MENU UTAMA
Fokus dan Ruang Lingkup
(Center, Tradisional Arabic for Arabic and Times New Roman, maksimal 12 kata Bhs. Ind. or 10 words in English) Times New Roman (14 pt)
First Author*1, Second Author2, Third Author3 ⬄ Times New Roman (12 pt)
1,2,3 Institution/affiliation ⬄ Times New Roman (11 pt)
e-mail: *1[email protected]; 2[email protected]; 3[email protected] ⬄ Times New Roman (10 pt)
A maximum of 200 words abstract, 1 paragraph in English or Indonesian in Times New Roman (11 pt, and Line Space : 1). The abstract should be clear, descriptive, and should provide a brief overview of the problem studied. Abstract topics include reasons for the selection or the importance of research topics, research methods, and a summary of the results. The abstract should end with a comment about the importance of the results or a conclusion brief.
Abstrak Maksimal 200 kata 1 Paragraf dalam berbahasa Indonesia dengan ( Times New Roman , 11 pt and for Tradisional Arabic 16 pt, Line Space 1) . Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.
تجريد لا تزيد عن 200 كلمة باللغة العربية ( Tradisional Arabic 16 pt, Line Space 1) وهي وضوح وبيان وتصور عن المسألة المبحوثة والمحددة، وهي تبحث عن الدوافع لاختيار الموضوع ومسألته وتبحث عن المنهاح البحث ونتائجه وخلاصته
PENDAHULUAN
(18 Tradisional Arabic atau 12 pt, Times New Roman, Bold, Left)
Dokumen ini adalah template untuk versi Word (doc/docx). Anda dapat menggunakan versi dokumen ini sebagai referensi untuk menulis manuscript anda, dengan Times New Roman (12 pt) dengan Spasi 1,5. Atau Tradisinal Arabic (18 pt dengan Spasi 1,5)
Pendahuluan menguraikan latar belakang permasalahan yang diselesaikan, isu-isu yang terkait dengan masalah yg diselesaikan, ulasan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain yg relevan dengan penelitian yang dilakukan. Selain itu, pada pendahuluan inilah diberikan ruang untuk meletakkan konsep atau teori yang dipakai[1]
(18 Tradisional Arabic atau 12 pt, Times New Roman, Bold, Left)
Artikel hendaknya memuat tulisan yang berisi 1. Pendahuluan, 2. Metode Penelitian (bisa meliputi analisa, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi), 3. Hasil dan Pembahasan, 4. Kesimpulan dan 5. Saran (future works) yg berisi penelitian lanjut di masa mendatang. Pada setiap paragraf bisa terdiri dari beberapa subparagraph yang dituliskan dengan penomoran angka arab seperti yang ditunjukkan section berikut ini. Jumlah halaman minimal 13 halaman dan maksimum 17 halaman ukuran A4. Pada bagian metode penelitian ini tidak dibenarkan memuat kutipan atau sumber bacaan sebagai referensi. Saudara cukup menuliskannya pada bagian pendahuluan saja atau bisa juga dibuat pada hasil dan pembahasan jika memiliki kaitan dengan pendapat orang lain atau sumber yang dapat mendukung hasil penelitian ini.
Pembahasan terhadap hasil penelitian dan pengujian yang diperoleh disajikan dalam bentuk uraian teoritik, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil percobaan sebaiknya ditampilkan dalam berupa grafik atau tabel. Untuk grafik dapat mengikuti format untuk diagram dan gambar.
Gambar 2 Grafik perbandingan
Tabel 1 Perbandingan Algoritma A dan Algoritma B
Algoritma |
Waktu Proses |
Ketelitian |
Memori |
A |
120 ms |
98 % |
200 KB |
B |
105 ms |
95 % |
415 KB |
(18 Tradisional Arabic atau 12 pt, Times New Roman, Bold, Left)
Penutup berupa paragraf, dan harus mengindikasi secara jelas hasil- hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Penutup ini hanya dipakai untuk konsep sedangkan kesimpulan digunakan untuk penelitian.
