IMPLEMENTASI KKSQ ( KELAS KHUSUS AL-QUR’AN ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL- QUR’AN SISWA MI YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

IMPLEMENTASI KKSQ ( KELAS KHUSUS AL-QUR’AN ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL- QUR’AN SISWA MI YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Penulis

  • arnika saadati
  • Imaduddin Institut Agama Islam Nurul Hakim
  • Nurul Institut Agama Islam Nurul Hakim

DOI:

https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v4i2.424

Kata Kunci:

Kualitas hafalan siswa, Kelas Khusus Al-Quran

Abstrak

KKSQ adalah sebuah program pembelajaran yang berbasis al-Qur’an dan Hadits. Maka Seleksi dilakukan guna mendapatkan peserta didik yang benar-benar dianggap mampu menghapal Qur’an, selain itu tentunya setiap siswa yang  memiliki  bacaan  Al-Qur’an  sesuai  dengan  makhrijul  huruf  dan tanjwid yang benar. Dalam penelitian ini implementasi kelas khusus al-qur’an (KKSQ) dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa MI Yusuf Abdussatar Tahun Pelajaran 2022/2023 dan apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa KKSQ (Kelas Khusus Al-Qur’an) MI Yusuf  Abdussatar tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan  menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian  ini  menemukan  bahwa  pada proses  pelaksanaan  Kelas  Khusus  Al- Qur’an   memiliki beberapa langkah-langkah seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaannya dimulai dari tujuan Kelas Khusus Al -Qur’an, alokasi waktu, sarana prasarana dan perencanaan pembelajaran. Pelaksanaannya dilakukan dengan rencana pembelajaran yang di dalamnya memuat beberapa metode diantaranya metode wahdah, metode murajaah, metode simai, metode jami’, metode penugasan dll. Evaluasinya dilakukan dengan cara Taqrir,Ujian hafalan (semester gamjil dan genap) uji public eksternal, dan uji public internal. Adapun hasil evaluasi dari pembelajaran Kelas Khusus Al-Qur’an bahwa dari 400 siswa yang mengikuti kelas khusus Al-Qur’an 300 siswanya mencapai nilai KKM   dan 100 siswanya tidak mencapai nilai KKM.Hasil tersebut  peneliti  analisis  dari  nilai  hasil  belajar  Kelas  Khusus  Al-Qur’an  (KKSQ)

Referensi

Bagus Ramai, Panduan Tahfidz Qur’an Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Unipersitas Islam Negri Sumatera Utara Medan, …, hlm.16

Bagus Ramdani, panduan Tahfidz Qur’an Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara,(Medan:tp, 2021), hlm.2

Lexy J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2019), hlm.4.

QS.Al-Isra’ (17): 9.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, ( Bandung: Alfabeta, 2019 ) hlm.292

Wawancara Ustzh.Miskiyah kepala sekolah MI Yusuf Abdussatar, Kediri, 15 Desember 2022. pukul.09.00

Diterbitkan

31-03-2024