Muatan HOTS Pada Latihan Soal Buku Teks Bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag

Authors

  • A. Suranta Putra Meliala IAI Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.57215/matluba.v1i1.321

Keywords:

Muatan HOTS, Analisis Konten, Buku Bahasa Arab

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk memberikan gambaran tentang muatan HOTS dalam latihan soal buku teks bahasa Arab kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag. Penelitian ini adalah kualitatif analisis konten. Sumber data atau dokumen yang dianalisis yaitu  muatan HOTS pada latihan soal buku teks Bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan instrument kerangka analisis dokumen atau analisis konten untuk membaca, memahami, dan pencatatan data. HOTS terdapat beberapa indikator, yaitu analyze, evaluate, and create. Selain itu, HOTS juga mengandung istilah LOTS yang terdapat beberapa indicator yaitu remember, understand, and apply. Muatan HOTS pada latihan soal terdapat  40,25 %. Jumlah persentase ini didapat dalam 5 bab buku teks bahasa Arab yang telah dianalisis dari 140 latihan soal. Terdapat  59 latihan soal yang muatan HOTS dan latihan soal yang tidak terdapat muatan HOTS sebanyak 81 soal.

Published

11-06-2023