STRATEGI KEPALA MADRASAH MAN 3 LOMBOK TENGAH DALAM MEREKRUT PESERTA DIDIK BARU

Penulis

  • Ardian Elwiyansyah MAN 2 Lombok Tengah
  • Adi Fadli UIN Mataram
  • Moh. Iwan Fitriawan UIN Mataram

Kata Kunci:

Strategi, Kepala Madrasah, Rekrutmen, Peserta Didik Baru

Abstrak

Pendidik dan peserta didik merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan. Kedua komponen ini saling berinteraksi dalam proses pembelajaran untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang diinginkan. Peserta didik merupakan raw material atau bahan mentah dalam proses transformasi pendidikan. Ia juga merupakan komponen masukan dalam sistem pendidikan, yang selanjutnya diproses dalam  proses pendidikan, sehingga menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi Kepala Madrasah dalam merekrut peserta didik baru di MAN 3 Lombok Tengah. Secara teoritis-praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi keilmuan bagi kepala madrasah secara umum dan secara khusus bagi MAN 3 Lombok Tengah sebagai locus penelitian menyangkut objek penelitian.

Adapun tahapan strategi yang digunakan kepala sekolah berdasarkan hasil penelitian ini yaitu  mulai dari formulasi strategi, implementasi strategi dan pengendalian/evaluasi strategi. Pada tahapan formulasi strategi dilakukan perencanaan, identifikasi dan analasis faktor pendukung, juga penghambat internal-eksternal dalam lingkungan, analisis alternatif strategi yang bisa dilakukan dan terakhir penetapan strategi yang akan diterapkan. Pada tahapan implementasi strategi, hal-hal yang sudah dihasilkan pada tahap sebelumnya diimplementasikan sedemikian rupa. Sedangkan pada tahap pengendalian/evaluasi strategi kegiatan yang dilakukan adalah mereview faktor internal dan eksternal yang merupakan dasar strategi yang telah ada, menilai preformance strategi, hingga akhirnya melakukan langkah koreksi.

Referensi

Abdullah, Idi. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Adi, Rianto. 2010. Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bogdan and Biklen Kopp Sari. 1982. Qualitative Research for Education an Introduction to Theory and Method. Boston London: Allyn and Bacon Inc.

Bungin, Burhan. 2017. Penelitian Kualitatif Komunikati Ekonomi Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Campbell, David. 2011. Bussines Strategy An Introduction. New York: Palgrave Macmillan.

Departemen Agama. 2005. Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Pendidikan Nasional. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Garamedia Pustaka Utama Group.

Fauzan. 2017. Strategi Rekrutmen Peserta Didik Baru Di MTs Satu Atap Hidayatul Mubtadi’in Purwojati Dan MTs Satu Atap Biroyatul Huda Cilongok Kabupaten Banyumas. Purwokerto: Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Hamail, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: Prenada Media Group.

Hasan, Iqbal. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Heryati, Yeti. 2014. Muhsin, Mumuh. Managemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Imron, Ali. 2015. Manajemen Peserta didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan Soeharto, Irawan. 2008. Metode Penelitian Sosial.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lutwak, Edward N. 2009. The Grand Strategy Of Rhe Byzantine Empire. United States Of America: President and Follows Of Harvard College.

Machfoedz. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UUP AMM YPKN.

McManners, Peter. 2014. Coorporate Strategy In The Age Of Responsibility. United States Of America: Gower.

Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhamad, Mustari. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT: RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, Enco. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesioanl. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, Dedy. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Rosda Karya.

Munir, Abdullah. 2008. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Murniati dan Nasir Usman. 2019. Implementasi Manajemen Stratejik. Bandung: Cipta Pustaka Medi perintis.

Mutohar, Prim Masrokan. 2014. Manajemen Mutu Sekolah Strategi Peningkatkan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nizarman. “Manajemen Penerimaan Siswa Baru “.Manajer Pendidikan Vol. 9, No.2 (Maret 2015): 224. Di Akses 29 November 2020, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/ manajerpendidikan/article/view/1116/925

Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Pramachintya, Destyana Ratih dan Budi Sutrisno. ”Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru Di SD Muhamadiyah Program Khusus Boyolali.” Varia Pendidikan, Vol. 27, No. 1 (Juni 2015).

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang

Guru dan Dosen.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rumelt, Richard P. 2011. Good Strategy Bad Strategy. United States Of America: Fores Stewwardship Counel.

Sagala,Syaiful. 2013. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thomson, Neil and Charles Baden Fuller. 2010. Basic Strategy In Context. West Sussex: Jhond Willey and Sons.

Umiraso, dan Imam Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Diterbitkan

23-06-2021