DESAIN DIDAKTIS MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN

Kata Kunci:

Desain Didaktis, Operasi Hitung Campuran

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui desain didaktis matematis yang disusun oleh guru pada materi operasi hitung campuran pada madrasah tsanawiyah. Sumber data dalam penelitian ini dalah guru dan siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah case study, yaitu penelitian yang mendeskripsian suatu masalah dengan pengambilan data yang mendalam mengenai kondisi sebenarnya di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyampaikan materi operasi hitung campuran guru belum mengaitkan konsep yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari. Guru tidak menggunakan media untuk melengkapi pembelajaran operasi hitung campuran secara khusus karena terdapat beberapa kendala. Kesalahan-kesahalan siswa pada proses pembelajaran tersebut adalah yaitu kesalahan konsep, kesalahan kecerobohan, dan kesalahan memahami soal. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik, maka guru harus mendesain pembelajaran mulai dari tahap perencanaan sampai akhir kegiatan pembelajaran. Guru dituntut merancang bagaimana menyampaikan konsep materi operasi hitung campuran agar lebih mudah dipahami siswa, bagaimana cara guru mengetahui kemampuan pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung campuran, strategi guru dalam menyampaikan materi dan metode pembelajaran untuk mempermudah pemahaman siswa.

Referensi

Ahmad, Habib R, K. R. (2021). Korelasi kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, XIV(2), 295–312.

Ananda, R. A., & Tambunan, L. R. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Hitung Pecahan Campuran Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. 2, 163–168.

Imelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (n.d.). Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di smp. 1–13.

Jerson, J., & Nurlaelah, E. (2016). Pengembangan Desain Didaktis Materi Pecahan pada Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). 11(2), 127–136.

Mulyati, A. (n.d.). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. 4185, 90–97.

Oktari, E. Z., Handayani, T., Sofyan, F. A., Pendidikan, P., Madrasah, G., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., & Selatan, S. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI. 9(1), 41–50.

Ratu, H., Negara, P., Riska, K., & Kurniawati, A. (2022). SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT ( TGT ). EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, XV(1), 130–146.

Rusandi, H., & Hidayah, N. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar ( Studi Kasus : Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin ). 5(1), 63–70.

Syavira, V. F., & Novtiar, C. (2021). Analisis kesalahan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaiakan soal operasi hitung campuran bilangan cacah dan pecahan. 4(6), 1671–1678. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1671-1678

Diterbitkan

28-06-2023