MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MODERASI DI INDONESIA

Penulis

  • WELY DOZAN INSTITUT AGAMA ISLAM NURUL HAKIM
  • SYA'BAN ABDUL KARIM Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Kata Kunci:

Pendidikan, Islam, Moderasi (Wasathiyah)

Abstrak

Dinamika epistemologi pengetahuan pendidikan Islam telah menjadi tema garis besar untuk dikembangkan secara terus-menurus oleh para cendekiawan Muslim dan  para pemikiran Islam yaitu dengan melakukan kontribusi dan merumuskan berbagai teori untuk membangun wajah pendidikan Islam yang sesungguhnya. Persoalan pendidikan menjadi prioritas utama untuk diikhtirakan perbaikannya, terutama bagi guru. Dalam ranah ini, gutu dituntut berperan aktif menggali kreativitas, inovasi, dan potensi siswa lainnya. Karena bagaimana pun pendidikan merupakan salah satu alat transformai yang terbukti ampuh. Dalam dunia pendidikan, terutama di Indonesia masih ditemukan berbagai problem dan konflik yang seakan tak berkesudahan. Banyak ahli menilai ini terjadi disebabkan oleh kurangnya optimalisasi ajaran berbasis moderasi dalam Islam. Hal ini sebagai salah satu bukti konkret yaitu terjadi tawuran antar sesama siswa, murid tidak menghargai guru, minimnya sikap toleransi yang dimiliki oleh peserta didik, bahkan terkadang guru bersikap keras terhadap peserta didik, termasuk juga beberapa konflik yang lainya. Asusmi tersebut menjadi pusat perhatian, khususnya dalam kaitannya dengan pendidikan Islam guna membangun pembelajaran berbasis moderasi sebagai upaya untuk meminimalisir konflik yang terjadi. Fokus penelitian ini adalah hendak menjawab beberapa persoalan yang cukup urgen, yaitu bagaimana wajah pendidikan Islam berbasis moderasi (wasthiyyah) di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu kegelisahan akademik yang cukup menantang bagi Peneliti. Faktanya, moderasi merupakan senjata paling ampuh untuk meminimalisir terjadinya berbagai problem dan konflik. Bahkan lebih jauh, moderasi merupakan pisau analisis yang terus dikembangkan, karena hakikat dari pada moderasi yaitu mengajarkan tentang sikap multikurtural dalam berbagai aspek, baik menyangkut agama, akidah, sosial, dan lainnya.

 

Referensi

Anwar, Rosihon, Ilmu Tafsir, Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Anshori, Pendidikan Islam Transformatif, Jakarta: Referensi, 2010.

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: CIPUTAT PERS, 2002.

Assayuthi, Jalaludin, “Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural,” dalam ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, Volume 5, Nomor 2 Tahun 2020.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta : Kencana, 2012.

__________, Moderasi Islam di Indonesia dari Ajaran Ibadah hingga Prilaku, Jakarta: Kencana, 2020.

Az Zafi, Ashif, “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Al-Qur’an DalamPendidikan Islam,” dalam Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis, Vol. 21, No. 1, Januari 2020.

Baidan, Nasaruddin dan Erwati Aziz, Metode Penelitian Tafsir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Chamadi, Muhamad Riza, Dwi Nugroho Wibowo, A. Ilalqisni Insan, Musmuallim, dan Ahmad Yusuf Prasetiawan, “Penguatan Moderasi Beragama melalui Forum Persaudaraan Lintas Iman (Forsa) Kabupaten Banyumas pada Masa Pandemi Covid-19,” dalam Solidaritas: Jurnal Pengabdian, Vol. 1, No. 1, Juni 2021.

Choiri, Moh. Miftachul dan Aries Fitriani, “Problematika Pendidikan Sebagai Sub Sistem Pendidikan Nasional di Era Global,” dalam Jurnal Al-Tahrir Vol. 11, No. 2 November 2011.

Daradjat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Dozan, Wely dan Hopizalwadi, “Agama dan Media Baru (Kesadaran Teologis Manusia di Tengah Pandemi Covid-19)”, dalam al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol. 5 No. 1. 2021.

Farikhah, Siti, Manajemen Lembaga Pendidikan, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2011.

Fatawi, Izzul, “Problematika Pendidikan Islam Modern” dalam el-Hikam, Volume VIII Nomor 2 Juli-Desember 2015.

Kadi, Titi dan Robiatul Awwaliyah, “Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia,” dalam Jurnal Islam Nusantara, Vol. 01 No. 02 Juli - Desember 2017.

Kurniadin, Didin dan Imam Machali, Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Yohyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Maimun, Menjadi Guru Yang Dirindukan Pelita Yang Menerangi Jalan Hidup Siswa, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2014.

Masykuri, Khadijatul Qodriyah, dan Zakiyah Bz, “Pendidikan Islam Multikultural BerwawasanWasathiyah: Penguatan Karakter WasathiyahSantri Patriot Panji Pelopor,” dalam Islam Nusantara, Vol. 04 No. 02, Juli - Desember 2020.

Mustaqim, Abdul, Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir, Yogyakarta: Idea Press, 2015.

Minarti, Sri, Ilmu Pendidikan Islam (Fakta Teoritis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif), Jakarta: AMZAH, 2018.

Octavina, Veronica, “Pandangan Hukum Islam Pada Tantangan ModerasiBeragama Masyarakat Bali Di Tengah Pandemi Covid-19,” daam Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, Volume 1, Nomor 1 Januari - Juni 2021.

Qomar, Mujamil, Menggagas Pendidikan Islam, Bandung: Rosdakarya, 2014.

Ritonga, Apri Wardana, “Konsep Internalisasi Nilai-Nilai ModerasiBeragama Bagi Generasi Milenial Berbasis Alqur’an,” dalam Al-Afkar, Vol. 4, No. 1 , Februari 2021.

Saifuddin, Lukman Hakim, Moderasi Beragama, Jakarta: Kementrian Agama RI, 2019.

Sari, Zamah, “Relevansi pemikiran Sosiologi Islam Ali Syariati dengan Problematika Pendidikan Islam di Indonesia,” dalam Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2, Oktober 2018.

Susanto, Ahmad, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Sutrisno, Edy, “Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan,” dalam Jurnal Bimas Islam, Vol. 12 No. 1, (2019).

Sukmadinata, Nana Syahodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: CV. Rajawali, 1983.

Suharto, Babun, Moderasi Beragama Dari Indonesia Untuk Dunia, Yogyakarta: LKiS, 2019.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya, 2014.

Umam, Bukhari, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2011.

Diterbitkan

29-12-2023