KEPEMIMPINAN ADAPTIF KEPALA MADRASAH DALAM MEMFASILITASI PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • ahmad sanhaji Kementrian Agama Lombok Tengah

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v2i1.105

Kata Kunci:

Kepemimpinan Adaptif, Fasilitas Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini menyoroti persoalan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 di mana proses pembelajaran pada awal pandemi tidak memungkinkan untuk dilaksanakan pembelajaran tatap muka, dengan demikian diperlukan langkah kepemimpinan yang cepat dan fleksibel adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah kebijakan strategis kepala madrasah untuk memfasilitasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (2) Untuk mendeskripsikan pola kepemimpinan kepala madrasah di tengah pandemi Covid-19 (3) untuk mendeskripsikan pola pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yakni: teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sebagai pemimpin kepala madrasah sangat memegang peranan penting dalam menciptakan susana aman dan nyaman di lingkungan kepemimpinannya. Untuk meningkatkan efektif efesiensi proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 kepala MAN 1 Lombok Tengah menyusun rencana, taktik atau langkah strategis. Adapun langkah-langkah kebijakan kepemimpinan kepala madrasah di masa pandemi covid-19 yaitu menyusun rencana dan anggaran kegiatan pendidikan di tengah pandemi covid-19, membentuk teamwork untuk penangan covid-19, menjalin kerja sama dengan pihak eksternal untuk memenuhi kebutuhan fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar di tengah pandemi covid-19, memastikan para guru dan peserta didik siap dengan fasilitas pembelajaran dari rumah, dan melakukan pengendalian serta pengawasan terhadap kegiatan pembelajaran daring.

Referensi

A. Marjuni, A. Penggunaan Multimedia Online dalam Pembelajaran, Jurnal IDARAH, vol III, No.2, Deseember 2019, (diakses tanggal 16 januari 2021).

Ad-Dumaiji, Abdullah. Imamah ‘Uzma Konsep Kepemimpinan dalam Islam (Jakarta: Ummul Qura, 2017), 39.

Arikunto, Suharsimi.Prosedur PenelitianSuatuPendekatandanPraktek(Yogyakarta: RinekaCipta2006),274.

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), 52.

Hamalik, Oemar Prof. Dr. Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, cet. Ke-17, 2019), 57.

Hamalik, Oemar. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar (Bandung: Tarsito, 1983), 86.

Hamdani,Strategi Belajar Mengajar(Bandung:Pustaka Setia,2011),317.

Hikmah, Nurul. Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 PAI pada MAN 2 Model Banjarmasin, Institusional Digital Repository, htTahun Pelajaran://idr.uin.antasari.ac.id/13846/, (diakses tanggal 16 Februari 2020).

htTahun Pelajaran://akhmadsudrajat.wordpress.com/hakikat-belajar/diakses tanggal 31 januari 2021.

htTahun Pelajaran://www.academia.edu/vol.V, no 1, April 2017 diakses tanggal 02 September 2019.

htTahun Pelajarans://bem.unila.ac.id/apa-arti-belajar-daring-luring/ diakses tanggal 21 januari 2021.

htTahun Pelajarans://www. Amongguru.com/pemebelajaran-daring-luring/ diakses tanggal21 januari 2021.

htTahun Pelajarans://www.dosenpendidkan.co.id/pengertian-pembelajaran-menurut-para-ahli/diakses tanggal 18 Februari 2021).

Jurnal. Untagcirebon.ac.id/ tranformatif-adaptif-di-tengah-pandemi-covid-19/diakses pada tanggal 20 januari 2021.

kamaludin, Undang Ahmad, Etika Manajemen Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2010), 154.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? (Jakarta: rajawali Pers, 2014), 31-32.

Kemenag RI Dirjen Bimas Islam. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT Sinergi Pustaa Indonesia, 2012.

Kurniawan, Deni. Pembelajaran Berbasis TIK Mengembangkasn profesionalisme Guru (Jakarta: Rajawali Press, 2013), 42-43.

Margono, S. Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2003), hal. 54.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008), 327.

Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitataif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), 26.1

Muhajir, Noeng. Metodologi Penelitian (Yogyakarta; Rake Sarasin,2002), 3.

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi, 108.

Nazir, Moh. Metode Penelitian (Jakarta: Gralia Indonesia, 1999), 63.

Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam, 269.

Rivai, Veithzal. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004), 5.

Rivai, Veithzal. Pemimpin dan Kepemimpinan dalamOrganisasi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), 6.

Rusman, M. Pd. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Jakarta: RadjaGrafindo Persada, 2013), 16.

Siahaan, Sudirman. E-Learning:sebagai salah Satu Alternatif Pembelajaran (Jakarta:Jurnal dikbud, 2003), 42.

Subiakto, Henry. Analisis Isi Media Metode dan pemanfaatannya ( Jakarta: PT. RadjaGrafindo Persada, 2004), 139.

Sulhan, Ahmad. Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi pendidikan Islam, 98.

Syarafuddin. Manajemen Lembaga pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Pres, 2005

Warjo, Jojo. Implikasi Gaya Berpikir dan Interaksi Sosial Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Berbasis Media Informasi dan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa, EDUBIOLOGICA, vol.6, No.1 Juni 2018 (diakses tanggal 16 Februari 2020).

Diterbitkan

30-09-2021