PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH PADA BISNIS FASHION AMILY HIJAB

Authors

  • Sandi Muliyadi Magister Ekonomi Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Bisnis Syariah, Fashion Syariah, Prinsip Syariah

Abstract

Bisnis Syariah merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan harus berlandaskan syariah. Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar menjadikan bisnis pada sektor fashion meningkat. Bisnis fashion berdasarkan prinsip syariah akan mendatangkan pengusaha kepada keuntungan secara ekonomi dan sosial karena dalam pelaksanaannya harus memenuhi standar perilaku bisnis secara prinsip syariah diantaranya: taqwa, sopan, santun, kepedulian dan kepercayaan. Salah satu toko yang bergerak dibidang bisnis fashion berbasis syariah yaitu Amily Hijab. Amily Hijab merupakan brand lokal hijab syari dikota Tasikmalaya dalam usaha perdagangan dibidang busana muslim dengan ciri khas produknya berupa gamis syari dan jilbab syari yang hadir dengan produk yang di desian khusus untuk para muslimah Milenial di kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verifikasi dan kesimpulan). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa amily hijab telah ada selalu berusaha konsisten dalam menjalankan prinsip-prinsip syariah dan etika dalam berbisnis syariah dalam bisnis tersebut.

Published

31-07-2022