KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Kata Kunci:
Emotional Intelligence, Learning AchievementAbstrak
The purpose of this study is to find out the correlation between emotional intelligence and student learning achievement at MTs Nurul Yaqin Kelanjur. This type of research is expos Fakto where the data analyzed comes from existing data. This research was conducted at MTs Nurul Yaqin Kelanjur Montong Sapah Village, Praya District southwest of Central Lombok Regency.
The result of this study was, the highest score of emotional intelligence equaled 95, and the lowest score was 60. As for the student's learning achievement score on math subjects obtained the highest score of 92 and the lowest score of 55. From the pre-analysis tests conducted it is known that the data obtained is normal and homogeneous. The results of hypothesis tests conducted showed that emotional intelligence has a positive and significant correlation with students' math learning achievement.
Referensi
Aflahah, S. 2021. "Korelasi antara Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, dan Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa." dalam JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 9(1). https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.18172
Ahmad, A., & Sehabuddin, A. 2018. "Efektivitas Penggunaan Alat Peraga terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus Dan Balok)." dalam Jurnal VARIAN, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.74
Ahmad, A., Usodo, B., & Riyadi, R. 2017. "Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) dan Jigsaw Ii Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa." dalam Jurnal Tatsqif, 15(1), 51–68. https://doi.org/10.20414/j-tatsqif.v15i1.1331
Annashriyah, H. B. 2018. "Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Lingkaran." dalam EKUIVALEN - Pendidikan Matematika, 31(1).
Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian Edisi Ke-3. Solo: UNS Press.
Fitrianti, F., Mallo, B., & Linawati, L. 2019. "Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palu." dalam Aksioma, 8(1). https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.199
Hakim, A. R., Sulistiawati, S., & Arifin, S. 2018. "Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP." dalam TEOREMA Teori Dan Riset Matematika, 3(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v3i2.1557
Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. 2019. Peningkatan Kemampuan Berhitung dengan Metode Jarimatika di Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Neonbat Nusa Tenggara Timur. 15(2), 73–84.
Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. 2016. "Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen." dalam Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7 (1), 24–30. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831
Waluyo, A. 2020. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas XII SMAN 1 Pakel." dalam JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 5(1). https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1729
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal El-Hikam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.