PROSES KONSTRUKSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LUAS PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS V SDN 1 BOMBAS
PROSES KONSTRUKSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LUAS PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS V SDN 1 BOMBAS
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v4i2.409Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses konstruksi siswa dalam menyelesaikan masalah luas Persegi Panjang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Bombas yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes yang digunakan dalam penelitian ini. Tes berupa pemberian soal tentang masalah matematika. Non tes berupa wawancara. Reduksi, penyajian dan penyimpulan merupakan analisis data yang dilakukan peneliti. Hasil analisis menunjukkan proses konstruksi siswa 1 berada pada tahapan aksi, proses, objek dan skema sedangkan siswa 2 hanya berada pada tahap aksi dan proses saja.