ترقية مهارة الكلام بالطريقة الحوارية في الصف الأول المتوسط بمعهد المدني كوريفان الشمالية لومبوك الغربية
DOI:
https://doi.org/10.57215/matluba.v1i4.481Keywords:
Metode Dialogis, Pembelajaran, Keterampilan BerbicaraAbstract
Pada dasarnya, bahasa memiki empat kopetensi (skill) dasar yaitu : kemampuan berbicara, kemampuan mendengar, kemampuan menulis, dan kemampuan membaca. Dalam suatu kemampuan atau keterampilan dapat memungkinkan seseorang memahami bahasa yang digunakan secara lisan oleh lawan bicaranya. Hal ini dikarenakan bahwa kemampuan berbicara merupakan gambaran proses dasar linguistik yag diperlukan dan harus dimiliki oleh seseorang yang ingin belajar bahasa asing. Kemampuan berbahasa tersebut mewakili seorang anak yang menggunakan bahasa ibu (bahasa keseharian). Pada tahap awal, anak dapat mendengar bahasa dari orang-orang di sekitarnya, kemudian mencoba berbicara, kemudian menuangkannya dalam membaca dan menulis. Karena banyaknya komunikasi lisan, keterampilan dan kemampuan ini tampaknya penting untuk dimiliki oleh setiap pengguna bahasa. Oleh karena itu, keterampilan berbicara merupakan suatu hal yang penting dan sangat diperlukan dalam pengajaran bahasa Arab pada khususnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh pengembangan keterampilan berbicara dengan metode dialogis di Pondok Al-Madani Pelulan? Disamping itu, Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian eksperimen, yaitu penelitian yang menyelidiki keterampilan berbicara bahasa Arab dengan memperhatikan satu atau lebih variabel, kemudian lebih banyak membentuk kelompok eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan kelompok yang tidak memberi penangan solusi terhadap permasalahan yang dilakukan pada tahun ajaran 2023-2024. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa permasalahan paling umum dalam keterampilan berbicara adalah kurangnya kosakata dan latihan antara siswa dan guru. Supaya terjalin efektivitas proses pengajaran dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan atensi totalitas guru. Disamping itu pengembangan lebih lanjut keterampilan berbicara di pondok al-Madani Pelulan melalui hafalan kosakata dan penerapannya bersama guru. Guru yang menggunakan metode dialog adalah metode yang mencakup penerapan dan latihan bahasa dalam bentuk dialog, khotbah, atau lainnya. Adanya penerapan metode dialogis tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas VII SMP di Pondok Almadani Pelulan Lombok Barat Tahun Pelajaran 2023. Hal ini berdasarkan perbandingan antara skor r hitung dengan skor r tabel, sehingga diketahui skor r hitung ≥ skor r tabel atau 0,456 ≥ 0,349. Dipastikan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Tingkat signifikansi kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas VII SMP di Pondok Al-Madani Pelulan Lombok Barat tahun ajaran 2023 diketahui dari hasil t hitung ≥ t tabel, atau 2,808 ≥ 1,697 Kemampuan berbicara siswa kelas VII kelas menengah di pondok Al-Madani Palulan Lombok Barat tahun ajaran 2023 adalah signifikan dan tergolong dalam kategori cukup, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 20,70%.