Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMP Negeri 1 Praya
Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMP Negeri 1 Praya”.
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v3i2.293Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Karakter IslamiAbstrak
Abastrak
Saat ini masyarakat Indonesia telah mengalami berbagai ketimpangan hasil pendidikan. Budaya yang cenderung negatif akan mempengaruhi tingkah laku mereka, misalnya kurangnya kesopanan terhadap guru dan orang tua. Pendidikan maupun program yang mengarah pada karakter benar-benar sangat diperlukan. Pendidikan Agama Islam pada dasarnya merupakan pendidikan yang dianjurkan oleh Islam sebagai upaya untuk membentengi krisis moral yang semakin berkembang. Dengan adanya perkembangan zaman yang terus maju tidak menutup kemungkinan bagi siswa-siswi di SMP Negeri 1 Praya untuk melanggar kedisiplinan seperti membolos, menentang terhadap guru, dan itu merupakan prilaku yang tidak baik. Disinilah, peran Pendidikan Agama Islam itu sendiri sangat penting dalam membentuk prilaku (Akhlak) setiap siswa untuk menjadi orang yang dewasa, mandiri, dan memiliki akhlak yang baik.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini fokus pada rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMP Negeri 1 Praya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMP Negeri 1 Praya sudah cukup baik, hal ini terbukti dengan adanya berbagai kegiatan pembentukan karakter pada siswanya. Seperti sholat duha berjamaah setiap akan masuk kelas untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sholat duhur berjamaah, sholat Jum’at wajib di sekolah, serta pembacaan doa dan asmaul husna di pagi hari sebelum pembelajaran dimulai, berbagai kegiatan tersebut sudah rutin dilakukan setiap harinya. Selain itu juga diberikan motivasi-motivasi untuk berperilaku baik melalui kisah-kisah teladan. Dari kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan, siswa di SMP Negeri 1 Praya, mereka sudah menunjukan perilaku yang positif.
Referensi
Saat ini masyarakat Indonesia telah mengalami berbagai ketimpangan hasil pendidikan. Budaya yang cenderung negatif akan mempengaruhi tingkah laku mereka, misalnya kurangnya kesopanan terhadap guru dan orang tua. Pendidikan maupun program yang mengarah pada karakter benar-benar sangat diperlukan. Pendidikan Agama Islam pada dasarnya merupakan pendidikan yang dianjurkan oleh Islam sebagai upaya untuk membentengi krisis moral yang semakin berkembang. Dengan adanya perkembangan zaman yang terus maju tidak menutup kemungkinan bagi siswa-siswi di SMP Negeri 1 Praya untuk melanggar kedisiplinan seperti membolos, menentang terhadap guru, dan itu merupakan prilaku yang tidak baik. Disinilah, peran Pendidikan Agama Islam itu sendiri sangat penting dalam membentuk prilaku (Akhlak) setiap siswa untuk menjadi orang yang dewasa, mandiri, dan memiliki akhlak yang baik.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini fokus pada rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMP Negeri 1 Praya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMP Negeri 1 Praya sudah cukup baik, hal ini terbukti dengan adanya berbagai kegiatan pembentukan karakter pada siswanya. Seperti sholat duha berjamaah setiap akan masuk kelas untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sholat duhur berjamaah, sholat Jum’at wajib di sekolah, serta pembacaan doa dan asmaul husna di pagi hari sebelum pembelajaran dimulai, berbagai kegiatan tersebut sudah rutin dilakukan setiap harinya. Selain itu juga diberikan motivasi-motivasi untuk berperilaku baik melalui kisah-kisah teladan. Dari kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan, siswa di SMP Negeri 1 Praya, mereka sudah menunjukan perilaku yang positif.