(18 Tradisional Arabic atau 12 pt, Times New Roman, Bold, Left)
Referensi disusun secara alfabetis berdasarkan nama belakang penulis yang disitasi. Tulisan daftar pustaka menggunakan font Times New Roman 12 pt, normal, justify (rata kiri kanan), 1 spasi, Referensi 85 % harus dari Online Journal System (OJS), Harus cek turnitin 30 % dengan Filter 1%. Atau menggunakan aplikasi Mendeley /Zotero dengan menggunakan Style Style Chicago Full Note). Format penulisan daftar pustaka seperti di bawah ini:
Journal Article with DOI:
Fitri, Putri Rizki, ‘مشكلات تعلم اللغة العربية وتعليمها لطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الأهليّة الهاشمية بانكالانبون’ (unpublished undergraduate, IAIN Palangka Raya, 2016) <http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/769/> [accessed 18 May 2021]
Humaidi, ‘View of :عدد المشكلات وظهورها وحلولها فى تعليم اللغة العربية:دراسة ميدانية بجامعة الإسلامية شيخنا محمد خليل بنجكلان’, 2019 <https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/alsuna/article/view/251/404> [accessed 18 May 2021]
Isomuddin, Moh, ‘مشكلات تعليم اللغة العربية في مدرسة مفتاح العلوم الثانوية بكالسات جمبر وحلها’ (unpublished undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015) <http://etheses.uin-malang.ac.id/8937/> [accessed 18 May 2021]
أكزام, إسماعيل, ‘المشكلات اللغوية الكتابية لدى متعلمي اللّغة العربيّة في المعاهد العلميّة في باكنبارو ( دراسة تطبيقية )’, المنار, 2 (2018) <https://doi.org/10.24014/al-manar.v2i8.4735>
أمين, تامر, and Tamer Amin, ‘اللغويات التربوية ومشكلة اللغة في تعليم العلوم والرياضيات في العالم العربي - Educational Linguistics and the Problem of Language’, Alif: Journal of Comparative Poetics, 40, 2020, ١٤٢-١٦٧
الدين, أحمد سيف, ‘تعليم اللغة العربية بالأنشطة اللغوية في مركز ترقية اللغة العربية بمعهد منبع العلوم بتا-بتا باميكاسان مادورا’, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 3.3 (2017), 103–14
Gunawan, W., & Aziza, F. (2017). Theme and thematic progression of undergraduate thesis: Investigating meaning-making in academic writing. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(2), 413–424. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i2.8350
Journal Article without DOI (when DOI is not available):
Brecht, H. D. (2012). Learning from online video lectures. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice, 11, 227–250. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ990981
Elder, L., & Paul, R. (2013). Critical thinking: Intellectual standards essential to reasoning well within every domain of human thought. Journal of Developmental Education, 36(3), 34–35. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1067273.pdf
Gentles, S., Charles, C., Ploeg, J., & McKibbon, K. A. (2015). Sampling in qualitative research: Insights from an overview of the methods literature. The Qualitative Report, 20(11), 1772–1789. Retrieved from https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol20/iss11/5
Liu, J. Y. (2018). Exploring genre pedagogy of learning transfer in L2 writing. The Asian Journal of Applied Linguistics, 5(1), 46–59. Retrieved from https://caes.hku.hk/ajal/index.php/ajal/article/view/518
Widiastuti, I.A.M.S. (2018). EFL teachers’ beliefs and practices of formative assessment to promote active learning. Asian EFL Journal, 20(5), 96-112. Retrieved from https://www.asian-efl-journal.com/wp-content/uploads/AEFLJ-Volume-20-Issue-5-May-2018.pdf
Davies, Y., Mishima, T., Yokomuro, S., Arima, Y., Kawahigashi, Y., Shigehara, K., … Takizawa, T. (2011). Developing health information literacy: A needs analysis from the perspective of preprofessional health students. Journal of the Medical Library Association. 100(4), 277–283.
Hashemnejad, F., Zoghi, M., & Amini, D. (2014).The relationship between self-efficacy and writing performance across genders. Theory and Practice in Language Studies, 4(5), 1045-1052.
Encyclopedia Articles:
Brislin, R. W. (1984). Cross-cultural psychology. In R. J. Corsini (Ed.), Encyclopedia of Psychology (Vol. 1, pp. 319-327). New York: Wiley.
