Urgensi Konselor dan Psikiatri dalam Menyelesaikan Problematika Psikologis dan Pendidikan Masyarakat di Masa Pageblug

Authors

  • Miftahul Jannah Institut Agama Islam Nurul Hakim
  • Nawawi Hakim Institut Agama Islam Nurul Hakim

Keywords:

Konselor, Psikiatri, Masa Pagebluk.

Abstract

Pageblug atau wabah penyakit Covid-19 telah melanda masyarakat dunia lebih dari satu tahun terakhir (2019) dampak luar biasa dari adanya pandemi ini adalah terjadinya perubahan pada kehidupan manusia secara universal di mana manusia dipaksa untuk membatasi setiap mobilitasnya di tempat umum dan menjaga jarak ketika berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain. Ada dua dampak besar yang penulis perhatikan, pertama perubahan perilaku dan gaya hidup manusia dari sosial langsung ke individulistik di mana sebagian besar masyarakat memanfaatkan teknologi sebagai wasilah untuk bersosial dengan teman dan keluarganya. Perubahan gaya hidup yang disebabkan oleh pagebluk ini secara bertahap turut mempengaruhi dimensi psikologis atau kejiwaan masyarakat yang justru berdampak negatif. Misalnya tingkat stress yang semakin tinggi, keyakinan mistisisme yang merajalela dan munculnya fenomena halu dengan makin banyaknya ketertarikan masyarakat terhadap beberapa tokoh yang dianggap tidak jelas seperti Lord Rangga atau Sunda Empire dan gejala derivatif yang mengarah pada gangguan psikologis lainnya. Penelitian ini menguraikan tentang arti penting Konselor dan Psikiatri untuk menjawab problematika masyarakat yang terjadi di masa Pagebluk. Posisi dari tulisan ini, ingin menegaskan kembali urgensi Konselor dan Psikiatri sebagai titik sentral dan menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan masalah psikologis di masyarakat. 

References

Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan AplikasiProgram Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Gibson. Robert L. 2011. Marianne H.Mitchell. Bimbingan dan Konseling edisi tujuh terj..cet.1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kardinata dkk, Sunaryo. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Kartono, Kartini. 2011. Patologi sosial, Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Santodi. Fajar. 2010. Manajemen Bimbingan dan Konseling . Yogyakarta: Universitas sanata Dharma.

Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan mental 1pandangan umum mengenai penyesuaian diri dankesehatan mental serta teori-teori terkait. Yogyakarta; Kanisius 2006.

Nurhayati, Eti. 2011. Bimbingan, Konseling dan Psikoterapi Inovatif . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Published

29-05-2021

How to Cite

Jannah, M. ., & Hakim, N. (2021). Urgensi Konselor dan Psikiatri dalam Menyelesaikan Problematika Psikologis dan Pendidikan Masyarakat di Masa Pageblug . Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam , 1(2), 99-115. Retrieved from https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/alinsan/article/view/81