi. Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri ( UIN ) Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Arifin, Imron, 1993. Kepemimpinan Kyai-Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Kalimashada Press, Malang.
Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
Ashomudin, 2002. Pengantar Sosiologi Agama. Ghalia Indonesia. Jakarta. Danim Sudarwan, 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Pustaka Setia, Bandung.
Daradjat, Zakiyah, 1995. Metodek Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara, Jakarta.
Depag RI, 2003. Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren. Dirjen Bimbaga Islam, Jakarta.
Depag RI, 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Jakarta.
Djunaedi Mahfud, 2006. Rekonstruksi Pendidikan Islam diIndonesia. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
James A. Black dan Dean J.Champion, 1999. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. PT Refika Aditama, Bandung.
Kartini Kartono, 1994. Kepemimpinan dalam Sejarah Indonesia. BPA UGM, Yogyakarta.
Khafidhuddin, Didin, 1998. Dakwah Aktual. Gema Insani Press. Jakarta.
Lexy J. Moleong, 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosda Karya, Bandung.
Made Pidarta, 2004. Manajemen Pendidikan Islam. PT Renika Cuipta, Jakarta. Ma’mun, 2006. Persepsi Tokoh Masyarakat Desa Tlepok Wetan Kecamatan Grabag Purworejo Tentang Peran Pendidikan Madrasah Diniyah. Skripsi IAIN Walisongo Fakultas Tarbiyah, Semarang.
Mahfud Djunaedi, 2006. Rekontruksi Pendidikan Islam di Indonesia. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Margono, 2005. Meteologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta.
Miftah Thoha, 1993. Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. CV Raja Wali, Jakarta.
Moleong, 2004. Meteologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosda Karya, Bandung.