TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI GURU IDEAL
TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI GURU IDEAL
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v3i2.310Kata Kunci:
Ranah Guru Ideal, Pendidikan, Perspektif IslamAbstrak
Pembicaraan tentang guru ideal pada hakikatnya dalam pendidikan Islam adalah membicarakan sesuai pencapaian kompetensi profesional bagi sosok guru ketika mau membimbing ataupun mau mendidik beberapa siswa menjadikan manusia yang banyak ilmu, mengikuti dasar iman maupun akhlak mulia, hingga mereka mau menjadi sukses dunia maupun akhirat. Dalam Islam mengenai kompetensi guru ideal merupakan sebuah paham dengan pengajaran mengenai tiap pekerjaan harus terlaksana terhadap orang beriman, berilmu maupun kompetensi profesional dalam menjalankan tugasnya. Pendidikan menjadikan refleksi teori melalui telaah pemikiran manusia mempunyai banyak masalah berkaitan pendidikan terkadang segala upaya memecahkannya secara mendasar dan sistematis. Sedangkan pendidikan sebagai praktek merupakan aktivitas manusia mendidik peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu yang diidealkan. Guru ideal dalam pendidikan Islam menurut perspektif al-qur’an sesungguhnya diambilkan dari adanya pendapat mufasir yang memberikan penekanan paling tidak terdapat empat surat didalam al-qur’an yang membicarakan tipe seorang guru yang ideal dalam mendidik. Ideal dalam ilmu dan kemampuan, sikap, metode dan sebagainya. Dari sinilah yang dapat ditarik pemahaman bahwa guru ideal dalam pendidikan Islam yaitu menekankan pada seorang guru untuk melakukan pekerjaan sebagai pendidik dilakukan secara ideal. Demikian pula dengan profesi guru harus dilakukan secara profesional. Dalam Islam, setiap pekerjaan harus dilakukan secara profesional, dalam arti harus dilakukan secara benar. Hal ini hanya mungkin dilakukan oleh orang yang ahlinya. Apapun jenis profesi yang disandang, hendaknya dilakukan dengan profesional.
Referensi
Amirudin. 2019. Model Manajemen Pondok Pesantren dalam Peningkatan Mutu Santri Bertaraf Internasional: Studi pada Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9 (2), 222-241. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/5607
Hidayati, Laily. (2015). Peningkatan Kompetensi Pendidik pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 5 (1), 70-78. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/519/771
Gunawan, Akmal Rizki & Yoyo Hambali. (2021). Implementasi Metode Active Learning Pada Anak Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Desa Cimacan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1685-1693. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/view/6584/pdf
Irhamna, Sigit Purnama. 2022. Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. jpa: Jurnal Pendidikan Anak, 11 (1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/46688
Ismail, S., & Ruswandi Uus, (2020). Konsep Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 213. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 298–309. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.123
Jerry David, Amaliya Mufarroha, & Baihaqi, (2020). Mengembangkan Nilai-Nilai Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7 (1), 51–73. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.18
Khadafi Ramadhani, Heti Salama. (2022). Modal Mutu Pendidikan SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Edification Journal: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5 (1), 81-98. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/ej/article/view/410/259
Khermarinah. (2021). Pola Komunikasi Keluarga dalam Mendidik Anak Usia Dini. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 57-74. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/paud/article/view/2520/pdf
Maemunah, Muhamad Basyrul Muvid. (2022). Sistem Pendidikan Nasional Mengeksplorasi Madrasah. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (2), 1-10. https://ejournal.iaiqi.ac.id/index.php/taujih/article/view/153
Maemunah, Siti Hana, Heti Salama. 2022. Aktualisasi Media Whatsapp dalam Pembelajaran di SMP Negeri Selangit. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2 (3), 217-224. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/724/322
Muttaqin, Muhammad. 2022. Urgensi Tasawuf dalam Kajian Pendidikan Islam. Jurnal Contemplate: Jurnal Studi-studi Keislaman, 3 (1), 68-93. https://ejournal.iaiqi.ac.id/index.php/contemplate/article/view/113/66
Muvid, Muhamad Basyrul. 2022. Modernization of Islamic Education Learning Ahmad Tafsir Perspective. Maharot: Journal of Islamic Education, 6 (2), 81-93. https://ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot/article/view/861/638
Muvid, Muhammad Basyrul. (2021). Transformasi Keilmuan dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Surabaya: Global Aksara Pers.
Novitasari. 2021. Penanaman Perilaku Sosial dari Lingkungan Sekolah SDN Giriyoso Kabupaten Musi Rawas. Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2), 1-15.
Nurul Hidayat. 2021. Disiplin Siswa Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal An-Nuur, 2 (1), 62. https://ejournal.staiamc.ac.id/index.php/annuur/article/view/62/pdf
Nurul Hidayat. (2022). Dinamika Mutu Pendidikan Madrasah. Annuur Journal, 12 (2). https://ejournal.staiamc.ac.id/index.php/annuur/article/view/145
Prasetyowati, Evi & Sri Widayati. (2021). Peran dan Usaha Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Mts Al Hidayah Sadeng Kota Semarang. Jurnal Pawiyatan, 28 (01), 40 -49. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/issue/view/113
Rohmatun, S., Setiyani, E., & Nofan Zulfahmi, M. (2021). Penerapan Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini selama Belajar dari Rumah. Journal of Education and Teaching (JET), 2(2), 129-136. https://doi.org/10.51454/jet.v2i2.114/30
Saputra, Hardika. (2022). Model Pembentukan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Aisyiyah Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1). https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/5671
Taufik, A. 2018. Etika Keluarga dalam Agama Terhadap Jati Diri Anak. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 14 (1), 94-102.
Taufik, A. 2019. Agama dalam Kehidupan Individu. Edification Journal, 1 (1), 57-67.
Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman, 16 (01), 1-13. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/el-ghiroh/article/view/71/56
Taufik, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman, 17 (2), 81-102. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/el-ghiroh/article/view/106/78
Taufik, A. (2020). Dakwah Islamiyah Melalui Media Bahasa Arab. Khabar: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2 (1), 33-41. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/khabar/article/view/198/142
Taufik, Ahmad dkk. (2021). Pengelolaan Mutu Sekolah. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Taufik, A. (2021). Pembentukan Karakter Disiplin bagi Siswa. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 11 (2), 122-136. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/1674/943
Taufik, A. 2022. Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Model Probing Prompting di SMP Mangunharjo Tugumulyo Musi Rawas. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 11(1), 1-13. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i1.367
Yunita, Siti Hana. (2022). Optimalisasi Pendidikan Neurosains Bagi Sekolah Dasar. Jurnal PGMI: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1). https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/pgmi/authorDashboard/submission/761
Zulfan, Musifuddin, Hary Murcahyanto. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Sistem Kontrol dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Operator Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (6), 6005-6010.https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1693/pdf