PENGUATAN KEMANDIRIAN EKONOMI PESANTREN MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Penulis

  • RUSDAN Fakultas Ekonomi Islam IAI Nurul Hakim

Kata Kunci:

Pesantren, Kemandirian Ekonomi, Independensi

Abstrak

Pesantren adalah salah satu pilar penting negara. Ditilik dari eksistensinya, lembaga ini telah memainkan peran pentingnya dalam membangun bangsa dan negara jauh sebelum Indonesia merdeka. Embrionya diletakkan pertama kali pada tahun 1399 oleh Syaikh Maulana Malik Ibrahim atau yang dikenal dengan Sunan Gresik. Pada periode selanjutnya, pesantren terus melakukan pembenahan dan penguatan, tak terkecuali penguatan sisi kemandirian ekonomi. Pokok masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah menyangkut kemandirian ekonomi pesantren dengan tiga masalah turunan, yakni pertama, seberapa urgen penguatan kemandirian ekonomi pesantren, kedua, apa saja hambatan dan peluang penguatan kemandirian ekonomi pesantren, dan ketiga, langkah strategis apa saja yang mesti dilakukan pesantren dalam memperkuat kemandirian ekonominya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan penekanan pada studi literatur atau disebut juga library research. Seluruh data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yakni jenis data yang diperoleh dari tangan kedua, baik berupa buku, artikel ilmiah, surat kabar, dan sebagainya. Dari serangkaian penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pesantren perlu memperkuat kemandirian ekonominya. Ini terutama agar independensinya terjaga sekaligus agar leluasa menjalankan berbagai kegiatannya. Kendala yang dihadapi pesantren dalam memperkuat kemandirian ekonominya, berasal dari faktor internal dan ekternal. Faktor internal lebih banyak dipengaruhi oleh motivasi dan kebutuhan. Sedangkan faktor eksternal lebih banyak dipengaruhi oleh faktor budaya dan pola asuh. Adapun langkah-langkah yang ditempuh pesantren dalam memperkuat kemandirian ekonominya mulai dari penilaian potensi dan sumber daya, perancangan strategis, diversifikasi pendapatan, pendidikan kewirausahaan, pengelolaan keuangan yang bijaksana, penguatan kemitraan dan jaringan, ekspansi pemasaran dan promosi, transparansi, hingga manajemen risiko yang terkendali dan terukur.

Referensi

Abubakar, Irfan & Idris Hemay (Editor). 2022. Resiliensi Komunitas Pesantren terhadap Radikalisme (Social Bonding, Social Bridging, Social Linking). Jakarta: CSRC UIN.

Alam, Masnur. 2010. Model Pesantren sebagai Alternatif Pendidikan Masa Kini dan Mendatang. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Al Asyari, Abul Hasan. 2022. “Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren di Era Modern.” Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, Volume 2, Number 1, Januari 2022.

Anwar, Ali. 2011. Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Yogyakarta: IAIT Press & Pustaka Pelajar.

Aziz, Dede Jamalul. 2019. “Modernisasi dan Transformasi Pondok Pesantren.” Prosiding Nasional Pascasarjana IAIN Kediri, Vol. 2, November 2019.

Azra, Azyumardi. 2013. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII Akar Pembaruan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Burhanudin, Jajat dkk. 2009. Civic Values di Indonesia; Pengalaman Pemberdayaan Pesantren. Jakarta: PPIM UIN Jakarta.

Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Fatmawati, Erma. 2015. Profil Pesantren Mahasiswa. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Hamid, Abdulloh. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren. Surabaya, IMTIYAZ

Hamka. 2017. Dari Perbendaharaan Lama Menyingkap Sejarah Islam di Nusantara. Jakarta: Gema Insani.

Hendarmin, Laifa Annisa dan Alvin Noor Sahab (Editor). 2022. Pesantren & Pandemi: Bertahan di Tengah Kerentanan. Jakarta: PPIM-UIN Jakarta.

Humaidi, Anis. 2019. “Bargaining Pesantren di Era RevolusiIndustri 4.0.” Prosiding Nasional Pascasarjana IAIN Kediri, Vol. 2, November 2019.

Japar, Muhammad. 2018. Teknologi dan Informasi Pendidikan. Jakarta Timur, Laboratorium Sosial Politik Press.

Latif, Yudi. 2021. Inteligensia Muslim dan Kuasa; Genealogi Inteligensia Muslim Indonesia Abad ke-20. Jakarta: Kencana.

Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina & Dian Rakyat.

Malik, Amit Saepul. 2022. Kiprah Intelektual Pesantren. Purwakarta: Taqaddum Press.

Maragustam (Ed.). 2014. Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Muhtifah, Lailial, Zaenuddin, dan Nurhamzah. 2015. Model Pemberdayaan Mutu Pondok Pesantren Sebagai Pusat Studi Masyarakat. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Munifah, “Antara Tradisi dan Modernitas: Metamorfosis Pesantren di Era Digital.” Prosiding Nasional Pascasarjana IAIN Kediri, Vol. 2, November 2019.

Mustajab. 2015. Masa Depan Pesantren Telaah atas Model Kepemimpinan dan Manajemen Pesantren Salaf. Yogyakarta: LkiS.

Muthohar, Ahmad. 2007. Ideologi Pendidikan Pesantren; Pesantren di Tengah Arus Ideologi-Ideologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Neliwati. 2019. Pondok Pesantren Modern Sistem Pendidikan Manajemen dan Kepemimpinan. Depok: Rajawali Pers.

Ridley, Matt. 2020. Optimis Rasional, Terj. Zia Anshor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Safiudin R, Achmad. 2021. “Membentuk Kemandirian Ekonomi Pesantren (Telaah Terhadap Peran Kiai dalam Pesantren al-Amien Prenduan, Madura).” Jurnal Hukum Bisnis Islam, Volume 11, Nomor 2, Desember 2021.

Said, Asnah. 2020. Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan. Banten: Universitas Terbuka.

Sirin, Khaeron (Eds.). 2021.Transformasi Pesantren Salafi. Jakarta Pusat: Litbangdiklat Press.

Suryanegara, Ahmad Mansur. 2018. Api Sejarah Jilid Kesatu. Bandung: Surya Dinasti.

Thoklhah, Imam dan Ahmad Barizi. 2004. Membuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Tim Peneliti Balai Litbang Agama Jakarta. 2015. Kontekstualisasi Kajian Kitab Kuning di Pesantren. Jakarta Timur: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.

Tim Penyusun Visi Indonesia 2045 Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. 2019. Background Study Visi Indonesia 2045. Jakarta: Kementerian PPN/BAPPENAS.

Wijaya, Aksin. 2020. Satu Islam Ragam Epistemologi. Yogyakarta: IRCiSoD.

Website dan Peraturan Perundang-Undangan:

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_pendidikan.

https://kemenag.go.id/opini/visi-kemandirian-pesantren-la881e.

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_243822.aspx.

https://www.nu.or.id/nasional/bagaimana-santri-ideal-menurut-gus-mus-REtNr.

https://dataindonesia.id/ragam/detail/selain-al-zaytun-berapa-jumlah-pesantren-di-indonesia.

https://ditpdpontren.kemenag.go.id/artikel/pesantren--dulu--kini--dan-mendatang

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No. 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.

Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 30 Tahun 2020 Tentang Pendirian dan Penyelenggaraan Pesantren.

Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 31 Tahun 2020 Tentang Pendidikan Pesantren.

Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 32 Tahun 2020 Tentang Ma’had Aly.

Diterbitkan

29-12-2023