ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN PELAKU UMKM PADA MASA DAN PASCA PANDEMI COVID-19

Studi Kasus di Kelurahan Gerung Selatan Lombok Barat

Penulis

  • SAHIRUL ALIM INSTITUT AGAMA ISLAM NURUL HAKIM
  • IMAN HIDAYATULLAH INSTITUT AGAMA ISLAM NURUL HAKIM
  • CIKAL WAHYUDITYA INSTITUT AGAMA ISLAM NURUL HAKIM

Kata Kunci:

Pendapatan, UMKM, Pandemi

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global  memaksa pemerintah  mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta mengkampanyekan stay at home. Hal ini tentu saja berdampak terhadap lumpuhnya semua sendi kehidupan, tidak terkecuali sektor perekonomian, salah satu di antaranya adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pendapatan pelaku UMKM pada masa dan pasca pandemi dengan analisis two way anova tanpa interaksi. Populasinya adalah pelaku UMKM di Kelurahan Gerung Selatan Lombok Barat yang berjumlah 122 orang yang terdiri dari pelaku UMKM yang berjualan bahan bangunan (14 orang ), yang berjualan sembako (60 orang), dan yang berjualan kuliner ( 38 orang ). Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 36 orang (30% dari total populasi) dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified random sampling. Uji statistik dengan nilai signifikansi <0,05 (alpha) menerima H1 pada hipotesis pertama yaitu terdapat perbedaan pendapatan berbagai jenis pelaku UMKM. Hasil penelitian ini juga menerima H1 pada hipotesis kedua, yaitu  terdapat perbedaan pendapatan pelaku UMKM pada masa dan pasca pandemi covid-19 di Kelurahan Gerung Selatan Kabupaten Lombok Barat.

Referensi

Alim, Sahirul, Strategi Survival Pelaku UMKM di Masa Pandemi Studi Pada Pengusaha Konveksi di Kediri Selatan, Jurnal El-Hikam, Volume 15 Nomor 1, 2022.

Aryawati, Ni Putu Ari dkk.,Manajemen UMKM di Koperasi, Jawa Tengah : Tahta Media Group, 2022.

BN. Marbun, Kamus Manajemen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakartaa: Balai Pustaka, 2008.

Hery dan Widyawati Lekok, Akuntansi Keuangan Menengah, Jakarta: Bumi Aksara 2012.

Mulyadi, Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5, Jakarta: Salemba Empat, 2010.

Nalini, Siti Nuzul Laila “ Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol. 4 No 1, Januari 2021.

Rosita, Rahmi “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia”, Lentera Bisnis, Volume IX, Nomor 02, November 2020.

Sarfiah, Sudati Nur, Hanung Eka Atmaja, Dian Marlina Verawati, “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa”, Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), Volume IV, Nomor 2, 2019.

Sugiri, Dani “Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19” Jurnal Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol. 19, No.1, July 2020.

Soemarso S.R, Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Lima, Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Susanti, Nawal Ika “Pengaruh Tingkat Bagi Hasil dan Pendapatan Nasabah Terhadap Pembiayaan Bermasalah (Studi Kasus Uspps Ausath Blokagung Banyuwangi),” Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis Vol.2, No. 2, 2016.

Diterbitkan

29-12-2023