KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Ahmad Universitas Bumigora Mataram
  • Habib Ratu Perwira Negara Universitas Bumigora Mataram
  • Kiki Riska Ayu Kurniawati Universitas Islam Negeri Mataram

Kata Kunci:

Emotional Intelligence, Learning Achievement

Abstrak

The purpose of this study is to find out the correlation between emotional intelligence and student learning achievement at MTs Nurul Yaqin Kelanjur. This type of research is expos Fakto where the data analyzed comes from existing data. This research was conducted at MTs Nurul Yaqin Kelanjur Montong Sapah Village, Praya District southwest of Central Lombok Regency.

The result of this study was, the highest score of emotional intelligence equaled 95, and the lowest score was 60. As for the student's learning achievement score on math subjects obtained the highest score of 92 and the lowest score of 55. From the pre-analysis tests conducted it is known that the data obtained is normal and homogeneous. The results of hypothesis tests conducted showed that emotional intelligence has a positive and significant correlation with students' math learning achievement.

Referensi

Aflahah, S. 2021. "Korelasi antara Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, dan Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa." dalam JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 9(1). https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.18172

Ahmad, A., & Sehabuddin, A. 2018. "Efektivitas Penggunaan Alat Peraga terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus Dan Balok)." dalam Jurnal VARIAN, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.74

Ahmad, A., Usodo, B., & Riyadi, R. 2017. "Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) dan Jigsaw Ii Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa." dalam Jurnal Tatsqif, 15(1), 51–68. https://doi.org/10.20414/j-tatsqif.v15i1.1331

Annashriyah, H. B. 2018. "Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Lingkaran." dalam EKUIVALEN - Pendidikan Matematika, 31(1).

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian Edisi Ke-3. Solo: UNS Press.

Fitrianti, F., Mallo, B., & Linawati, L. 2019. "Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palu." dalam Aksioma, 8(1). https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.199

Hakim, A. R., Sulistiawati, S., & Arifin, S. 2018. "Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP." dalam TEOREMA Teori Dan Riset Matematika, 3(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v3i2.1557

Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. 2019. Peningkatan Kemampuan Berhitung dengan Metode Jarimatika di Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Neonbat Nusa Tenggara Timur. 15(2), 73–84.

Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. 2016. "Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen." dalam Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7 (1), 24–30. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831

Waluyo, A. 2020. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas XII SMAN 1 Pakel." dalam JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 5(1). https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1729

Diterbitkan

30-12-2021