Kecemasan Orangtua terhadap Pergaulan Bebas Remaja dan Upaya Preventifnya melalui Pendekatan Prognosis

Keywords:

Kecemasan orangtua, pergaulan bebas, remaja.

Abstract

Pergaulan remaja yang bebas sebenarnya dikarenakan oleh segala macam perkembangan yang disalah artikan oleh remaja itu sendiri maupun lingkungannya. Seks bebas menyebabkan para remaja kehilangan bangku sekolahnya, sama halnya juga para mahasiswi yang terpaksa berhenti kuliah karena hamil diluar nikah. Selain itu, hamil diluar nikah dapat berujung pada pengguguran janin, baik melalui aborsi ataupun bunuh diri karena tidak siapnya menerima kenyataan hamil diluar nikah. Terpenting sebenarnya adalah bagaimana remaja dapat menempatkan dirinya sebagai remaja yang baik dan benar sesuai dengan tuntutan agama dan norma yang berlaku dalam masyarakat serta dituntut peran serta orangtua dalam memperhatikan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari anaknya, memberi pendidikan agama dan pendidikan seks yang benar. Oleh sebab itu, permasalahan ini merupakan tugas seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali. Usaha untuk melakukan pencegahan sudah semestinya terus dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda. Agar lebih bermoral, agar lebih bisa diandalkan untuk kebaikan negara ke depan. Pergaulan juga mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan kepribadian seorang individu. Pergaulan yang  dilakukan itu mencerminkan kepribadiannya, baik pergaulan yang positif maupun pergaulan negatif. Pergaulan positif dapat berupa kerja sama antar individu atau kelompok guna melakukan hal–hal yang positif. Sedangkan pergaulan negatif  lebih mengarah ke pergaulan bebas, hal itulah yang harus dihindari, terutama bagi remaja yang masih mencari jati diri.

References

D, Gunarsosinggih. 1988. Psikologi perkembangan, Jakarta: PT Gramedia.

Farida. 2009. Pergaulan Bebas dan Hamil Pranika, Jurnal Analisa Vol. XVI, No. 01, Januari – Juni.

Mentiri, Vivi Vike. 2014. Perilaku Menyimpang di Kalangan Remaja di Keluruahan Pondang, Kecamatan Amurung Timur Kabupaten Minahasa Selatan, Journal, Vol.III, No.I.

Sahriramadan,“Masalah-Pergaulan-Bebas di Kalangan Remaja" , diakses melalui: Http://edwincool07.blogspot.com/2012/02/pergaulan-bebas.html.

Yuniati, Ani. 2017. Perilaku Menyimpang dan Tindak Kekerasan Siswa SMP di Kota Pekalongan, Journal of Educational Social Studies, Vol. 6, No.1.

Published

30-11-2021