AL QURAN SEBAGAI BUKU METODE PEMBELAJARAN: ANALISIS AYAT-AYAT TARBIYAH

AL QURAN SEBAGAI BUKU METODE PEMBELAJARAN: ANALISIS AYAT-AYAT TARBIYAH

Penulis

  • Sahrizal Fahlawi Institut Agama Islam Nurul Hakim Lombok
  • Rizka Eliza Pertiwi Institut Agama Islam Nurul Hakim
  • Heri Fadli Institut Agama Islam Nurul Hakim

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v3i2.311

Kata Kunci:

Al Quran, Metode Pembelajaran, Ayat-ayat Tarbiyah

Abstrak

Artikel ini membahas Al Quran sebagai buku metode pembelajaran. Al Quran membahas berbagai topik tentang kehidupan sosial, termasuk pendidikan, yang membahas metode pembelajaran yang merupakan media untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Metode pembelajaran memainkan peran penting dalam proses pembelajaran bahkan menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Di dalam Al-Quran terdapat beberapa metode pembelajaran dengan berbagai variannya yang dapat dijadikan acuan bagi guru. Ayat yang membahas tentang metode pembelajaran dapat ditemukan pada ayat yang membahas masalah pendidikan atau lebih baik dikenal dengan ayat-ayat tarbiyah.

Referensi

Ahmad Syaifulloh, “Metode Pendidikan dalam Al-Qur’An (Kajian Tafsir Tematik),” Dinamika: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, no. 1 Vol. 2 (Juni, 2017), 120-121, diakses 22 Oktober 2022 https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika

Al Quran dan Terjemahan, Jakarta: Dharma Art, 2015.

Al Quran dan Tafsirnya: Edisi yang Disempurnakan, Jakarta: Widya Cahaya, 2011.

Asep Muhyidin, Odin Rosidin, Erwin Salpariansi, “Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal,” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), no. 1 Vol. 4 (Maret, 2018), 31, diakses 21 Oktober 2022, https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2464

Dede Salim Nahdi, Devi Afriyuni Yonanda, Nurul Fauziah Agustin, “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA,” Jurnal Cakrawala Pendas, no. 2 Vol. 4 (Juli, 2018), 11, diakses 20 Oktober

https://core.ac.uk/download/pdf/228882831.pdf

Dwiyani Anggraeni, Sofia Hartati, Yuliani Nurani, “Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, no. 2 (Juli 2019), 405, diakses 10 Oktober 2022, https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view

Hikmat Basyir, Hazim Haidar, Musthafa Muslim, Abdul Aziz Isma’il, terj. At-Tafsir al-Muyassar, Jakarta: Darul Haq, 2016.

https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan

https://www.google.com/search?q=metode+hikmah+adalah diakses 20 Oktober 2022.

https://www.google.com/search?q=metode+ceramah&rlz diakses 20 Oktober 2022.

https://www.google.com/search?q=metode+diskusi&rlz diakses 20 Oktober 2022.

Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi, terj. Tafsir Ibnu Katsir, Depok: Gema Insani, 2019.

Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuti, terj., Tafsir Jalalain, Jakarta: Ummul Quro, 2018.

Liarti Bt Rusli, “Metode Pembelajaran dalam Al Quran (Analisis terhadap Ayat-ayat Tarbawi),” Jurnal Inspiratif Pendidikan (JIP), no. 2, Vol. 8 (Desember, 2019), 61.

Justi Sitohang, “Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar,” Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH), no. 4 Vol. 3 (Desember, 2017), 682, diakses 21 Oktober 2022, file:///C:/Users/user/Downloads/4851-11739-1-SM.pdf

Kadar M. Yusuf, Studi Al Quran, Jakarta: Amzah, 2009.

Muhammad Afandi dkk, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang: Unisula Press, 2013.

Muhammad Quraish Shihab, Tafsir Al Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2017.

Diterbitkan

31-03-2023