Rezaei, S. (2017). Researching identity in language and education. In K. A. King, Y-J. Lai, & S. May (Eds.), Encyclopedia of Language and Education: Research Methods in Language and Education (Vol. 10, pp. 171–182). Dordrecht: Springer.
Developmental Genetics. (2005). In Cambridge Encyclopedia of Child Development. Retrieved from http://0www.credoreference.com.library.muhlenberg.edu:80/entry/cupchilddev/developmental-genetics
Rezaei, S., & Seyedan, M. (2015). Ahmad Mahmud. In Encyclopædia Iranica. Retrieved from http://www.iranicaonline.org/articles/mahmud-ahmad
Thesis/Dissertation in Repository:
Hardini, S. R. (2013). Developing character values in the teaching of narrative texts using genre-based approach: A case study at a senior high school in Bandung (Unpublished thesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/2181
Chiu, C. (2005). Writing in English: Perspectives of an ethnic Chinese teacher and her students (Ph.D thesis), The University of New Mexico, Mexico.
Proceedings with DOI:
Aunurrahman, Hamied, F., & Emilia, E. (2017). Realizing a good education in an Indonesian university context. In A. G. Abdullah, I. Hamidah, S. Aisyah, A. A. Danuwijaya, G. Yuliani, & H. S. H. Munawaroh (Eds.), Ideas for 21st Century Education: Proceedings of the Asian Education Symposium (AES 2016) (pp. 297–300). London: Routledge. https://doi.org/10.1201/9781315166575
Book:
أجيف حرماوان, طريقة التعليم اللغة العربي (بندونغ: رشد كريا, 2018)
شوكير, الأساس في إستراتجية عن الدعوة الإسلامية (سورابايا: الإخلاص, 1983)
عبد العزيز المعايطة, مشكلة تربوية معاصرة (عمان: دار الثقافة, 2006)
Taylor, S., & Bogdan, R. (1984). Introduction to qualitative research methods: The search for meanings (2nd ed.). New York: Wiley.
Book in Bahasa Indonesia:
Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Panduan gerakan literasi nasional [National literacy movement guidelines]. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Emilia, E. (2012). Pendekatan genre-based dalam pengajaran bahasa Inggris: Petunjuk untuk guru [Genre-based approach in English language teaching: Instructions for teachers] (2nd ed.). Bandung: Rizqi Press.
Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. (2013). Kurikulum Bahasa Inggris untuk SMA/SMK/MA [English language curriculum for SMA/SMK/MA]. Jakarta.
Book Chapter:
Bailey, K. M. (1990). The use of diary studies in teacher education programs. In J. C. Richards & D. Nunan (Eds.), Second language teacher education (pp. 215-226). New York: Cambridge University Press.
Burwitz-Melzer, E. (2001). Teaching intercultural communicative competence through literature. In M. Byram, A. Nicholas, & D. Stevems (Eds.), Developing intercultural competence in practice (pp. 29-43). Clevedon: Multilingual Matters.
Lantolf, J. P. (2011). The sociocultural approach to second language acquisition. In D. Atkinson (Ed.), Alternative Approaches to Second Language Acquisition (pp. 24-47). Abington: Routledge.
Olsen, R. E. W. B., & Kagan, S. (1992). About cooperative learning. In C. Kessler (Ed.), Cooperative language learning: A teacher’s resource book (pp. 1-30). Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Martin, J. R., & Rose, D. (2005). Designing literacy pedagogy: Scaffolding democracy in the classroom. In J. Webster, C. Matthiessen, & R. Hasan (Eds.), Continuing discourse on language: A functional perspective Vol. 1 (pp. 251–280). London: Continuum. Retrieved from http://aall.org.au/sites/default/files/DesignLiteracyPedagogy.pdf
Book Reviews:
Dent-Read, C., & Zukow-Goldring, P. (2001). Is modeling knowing? [Review of the book Models of cognitive development, by K. Richardson]. American Journal of Psychology, 114, 126-133
Ukuran Kertas : Layot > Margin > Mirrored: Top = 2,54 cm Bottom = 2,54 cm Inside = 3, 18 cm outside = 2,54 cm
[1] أجيف حرماوان, طريقة التعليم اللغة العربي (بندونغ: رشد كريا, 2018), p. ص: 112.