ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN

Penulis

  • Ahmad Ahmad

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v1i2.73

Kata Kunci:

difficulty learning, bilagan fractions

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesilitan yang dihadapi siswa madrsaha ibtidaiyah kelas IV Nurul Yaqin Kelanjur terhadap materi bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita. Meted penelitian yang digunakan dalam penelitaian ini adala pendekaan kulaitatai. Metode pengumpulan datany adalah dengan observasi, wawaancara dan dokumentasi. Adapun sumberdatanya adalah kepala madrasah, guru matematika dan siswa kelas IV yang ada di MI Nurul yaqin Kelanjur. Faktor ekternalnya adalah:  Cara mengajar guru yang masih monoton dan kurangnya buku referensi bagi siswa karena sekolah belum memiliki perpustakaan. Sedangkan faktor internalnya adalah: Siswa tidak menguasai operasi dasar pecahan, kesulitan memahami masalah dalam soal cerita dan tidak tersedianya alat peraga tentang materi pecahan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan alat peraga ketika menjelaskan soal cerita materi pecahan, memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita pada materi pecahan, memberikan penjelasan menggunakan benda-benda konkret, dan membuat soal cerita dengan Bahasa yang komunikatif..

 

Kata kunci : kesulitan balajar dan bilagan pecahan

Biografi Penulis

Ahmad Ahmad

Dosen Universitas Bumi Gora Nusa Tenggara Barat

Referensi

Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 189–198. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.14

Ahmad, D., Nurhazizah, & Sugiatno. (2017). Mengatasi Hambatan Belajar Problem Solving Matematis Siswa dengan Antisipasi Didaktis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(6), 1–15.

Amallia, N., Unaenah, E., & Tangerang, U. M. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA. 3(2), 123–133.

Annur, M. F. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Kajian, Pnelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356, 195–201.

Fidayanti, M., & Shodiqin, A. (2020). ANALISIS KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN. 3(1), 88–96.

Nor Diana Natasya, Yenni Fitra Surya, R. M. (n.d.). ANALISISFAKTORPENYEBABKESULITANBELAJARMATEMATIKADI KELASIVSEKOLAHDASARNEGERI004BANGKINANGKOTA(MATERI PECAHAN).

Nunuk Badriyah, S. dan E. E. S. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS III SDN LAMPER TENGAH 02. 15, 10–15.

Parmiti, D. P., Elma, P., & Safitri, A. (2018). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155.

Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 25 RAJANG BEGANTUNG II. 2(2).

Diterbitkan

24-03-2021