UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SHOW AND TELL

Penulis

  • MUHAMMAD SYAZALI Universitas Mataram, Indonesia
  • MUHAMMAD SOBRI Universitas Mataram, Indonesia

Kata Kunci:

Public Speaking, Kepercayaan Diri, Show and Tell

Abstrak

Saat proses pembelajaran berlangsung masih saja terdapat metode yang konvensional seperti bercerita di depan kelas yang dapat menimbulkan siswa merasa minder atau tidak percaya diri, tidak adanya persiapan yang memicu rasa malu sehingga membuat siswa merasa canggung ketika hendak berbicara di hadapan banyak orang. Penelitian ini berlandaskan pada kurangnya keterampilan berbicara pada siswa. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran yang  paling dominan adalah kegiatan mendengarkan, membaca, dan siswa hanya cenderung membuat catatan saja, sehingga keterampilan berbicara siswa menjadi kurang terasah. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan public speaking siswa melalui  penerapan metode show and tell. Suatu metode yang terdiri dari menunjukkan dan menjelaskan sesuatu kepada audiens untuk menggambarkan atau menceritakan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan sesuatu yang ditampilkan. Peneliti menggunakan metode penelitian literature review yaitu dengan mengkaji, menganalisis serta mengutip berbagai data penelitian pada artikel-artikel sebelumnya yang memiliki kemiripan dengan penelitian yang sedang diteliti. Hasil penelitian mengungkap bahwa metode show and tell mampu meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik karena cocok untuk di jadikan alternatif dalam proses belajar mengajar dan mempunyai beberapa kelebihan dalam meningkatkan keterampilan public speaking.  Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah metode show and tell sangat sederhana dan efektif untuk menumbuhkembangkan rasa percaya diri siswa terutama dalam meningkatkan keterampilan public speaking. Metode show and tell menerapkan pembelajaran yang bersifat student center atau berpusat pada siswa yang mana guru lebih memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara sehingga akan menimbulkan kebiasaan pada siswa untuk bertanya, mengemukakan pendapat maupun bercerita di hadapan teman dan  gurunya.

Referensi

Cahyani, I. 2012. Pembelajaran menulis berbasis karakter experiental learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPS UPI.

Dewi, P. M. U., &Subrata, H. 2021. Penggunaan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Depan Umum Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(8), 2983-2992.

El Rahmah, W., & Ray, D. 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Show and Tell terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di RA Istiqomah Medan TA 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(1), 13-28.

Hasnah, H., Fajar, F., & Fajriyanti, N. 2022.Penerapan Metode Pembelajaran Show And Tell Pada Materi Iklan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 145 Barru. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 233-239.

Kaltsum, R. I. 2018. Penerapan Metode Diskusi Show And Tell Dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas 3 SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1-2.

Lestari, T., Yasbiati, Y., & Mustika, B. N. 2017. Penggunaan Metode Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1 (1), 129-136.

Maylanie, E. P. 2022. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SD Dengan Menggunakan Metode Show And Tell. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 1004-1012).

Momon, M. 2020. Meningatkan Keterampilan Berbicara Dan Aktivitas Pembelajran Melalui Metode Menunjukk,eri 4 Sukabumi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9 (1), 73-78.

Mutiasih, P., Dwinta, N., Renaldi, T., Iswara, P. D., & Nugraha, T. 2019. Penerapan Model Show And Tell Dengan Media Bupaka (Buku Panggung Boneka) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar.In Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1461-1468.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan (Stimulasi Multiple Intelligent Anak Usia Taman Kanak-kanak).Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Nazla, T., & Fitria, N. 2021. Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show and Tell Pada Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3 (1), 31-35.

Nupus, M. H., & Parmiti, D. P. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1 (4), 296-303.

Parlina, I., & Yanti, N. 2017. Pengaruh Metode Show And Tell Pada Kemampuan Berbicara Siswa Terhadap Penyampaian Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Kandis. Dialektologi, 2(2), 160-171.

Rahmayanti, I. M., & Parmiti, D. P. 2020. Penerapan Metode Show And Tell Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 50-54.

Romadhini, N. E., & Julianto, J. U. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Show and Tell Diiringi Musik terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(02), 39-43.

Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. 2020. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Sd. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449-455.

Sakinah, L., Nurochmah, A., & Uswatun, D. A. 2020. Penerapan show and tell method untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas rendah. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 15-20.

Sapitri, W. 2018. Penerapan Metode Show And Telledukatif Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas II Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia), 26-32.

Sellavon, C. M., & Subrata, H. 2019. Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDK Yustinus De Yacobis. JPGSD. 7(5): halaman 3459-3468.

Suarsih, C. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II Di Sd Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 1(01).

Trislijayanti, L. E., Sriasih, S. A. P., Sutresna, I. B., & Si, M. 2015. Penggunaan Metode Show And Tell Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vii.C Di Smp Negeri 1 Seririt Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Uzer, Y. 2021. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa Sd Negeri 97 Palembang. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 78-89.

Utami, Y. G. D., & Hudaniah, H. 2013. Self efficacy dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01 (01), 40–52.

Zakiyah, Z., Riyanto, A. A., & Nuraeni, L. 2022. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Dengan Metode Show And Tell. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5 (3), 113-112.

Diterbitkan

28-06-2023