MANUSIA DAN PENDIDIKAN
Dasar Pelaksanaan Pendidikan bagi Kehidupan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v1i2.68Kata Kunci:
Manusia, Dasar PendidikanAbstrak
Pendidikan ialah proses menumbuhkembangkan potensi manusia melalui pengajaran, bimbingan, tauladan dan lainya sehingga terwujud manuisa sempurna/seutuhnya (insankamil). Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Hal demikian karena pendidikan tidak dapat dipisahkandalamsendikehidupanmanusia.Melaluipendidikanseseorangakanmenjadimanusiaseutuhnya. Artikelinimembahastentangmanusia dan pendidikan (dasarpelaksanaanpendidikanbagikehidupanmanusia). Artikelinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganmenggunakananalisis data yang diperolehdariberbagailiteratur.Penulismenjelaskanmelalui kata-kata (deskriptif) berdasarkaninformasiatau data-data yang relevan, sehinggaartikelinidapatmenjadirujukandalambidangpendidikan. Tulisaninidimaksudkanuntukmengetahuidasarpelaksanaanpendidikanbagikehidupanmanusia. Hasil daripenelitianinibahwadasar-dasarpelaksanaanpendidikanterdapatdalamAl-Qur’an dan Al-Hadist.Al-Qur’anmerupakanpedomanataupetunjuk yang lengkap dan universal dalammemberikanpenjelasanbagikehidupanmanusia. Selainitu, Rasulullahmerupakandasarataulandasan yang tidakbisadipisahkandalampelaksanaanpendidikan.Rasululllahmerupakanmakhlukpilihan Allah Swt yang menjaditauladanbagiumatmanusia.
Referensi
Abdul Gaffar, ManusiadalamPerspektif Al-Qur’an, Tafsere, Vol. 4, No. 2, 2016
Abu Tamrin, ManusiaBerbasis Al-Qur’an dalamDimensiFilsafatIlmu, dalam Salam: JurnalSosial dan BudayaSyar-I, Vol. 5, Nomor 3, 2018
Abu Tamrin, ManusiaBerbasis Al-Qur’an dalamDimensiFilsafatIlmu, dalam Salam: JurnalSosial dan BudayaSyar-I, Vol. 5, Nomor 3, 2018
Ahmad Fuadi, EsensiManusiadalamPerspektifFilsafat Pendidikan Islam, dalamJurnalTarbiyah, Vol. 23, Nomor 2, Juli-Desember 2016
Ahmad Fuadi, EsensiManusiadalamPerspektifFilsafat Pendidikan Islam, JurnalTarbiyah, Vol. 23, No 2 Juli-Desember 2016
Chanifudin, PotensiBelajardalam Al-Qur’an (Telaah Surat An-Nahl: 78), JurnalEdukasiIslamiJurnal Pendidikan Islam, Vol. 05, Juli 2016
Deddy Ilyas, Antara Surga dan Neraka : MenantiKehidupan nan KekalBermula, JIA, Th. XIV, No. 2, 2013
IsmatulIzzah, Peran Pendidikan Agama Islam DalamMembentuk Masyarakat Madani, dalamJurnalPedagogik, Vol. 05 Nomor 01, Januari – Juni 2018
IsopSyafe’I, HakikatManusiaMenurut Islam, Pshimpathic, JurnalIlmiahPsikologi, Vol. 5, No. 1, 2012
M. Akhmansyah, Al-Qur’an dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam, JurnalPengebangan Masyarakat Islam, Vol. 8 No. 2, Agustus 2015.
Mat Saichon, MaknaTqwa dan Urgensitasnyadalam Al-Qur’an, JurnalUsrah, Vol. 3, No. 1, 2017
Muhajir, JasmaniManusiadalamPerspektif Islam, dalamJurnalQathruna, Vol. 3, Nomor 1, Januari-Juni 2016
Muhammad Hilmi J, dkk, KonsepHatiMenurut Al-Ghzali, JurnalReflektika, Vol. 11, No. 11 2016
Nazifah Anas, RasulullahSebagaiPendidik Professional, Jurnal Pendidikan Islam: STAI YASTIS Padang, Vol. 1, No. 2, 2017
Nur Hidayat, Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global, dalamJurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XII, Nomor 1, Juni 2015
Samrin, Pendidikan Agama Islam dalamSistem Pendidikan Nasional di Indonesia, dalamJurnal Al-Ta’dib, Vol. 8, Nomor 1, Januari-Juni 2015
Siti Khasinah, HakikatManusiaMenurutPandanga Islam dan Barat, JurnalIlmiah DIDAKTIKA, Vol. 13, No. 2, 2013
Siti Khasinah, hakikatManusiaMenurutPandangan Islam dan Barat, dalamJurnalIlmiahDidaktika, Vol. 8, Nomor 2, Februari 2013
Siti SuwaibatulAslamiyah, Pandangan Islam Tentang Proses KejadianManusia dan ImplikasinyaTerhadap Pendidikan, dalamJurnalAkademia, Vol. 8, Nomor 1, Juni 2014
Siti SuwaibatulAslamiyah, Pandangan Islam Tentang Proses KejadianManusia dan ImplikasinyaTerhadap Pendidikan, dalaJurnalAkademika, Vol. 8, Nomor 1, Juni 2014
Sumarno& Maulana Masudi, UrgensiPenciptanManusiadalamPerspektif Islam dan Protestan, dalam Al-hikmah: JurnalStudi Agama-Agama, Vol. 2, Nomor 2, 2016
Usiono, PotretRasulullahSebagaiPendidik, JurnalAnsiru, No. 1 Vol. 1, Juni 2017