IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL TO ENHANCE STUDENTS DEMOCRATIC ATTITUDES

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA

Penulis

  • Lina Nida Zulfa Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v4i1.358

Kata Kunci:

democratic attitudes, learning model, problem based learning.

Abstrak

Penentuan model pembelajaran yang berdampak pada tumbuhnya sikap demokratis siswa cenderung kurang diperhatikan. Hal ini mengakibatkan rendahnya sikap demokratis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap demokratis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bertahap dalam dua siklus. Tahapan pada setiap siklusnya meliputi rencana (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan releksi (reflection). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 7 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini adalah angket sikap demokratis yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan sikap demokratis siswa, dari kategori rendah sebanyak 14 orang dan kategori tinggi sebanyak 11 orang pada pretest atau fase pra siklus meningkat menjadi kategori tinggi sebanyak 17 orang dan kategori sangat tingi sebanyak 8 orang pada posttest 2 atau setelah siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap demokratis siswa.

Referensi

Alghamdi, M. A., Aldhafri, S., & Aldhafri, R. (2018). Problem-based learning (PBL) approach and its effect on students' attitudes towards democracy. Educational Research and Reviews, 13(1), 1-10.

Alizadeh, H., Ebrahimi, S. F., & Abedi, A. (2017). The impact of problem-based learning on democratic attitudes of Iranian high school students. International Journal of Instruction, 10(1), 167-180.

Arends, R.I. (2008). Learning to Teach (Terjemahan Helly Prajitno Soecipto & Sri Mulyantini Soecipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (buku asli diterbitkan tahun 2007)

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill Education.

Baysa, Zeliha Nurdan. (2017). The problem-based learning process: Reflections of pre-service elementary school teachers. Educational Research and Reviews. 12(4), 177-188.

Banks, J. A. (2001). Cultural Diversity and Education: Foundations, Curriculum, and Teaching (4th ed.). Pearson.

Carr, W. and Hartnett, A. (1996). Education and the Struggle for Democracy. Buckingham: Open University Press

Deniz, G. E., & Ayfer, K. (2018). Cooperative learning as a democratic learning method. Journal of Research in Childhood Education, 32(1), 81–93. https://doi.org/10.1080/02568543.2017.1385548

Davies, L. (1994) Beyond Authoritarian School Management: The Challenge for Transparency. Ticknall: Education Now.

Delisle, Robert. (1997). How to Use Problem Based Learning in the Classroom Virginia. USA: ASCD

Dewey, J. (1937). Democracy and educational administration. School and Society. 45, 457 – 467

Hess, D. (2014). Controversy in the Classroom: The Democratic Power of Discussion. Routledge.

Hidayati, A., & Cahyono, A. E. (2019). The Effect of Problem-Based Learning on Students’ Critical Thinking and Democratic Attitudes. Cakrawala Pendidikan, 38(1), 16-24.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review. 16(3), 235-266.

Johnson, D.W., & Johnson, R. (2016). Cooperative learning and teaching citizenship in democracies. International Journal of Educational Research, 76(1), 162–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.ijer.2015.11.009

Kemmis-Mc. Taggart (1988). The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Parker, W. C., Ninomiya, A., & Moje, E. B. (2002). Teaching Democracy: Unity and Diversity in Public Life. Teachers College Press.

Savery, J. R., & Duffy, T. M. (2001). Problem based learning: An instructional model and its constructivist framework. Educational Technology, 41(5), 6-10.

Sisman, M. (2006). Democracy and social justice in education: The unchanging myth of the Turkish education system. The Proceedings of New Paradigm Searches in the Turkish Education System, 4-5 November, Ankara. EgitimBir-Sen Publications, 291-305.

Tilaar, H.A.R . (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Wijaya, Rini, dkk (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk mengembangkan karakter toleransi dan demokratis siswa pada pelajaran pkn kelas v di sdn paya peunaga. Bina Gogik. 6(2). 49-60.

Zamroni. (2001). Pendidikan Untuk Demokrasi Tantangan Menuju Civil Society. Yogyakarta: Bigraf Publishing.

Zuriah, Nurul. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Diterbitkan

30-09-2023