NILAI-NILAI KERJA KERAS (KREATIF, RAJIN, ULET, TELITI, TEKUN, KOMITMEN, DISIPLIN DAN BERILMU) DAN CINTA TANAH AIR DALAM ISLAM

Penulis

  • IDAIL UZMI FITRI UMAMI Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
  • MUHAMMAD SOBRI Universitas Mataram

Kata Kunci:

karakter, kerja keras, cinta tanah air

Abstrak

Pendidikan karakter sedang didengungkan kembali oleh pemerintah akhir-akhir ini, terutama pasca muculnya berbagai kasus kenakalan remaja yang kerap kali mewarnai media masa, mulai dari kasus narkoba, seks bebas, tawuran antar pelajar hingga kasus terbaru di mana seorang murid membunuh gurunya. Untuk itu, pendidikan karakter dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan nasional meskipun implementasinya belum maksimal.

Salah satu pendidikan karakter yang perlu dibentuk dan ditumbuhkan kepada anak adalah nilai karakter kerja keras dan cinta tanah air. Nilai Kerja keras ini perlu ditegakkan kepada anak maupun remaja agar mereka bisa menghargai setiap perjuangan orang tuanya yang mencari rizki untuknya sehingga berdampak ia semakin rajin belajar, berbakti dan sebagainya. Begitupun juga cinta tanah air tidak kalah urgen, terlebih lagi saat ini Indonesia tengah dibayangi isu perpecahan karena keberagaman indonesia yang terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan sebagainya. Oleh sebab itu, cinta tanah air ini perlu ditanamkan ke generasi selanjutnya sebagai tonggak estafet penerus bangsa.

Referensi

Bisri, Ahmad, Kamus Bahasa Arab-Indonesia, Indonesia-Arab, Surabaya: Pustaka Progresif, 1999.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2010.

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2014.

Handayani, Nita Warih dan Sumaryati, “Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Anak Usia Remaja di Dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta.” Jurnal Citizenship, Vol. 4 No. 1, Juli 2014.

Hani’ah, Munnal, Kisah Inspiratif Anak-Anak Autis Dalam Berprestasi, Yogyakarta: Diva Press, 2016.

Ikhsan M. Alifudin, Nilai - Nilai Cinta Tanah Air Dalam Perspektif Al-Qur’a, Volume 2, Nomor 2, ISSN: 2528-0767 (p) dan 2527-8495 (e) http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses pada laman https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Kurniawan, Syamsul, Pendidikan Karakter Konsepsi dan implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Rosda Karya, 2012.

Marzuki, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 1 SMP.

Rifai, Muhammad, Gus Dur Sang Guru Bangsa, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Salam, Solichin, B.J.Habibie Mutiara Dari Timur, Bekasi: Intermasa, 1987.

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Zuhriah, Nurul, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Malang: PT Bumi Aksara, 2010.

Diterbitkan

29-06-2022