Agama dan Spiritual dalam Bimbingan Konseling

Keywords:

Agama, Spritualitas, bimbingan konseling.

Abstract

Agama merupakan separangkat aturan dan peraturan yang menghubungkan antara seorang hamba dan Tuhannya, relasi antara sesama serta bagaimana hubungannya dengan alam sekitar. Selain berhubungan dengan hukum atau peraturan yang musti ditaati oleh setiap pemeluknya, agama juga mengandung nilai spiritual didalamnya memberi ketenangan pada setiap jiwa pemeluknya baik secara langsung dan tidak langsung berdampak pada perubahan individu, yang tadinya tidak baik menjadi lebih baik, hidupnya penuh masalah menjadi lebih terarah. Maka, memahami fitrah agama, di dalamnya mengandung nilai-nilai spiritualitas, masalah dalam diri manusia dapat diselesaikan dengan pendekatan dogmatis. Model ini juga dimanfaatkan dalam bimbingan dan konseling, melalui  konseling spiritual Islam yaitu proses pemberian bantuan kepada individu dalam mengembangkan fitrahnya sebagai makhluk yang beragama dan mengatasi masalah yang dihadapinya dengan berlandaskan pada al-Quran dan Sunnah Nabi Saw, sehingga mampu menjadikan manusia yang lebih baik dan luhur. Agamaspiritual dan bimbingan konseling memiliki tujuan dan misi yang sama, meskipun pada hakikatnya mereka adalah berbeda. Memiliki tugas yang sama yaitu untuk memberikan bantuan dan penanganan bagi orang yang membutuhkan dalam menghadapi permasalahan gangguan kesehatan mental dan menciptakan hidup yang lebih baik dan sehat.  Dalam penelitian ini, berupaya untuk menjelaskan bagaimana letak spiritualitas dan arti pentingnya dalam menyelesaikan permasalahan individu. Penelitian ini menemukan bahwa, adanya hubungan yang dialogis antara bimbingan spiritualitas dalam menyelesaikan masalah, di mana setiap individu memiliki masalahnya masing-masing di antaranya perceraian, kecemasan akan masa depan, perilaku menyimpang dan rasa putus asa.

 

References

Santoso, Agus. 2019. Konseling Spritual, (perkuliahan program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Ngafifi, Muhamad. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Manusia, Jurnal Pembangunan Teknologi: Fondasi dan Aplikasi, Vol.2. No.1.

Kurniawan, Yudi dkk. 2016. Komunitas SEHATI (Sehat Jiwa dan Hati ) sebagai Intervensi Kesehatan Mental Berbasis Masyarakat, Jurnal INSAN, Vol.1, No.2.

Putri, Adisti Wismana. Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia: Pengetahuan dan Keterbukaan Masyarakat terhadap Gangguan Kesehatan Masyarakat, Prosiding Riset dan PkM, Vol. 2, No.2.

Santoso, Agus. 2017. Konseling Psikospritual Islam, (Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Prayitno, Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling; Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Wingkel, W.S. 1991. Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan Yogyakarta: Senata Darma Grafindo.

Boning Sinta; http://boning-sinta.blogspot.com/2017/25/makalah.html

Oxygendistro; http://oxygendistro.blogspot.com

Published

30-11-2021