Kontribusi Ilmu Psikologi dan Sosiologi dalam Perilaku Organisasi serta Implikasinya Terhadap Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v2i2.161

Kata Kunci:

psikologi, sosiologi, perilaku organisasi, lembaga pendidikan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bentuk-bentuk kontribusi ilmu psikologi dan sosiologi dalam perilaku organisasi serta implikasinya terhadap pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research)  yang berbasis pada penelitian kualitatif, dan dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu sebagai sumber data penulisan. Adapun analisis data menggunakan dua prosedur, yaitu analisis deskriptif dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menemukan bahwa ilmu psikologi dan sosiologi yang berasal dari rumpun ilmu-ilmu sosial memiliki kontribusi penting dalam perilaku organisasi. Ilmu psikologi menyumbangkan beberapa hal, di antaranya adalah motivasi, keefektifan kepemimpinan dan stres kerja, sedangkan ilmu sosiologi memberikan sumbangan dalam hal dinamika kelompok, tim kerja, komunikasi, kekuasaan, konflik dan perilaku antar kelompok. Implikasinya terhadap pengelolaan lembaga pendidikan Islam sebagai wujud dari organisasi sangatlah jelas, baik implikasi pengelolaan pada madrasah, pondok pesantren maupun sekolah Islam.

Referensi

Arismunandar & Ardhana, I Wayan. (1998). “Sumber-sumber Stres Kerja Guru.” dalam Jurnal Ilmu Pendidikan IKIP Malang, Jilid 5, Nomor 1, Februari 1998.

Arismunandar. (2003). “Work Stress and Psychological Consequences in The Workplace: Study on Elementary School Teachers,” dalam Jurnal Ilmu Pendidikan IKIP Malang (Terakreditasi) 10(3): 202-213, 2003.

Arismunandar. (2009). “Perilaku Organisasi sebagai Pendekatan Antardisiplin dalam Manajemen Pendidikan,” dalam Makalah Pidato Pengukuhan Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, tanggal 17 Februari 2009.

Atmaturida. (2001). Sistem Pengelolaan Pondok Pesantren. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Bungin, Burhan. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Mencari Ragam Variasi Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cox, T., & Ferguson, E. (1991), “Individual differences, stress and coping,” dalam C. L. Cooper & R. Payne, (ed.), Personality and stress: Individual differences in the stress process, (1991), Chichester: John Wiley & Sons.

Daft, R. L. (2000). Management. 5th Ed. Dryden: The Dryden Press, Harcourt College Publishers.

Daft, Richad L. & Steers, Richad M. (1986). Organizations: a Micro/Macro Approach. London: Scoot, Foresman and Company.

Dirgagunarsa, Singgih. (1978). Pengantar Psikologi. Jakarta: Mutiara.

Fairholm, Gilbert W. (2009). Organizational Power Politics: Tactics in Organizational Leadership, 2nd Edition. Santa Barbara: Praeger.

Gubrium, Jaber F. & Holstein, James A. (1992). “Qualitative Methods”, dalam Encyclopedia of Sociology, Vol. 3. New York: Macmillan Publishing Company.

Hartomo & Aziz, Arnicum. (2006). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hersey, P. & Blanchard, K. (1982). Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources. Fourth Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Hidayati, Titiek Rohana. (2005). “Hubungan antara Ketrampilan Manajerial Kepala Sekolah, pelatihan Guru, Motivasi Kerja dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Swasta se kabupaten Jember,” Unpublished Dissertation, Malang:UM Malang.

Jary, David & Jary, Julia. (1991). Dictionary of Sociology. Glasgow: HarperCollins Publishers.

Jasin, Maskoeri. (2008). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Jhonson, G. Allan. The Blackwell Dictionary of Sosiology: a user's guide to sosiological language. UK, Blackwell Publishers Inc.

Langgulung Hasan. (1993). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Maddux, R.B. (1991). Pengembangan Tim: Latihan dalam Kepemimpinan, terj. Budi. Jakarta: Binarupa Aksara.

Marimba, Ahmad D. (1986). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma’arif.

Marmo dan Supriyatno, Triyo. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama

Meleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, et. al. (2009). Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. (2008). Manajemen Pendidikan Islam: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Negara, AA. Anwar Abu Mangku. (2009). Manajemen Sumber Daya manusia Perusahaan. Bandung: Rosda Karya.

Owens, Robert G. (1991). Organizational Behavior in Education. Fourth Edition. Boston : Allyn and Bacon Inc.

Rasouli, Sima & Haghighi, Masoud. (2011). “The Impact Of Leadership Methods On Employees Motivation: A Case Study,” dalam Integrating Spirituality and Organizational Leadership oleh Sunita Singh-Sengupta (ed). ISOL Publication, New Delhi, India.

Robbins, Stephen P. (2002). Essential of Organizational Behavior, terj: Halida dan Dewi Sartika. Jakarta: Penerbit Erlangga.

_______________ . (2006). Organizational Behavior. 10th Edition, Terj. Benyamin Molan. Jakarta: PT Indeks.

Robbins, Stephen. P & Coulter. (2007). Manajemen, edisi kedelapan. Jakarta: PT Indeks.

Sallis, Edward. ( 2006 ). Total Quality Management, terj. Ahmad Ali Riyadi. Yogyakarta: Ircisod.

Smith, Easterby, M., R. Thorpe, & A. Lowe. (2003). Management research: An introduction. London: Sage.

Sugiharto, Bambang. (2008). Humanisme dan Humaniora: Relevansinya bagi Pendidikan. Jakarta: Jalasutra.

Surachman, Winarno. (1990). Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar dan Metode Tekhnik. Bandung: Tarsito.

Tyson, S. & Jackson, T. (1992). The Essense of Organizational Behavior. terj. Dedy Jacobus & Dwi Prabantini. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Winardi. (1990). Manajemen Personalia. Bandung: Abardin.

Bahan-bahan Internet:

http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/29/psikologi-umum-kd-1.

http://organisasi.org/definisi-pengertian-sosiologi-objek-tujuan-pokok-bahasan-dan-bapak-ilmu-sosiologi.

http://bruderfic.or.id/h-129/peran-guru-dalam-membangkitkan-motivasi-belajar-siswa.html.

http://mpippsuinmaliki.blogspot.com/2011/01/stres-dan-konflik.html.

Diterbitkan

28-03-2022