PENGEMBANGAN POTENSI, BAKAT, DAN MINAT MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI PADA PENDIDIKAN DASAR
PENGEMBANGAN POTENSI, BAKAT, DAN MINAT MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI PADA PENDIDIKAN DASAR
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v4i1.354Kata Kunci:
Pengembangan potensi, Pengembangan diriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Pengembangan diri, suatu kegiatan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik. Oleh sebab itu, penelitan melakukan penelitian untuk menganalisis potensi bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pelayanan konseling. Kegiatan ekstrakuriker dapat difasilitasi dan dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan lainnya dan kegiatan pelayanan konseling dilakukan oleh konselor (guru pembimbing) dan atau guru kelas yang diberi tugas mengelola kegiatan pelayanan konseling. Pelayanan konseling di sekolah/madrasah merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir. Pelayanan konseling memfasilitasi pengembangan peserta didik, secara individual, kelompok dan atau klasikal, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, perkembangan, kondisi, serta peluang peluang yang dimiliki.
Referensi
Akbar, Reni-Hawadi, Identifikasi Keberbakatan Intelektual Melalui Metode Non-Tes Dengan Pendekatan Konsep Keberbakatan Renzulli, Jakarta: PT. Grasindo, 2005.
Akbar, Reni-Hawadi, Menguatkan Bakat Anak, Jakarta, PT. Grasindo, 2010.
Andriono, dkk, Sukses Melejitkan Potensi Anak Didik: Catatan-catatan Ringan Dari Sekolah Alam Insan Mulia, Sekolah Yang Menyenangkan Dan Memberdayakan, Bandung: Mizan Learning Center, 2006.
B.Uno, Hamzah, Mengelola Keceerdasan Dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Baharuddin, dan Nur Wahyuni Esa, Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
http://mahasiswabkuad.blogspot.com/2012/06/perbedaan-potensi-minat-dan-bakat.html
http://saktingepet.blogspot.com/2012/09/pengertian-persamaan-perbedaan-antara.html
http://sindunurwito.blogspot.com/2012/10/pengembangan-diri-pembiasaan-dan.html
Levin, Mel, Menemukan Bakat Istimewa Anak: Mengatasi Kesulitan Belajar Disekolah Dengan Memahami Perbedaan Cara Belajar Anak, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004.
Lidiawati Santioso, Lucy, Mendidik Sesuai Dengan Minat dan Bakat Anak (Paiting Your Children’s Futere), Jakarta: Tangga Pustaka, 2010.
Munandar, Utami, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Pt. Rineka Cipta, 2004.