A SKETSA GERAKAN PEMBARUAN ISLAM DI INDONESIA

Studi Kritis terhadap Pemikiran Harun Nasution

Penulis

  • Muhammad Muhlis Fakultas Tarbiyah IAI Nurul Hakim

Kata Kunci:

Pembaruan, Islam, Modernisasi

Abstrak

Gerakan pembaruan Islam bertujuan untuk mewujudkan Islam yang berperadaban sebagaimana upaya-upaya yang telah dilakukan oleh para pemikir Muslim, baik di masa lalau maupun saat ini. Pada prinsipnya pembaruan dalam Islam merupakan sesuatu yang bersifat mendesak untuk menjembatani kemunduran Islam menuju pada kemajuan dan keunggulan peradaban. Pembaruan Islam selain bersifat mendesak juga harus segera diwujudkan guna mencapai kemajuan sebagaimana yang pernah diraih pada periode awal Islam yang dikenal dengan istilah the golden age. Dari sini akan ditemukan berbagai variasi pandangan tokoh tentang pembaruan. Ada yang berpendapat bahwa pembaruan adalah nama lain dari modernisasi, yang lain mengasosiasikannya dengan tajdid. Peneltian ini hendak menguak esensi atau hakikat pembaruan dan modernisasi dalam Islam. Agar lebih fokus, penelitian ini diproyeksikan untuk menganalisa pandangan-pandangan yang berkenaan dengan pembaruan Islam yang dikemukakan oleh Harun Nasution. Menurutnya, proses pembaruan Islam di Indonesia dilakukan melalui berbagai saluran seperti media, organisasi masyarakat hingga organisasi politik atau partai.

Referensi

Al-Attas, SMN. 1996. Prolegomena, lihat “Introduction” 1-37. Cf. Al-Attas, S.M.N., "Opening Address, The Worldview of Islam, an Outline" in Sharifah Shifa al-Attas, Islam and The Challenge of Modernity, Historical and Contemporary Contexts. Kuala Lumpur: ISTAC.

Rais, Amien. 1987. Cakrawala Islam. Bandung: Mizan.

_______ . tt. Makalah Arah Tajdid Muhammadiyyah.

Madjid, Nurcholish. 1987. Masyarakat Religius dan Dinamika Industrialisasi Islam Kemodernan dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan.

Nasution, Harun. 1987. Muhammad Abduh dan Teologi Rasional. Jakarta: UI Press.

________ . 2009. Islam Di Tinjau dari Berbagai Aspeknya Jilid II. Jakarta: UI Press.

________ . Tt. Pembaharuan dalam Islam: Sejarah pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.

Shihab, M. Quraisy. 2005. Logika Agama Kedudukan Wahyu dan Batas-Batas Akal dalam Islam. Jakarta: Lentera Hati.

Wahid, Abdurahman. 1985. Agama dan Modernisasi Adalah Satu. Dalam Majalah Komunikasi Ekaprasetia Pancakarsa, No. 40/Thn. VI, (1985).

Diterbitkan

30-12-2022