KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.57215/matluba.v1i1.320Keywords:
Evaluasi, pembelajaran, Bahasa ArabAbstract
Konsep evaluasi pembelajaran bahasa Arab sebenarnya kurang lebih sama dengan konsep evaluasi pembelajaran pada umumnya, hanya dibutuhkan penjelasan berupa contoh-contoh yang lebih detail agar pembaca dapat memahaminya dengan baik. Dalam tulisan ini akan dipaparkan bagaimana konsep evaluasi pembelajaran tersebut. Dengan menggunakan studi dokumentasi, tulisan ini memaparkan teori-teori tentang pembelajaran secara umum dan bahasa Arab secara khusus. Adapun hasil yang didapatkan yaitu 1) Evaluasi merupakan suatu proses penentuan keputusan tentang kualitas suatu objek atau aktivitas. Pengukuran merupakan suatu tindakan untuk menentukan jumlah atau kuantitas dari sesuatu. Penilaian merupakan suatu kegiatan membandingkan hasil pengukuran Tes merupakan pemberian tugas dalam bentuk soal maupun perintah.2) Tujuan utama evaluasi dalam proses pembelajaran Bahasa Arab yaitu untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai tingkat pencapaian kompetensi Bahasa Arab siswa (istima’ kalam, qira’ah dan kitabah) sesuai indikator yang dirumuskan (tujuan instruksional) sehingga dapat diupayakan tindak lanjutnya. 3) Fungsi evaluasi pembelajaran yaitu yang pertama berfungsi selektif, kedua berfungsi diagnostik, ketiga berfungsi penempatan dan keempat berfungsi pengkur keberhasilan.4) Ruang lingkup evaluasi pembelajaran terbagi tiga meliputi ranah kognitif, ranah afektif dan psikomotorik berdasarkan taksonomi Bloom yang dijadikan sebagai acuan akhir dalam proses pembelajaran. Hasil dari tulisan ini diharapkan mampu memberikan gambaran tentang bagiaman konsep umum evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Arab.