IMPLEMENTASI KKSQ ( KELAS KHUSUS AL-QUR’AN ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL- QUR’AN SISWA MI YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023
IMPLEMENTASI KKSQ ( KELAS KHUSUS AL-QUR’AN ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL- QUR’AN SISWA MI YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v4i2.424Kata Kunci:
Kualitas hafalan siswa, Kelas Khusus Al-QuranAbstrak
KKSQ adalah sebuah program pembelajaran yang berbasis al-Qur’an dan Hadits. Maka Seleksi dilakukan guna mendapatkan peserta didik yang benar-benar dianggap mampu menghapal Qur’an, selain itu tentunya setiap siswa yang memiliki bacaan Al-Qur’an sesuai dengan makhrijul huruf dan tanjwid yang benar. Dalam penelitian ini implementasi kelas khusus al-qur’an (KKSQ) dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa MI Yusuf Abdussatar Tahun Pelajaran 2022/2023 dan apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa KKSQ (Kelas Khusus Al-Qur’an) MI Yusuf Abdussatar tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa pada proses pelaksanaan Kelas Khusus Al- Qur’an memiliki beberapa langkah-langkah seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaannya dimulai dari tujuan Kelas Khusus Al -Qur’an, alokasi waktu, sarana prasarana dan perencanaan pembelajaran. Pelaksanaannya dilakukan dengan rencana pembelajaran yang di dalamnya memuat beberapa metode diantaranya metode wahdah, metode murajaah, metode simai, metode jami’, metode penugasan dll. Evaluasinya dilakukan dengan cara Taqrir,Ujian hafalan (semester gamjil dan genap) uji public eksternal, dan uji public internal. Adapun hasil evaluasi dari pembelajaran Kelas Khusus Al-Qur’an bahwa dari 400 siswa yang mengikuti kelas khusus Al-Qur’an 300 siswanya mencapai nilai KKM dan 100 siswanya tidak mencapai nilai KKM.Hasil tersebut peneliti analisis dari nilai hasil belajar Kelas Khusus Al-Qur’an (KKSQ)
Referensi
Bagus Ramai, Panduan Tahfidz Qur’an Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Unipersitas Islam Negri Sumatera Utara Medan, …, hlm.16
Bagus Ramdani, panduan Tahfidz Qur’an Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara,(Medan:tp, 2021), hlm.2
Lexy J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2019), hlm.4.
QS.Al-Isra’ (17): 9.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, ( Bandung: Alfabeta, 2019 ) hlm.292
Wawancara Ustzh.Miskiyah kepala sekolah MI Yusuf Abdussatar, Kediri, 15 Desember 2022. pukul.09.00