PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MEMECAHKAN PROBLEM KELAMBANAN BELAJAR SISWA
Studi Kasus pada SMA Shohiburrahman Beleka Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah TA. 2021
Kata Kunci:
Peran, Guru Pembimbing, Kelambanan BelajarAbstrak
Para guru yang berkecimpung dalam dunia pendidikan adalah pribadi-pribadi yang terlatih dan telah mencapai kemahiran yang tinggi. Mereka mampu menyerap, menganilisis, dan berpikir jernih dalam setiap menghadapi kesulitan saat menjalankan fungsi dan tugasnya. Mereka juga berperan dalam menciptakan sarana dan mengembangkannya sehingga ini kemuidan mempercepat pencapaian hasil belajar siswa seperti yang direncanakan sejak awal.
Penelitian ini mengangkat dua masalah pokok yaitu, pertama, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kelambanan belajar siswa SMA Shohiburrahman dan kedua, bagaimana peran guru pembimbing dalam upaya pemecahan kelambanan belajar siswa SMA Shohiburrahman.
Dua pertanyaan penelitian tersebut diteliti melalui pendekatan kualitatif lapangan, di mana sumber data primer adalah guru yang berinteraksi langsung dengan siswa SMA Shohiburrahman. Sedangkan sumber data sekunder adalah guru atau siswa yang tidak berinteraksi secara langsung. Data dari kedua sumber tersebut dikomparasikan dengan cara cross check. Ini bertujuan agar data yang diperoleh benar-benar valid. Adapun pengumpulan datanya berasal dari interviu dan observasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran guru pembimbing dalam upaya pemecahan kelambanan belajar siswa pada SMA Shohiburrahman belum maksimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi kelambanan belajar sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern.
Referensi
Asy-Syakhs, Abdul Aziz. 2001. Kelambanan dalam Belajar Penyebab dan Cara Penanganannya, Terj. M. Syigabuddin. Jakarta: Gema Insani Perss.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zaim. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekanto, Soerjono. 2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.
Walgito, Bimo. 2001. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal El-Hikam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.