Strategi untuk Meningkatkan Minat Baca Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhammad Syazali Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v3i2.272

Kata Kunci:

Strategi pembelajaran, Direct Reading Thinking Acrtivity, Know Want to Learn, Minat Membaca

Abstrak

Tim Program of Internasional Student Assessment tahun 2018 menjelaskan bahwa kemampuan rata-rata membaca siswa di Indonesia dinyatakan masih rendah dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Ini menjadi salah satu tantangan untuk guru agar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui strategi pembelajaran seperti Direct Reading Thinking Acrtivity dan Know Want to Learn. Penelitian ini adalah penelitian literatur riview dengan jenis narrative riview. Artikel ilmiah yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 11 artikel yang diterbitkan dalam kurun waktu 2011-2022. Data dikumpulkan dengan meriview beberapa artikel mengenai strategi Direct Reading Thinking Activity dan Know Want to Learn untuk meningkatkan minat membaca.  Artikeldiperoleh dari Google Scholar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan mengidentifikasi artikel ilmiah sehingga dapat menghasilkan ringkasan yang informatif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua strategi tersebut dapat meningkatkan minat membaca  siswa khususnya di Sekolah Dasar.

Referensi

Ardhian, T., & Trisnawati, T. (2020). Pengaruh direct reading thinking activity terhadap keterampilan membaca pemahaman di sekolahdasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar. (JP2SD), 8.1, 27-34

Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2012). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melaluistrategi Know-Want-Learned (KWL) padasiswa kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal,62-69

Bariska, H. F. (2013). Penerapan strategi direct reading thinking activity (DRTA) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-8.

Budianti, Y., &Damayanti, N. (2017). Pengaruh metode KWL (Know Want learn) terhadap keterampilan dan minat membaca siswa. IndonesianJournalofPrimaryEducation, 1(2), 13-18

Jainiyah, S. (2015). Penerapan strategi direct reading thinking activity (drta) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman tema berbagai pekerjaan siswa kelas sekolah dasar. Jurnal PenelitianPendidikan Guru Sekolah Dasar(Doctoral dissertation, state universitas of surabaya), 2-3

Kurniaman, O., Noviana, E., Hermita, N., & Charlina, C. (2019). Pengaruh strategi membacadirect reading thinking activity (DRTA)terhadap siswa sekolah dasar. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 9(3), 221-230.

Putri, P. N. A., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh strategidirected reading thinking activity (drta) berbantuan media flipchart terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158-166

Ledina, H., &Saadie, M. (2020). Model know, want to know, learned (kwl) dalampembelajaran membaca cerita pendek siswa SMP kelas IX. Baterasia : Jurnal Iimial Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 101-108.

Maulana, P. (2018). Penerapan metode KWI. (Know-Want To Know-Learned)untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membacapemahaman. Jumal Edukasi Sebelas April, 3, 75-81.

Prastitiningtyas, D. P., Y, S. S., & Daryanto, J. (2013). Studi komparasi strategi pembelajaran drta dan pqrst terhadap keterampilan membaca pemahaman ditinjau dari minat membaca. JPI (jurnal pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan,7(2), 75-80.

Yuliantika, N. P., Kristiantari, M. R., & Putra, M. (2019). Pengaruh strategi directed reading thinking activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman. jurnal pedagogi dan pembelajaran, 1(3), 170-179.

Diterbitkan

31-03-2023