Hubungan Pola Asuh Permisif Orang Tua terhadap Amoral Remaja Studi Kasus Siswa SMP Negeri 1 Kediri Lombok Barat

Keywords:

Pola asuh permisif, amoral remaja

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan moralitas remaja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah hubungan pola asuh permisif orang tua dengan amoral remaja kelas IX SMP Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2019/2020 serta apa dampak dari pola asuh permisif terhadap remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpul data yakni menggunakan observasi, wawancara dan angket. Data diperoleh dengan menggunakan skala likert dalam bentuk kuesioner. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas alat ukur. Uji validitas alat ukur menggunakan validitas isi melalui professional judgement dan validitas konstrak menggunakan teknik korelasi Product Moment serta uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Untuk kuesioner skala pola asuh permisif orang tua diperoleh hasil uji validitas itemnya antara 0,303-0,898. Sedangkan pada skala amoral  remaja diperoleh hasil uji validitas itemnya antara 0,344-0,899. Berdasarkan uji validitas pada skala pola asuh permisif orang tua diperoleh item yang valid berjumlah 36 item dan item yang tidak valid berjumlah 4 item, sedangkan pada skala amoral amoral remaja dipeoreh item yang valid berjumlah 38 item dan item yang tidak valid berjumlah 2 item. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji korelasi Product Moment diperoleh nilai r =0,914 dengan nilai p = 0,000 karena nilai p lebih kecil dari 0,05 maka ini signifikan, yang berarti bahwa ada hubungan antara kedua variabel. Sedangkan analisis data selanjutnya menggunakan analisis regresi, dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai r = 0,914 dengan signifikansinya 0,000 sehingga hipotesis diterima. Perhitungan SPSS menunjukkan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,835 yang mengandung pengertian bahwa ada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

References

Ahmad dan Ahmad Sehabuddin. 2017. Komparasi Prestasi Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender, Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, p-ISSN 2597-7512 | e-ISSN 2614-1175 Vol. 1 No. 1.

Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

An-Nawawi, Imam. 2011. Al-Minhaj Syarh Sahih Muslim ibn Al-Hajjaj Jilid XI, Terjemahan Fathoni Muhammad dan Futuhul Arifin, Jakarta: Darus Sunah.

Ayun, Qurrotu. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak, ThufuLA.Vol. 5, No. 1.

Baswedan, Aliyah Rasyid. 2015. Wanita Karir Dan Pendidikan Anak, Yogyakarta: Ilmu Giri, 2015.

Brooks, Jane B. 2011. The Process Of Parenting, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

D, Edward. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak, Bandung: PT. Mirzan Utama.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Pusat Bahasa. 2008.

Kartono, Kartini. 2013. Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kuntjojo. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Ebook, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Muzakkir. 2015. Generasi Muda Dan Tantangan Abad Modern Serta Tanggung Jawab Pembinaannya, Al-Ta’dib, Vol. 8 No. 2.

Nawawi, Ahmad. 2011. Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus, INSANIA, Vol. 16, No. 2.

Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto (editor). 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Jakarta: Prenada Media Group.

Respati, Winanti Siwi dkk. 2006. Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsi Pola Asuh Orang Tua Authoritarian, Authoritative Dan Permissive, Universitas INDONUSA Esa Unggul, Jakarta, Vol. 4. No. 2.

Shochib, Moh. 2013. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta.

Sjarkawi. 2019. Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral Intelektual Emosional dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: PT Bumi Aksara, Cetakan Ke- 3.

S. Jokie M. 2009. Siahaan, Perilaku Menyimpang Pendekatan Sosiologi, Jakarta: PT Indeks.

Tridhonanto, Al. & Beranda Agency. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, Jakarta: Gramedia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Di download pada hari Kamis, 27 Juni 2019, pukul 17:15, di akses dari pendis.kemenag.go.id>dokumen.

Wawancara dengan Rohana (salah satu Guru BK Di SMP Negeri 1 Kediri), Rabu 21 Agustus 2019, pukul 20:00.

Wikipedia. di akses pada hari Rabu, 26 Juni 2019, pukul 15:30 dalam http://id.m.wikipedia.org/wiki/Ensiklopedia

Published

29-05-2021

How to Cite

Hubungan Pola Asuh Permisif Orang Tua terhadap Amoral Remaja Studi Kasus Siswa SMP Negeri 1 Kediri Lombok Barat . (2021). Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam , 1(2), 1-25. Retrieved from https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/alinsan/article/view/78