MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Kata Kunci:
Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, STADAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs. Darul Falah Batu Jangkih. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal tiap-tiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 73,21, sedangkan persentase ketuntasan sebesar 77, 47% dengan kategori “baik”. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 77,25 dan persentase ketuntasan sebesar 92,75% dengan kategori “baik sekali”. Hal Ini menunjukkan bahwa penelitian telah mencapai target ideal 85% dari jumlah siswa dalam kelas mengalami peningkatan prestasi. Jumlah siswa yang tuntas secara individual sebanyak 30 orang dari 33 orang siswa. Pendekatan pembelajaran kooperatif juga terbukti dapat melibatkan siswa secara aktif. Ini dapat dilihat dari peningkatan nilai skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 5,45 menjadi 7,54 yang dikategorikan “lebih aktif” dari setiap pertemuan dalam mengerjakan pekerjaannya masing-masing, mengolah informasi, serta menyimpulkan materi yang telah dijelaskan.
Referensi
Balik, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 4(2). https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24784
Irmawanti, L. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.36418/japendi.v3i3.603
Jebeg, D. M. (2020). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KOMPOSISI MELALUI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA SMA NEGERI 1 TEGALLALANG. Suluh Pendidikan, 18(1). https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v18i1.114
Juhaeroh, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA SOFTWARE PESONA EDU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4982
Munawaroh, M., & Masroh, M. M. (2012). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) PADA BANGUN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTs AL-HIDAYAH DESA PASURUAN PABEDILAN-CIREBON. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 1(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v1i1.279
Nurbaiti, N. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IX SMP LPMD Suka Maju Rambah. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.576
Ratu, H., Negara, P., Riska, K., & Kurniawati, A. (2022a). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Rumah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. 5(2), 113–122.
Ratu, H., Negara, P., Riska, K., & Kurniawati, A. (2022b). SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT ( TGT ). EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, XV(1), 130–146.
Ustrining, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18623
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal El-Hikam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.