REKONSTRUKSI PARADIGMA HAK CIPTA SEBAGAI OBJEK WAKAF

Penulis

  • Rusdan Fakultas Ekonomi Islam IAI Nurul Hakim

Kata Kunci:

Rekonstruksi, Objek Wakaf, Hak Cipta

Abstrak

Secara historis, wakaf memiliki peran yang sangat strategis dalam mengembangkan kegiatan sosial, budaya, ekonomi, bahkan pendidikan masyarakat Islam yang ditransformasikan ke dalam berbagai macam sarana fisik seperti sarana ibadah, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, dan sebagainya. Seiring perkembangan zaman, objek wakaf dan hal-hal yang berkenaan dengannya mengalami perkembangan. Objek wakaf tidak lagi terbatas pada benda-benda tidak bergerak semisal tanah dan bangunan, namun telah dikembangkan juga wakaf uang, surat berharga, hak kekayaan intelektual secara umum atau hak cipta secara khusus. Dewasa ini, hak cipta yang dimiliki oleh seseorang tidak jarang memiliki nilai ekonomi yang lebih besar dari benda berwujud(real asset) lainnya.

Fokus artikel ini adalah hendak menelusuri legalitas wakaf hak cipta dalam perspektif hukum Islam (fiqh) dengan dua permasalahan turunan, yakni pertama, apakah hak cipta termasuk harta (al-mal), kedua, apakah hak cipta telah memenuhi kriteria sebagai objek wakaf?.

Dilihat dari sisi hukum Islam (fiqh) hak cipta termasuk ke dalam kategori hak ibtikar yang dipandang sebagai harta yang bernilai. Hak cipta sebagai bagian dari hak kekayaan intelektual telah memenuhi kriteria sebagai objek wakaf, yaitu merupakan harta bernilai, dibolehkan oleh syara’ (halal), bisa dimiliki atau dipindah hak kepemilikannya, bisa diwariskan, diwasiatkan, jelas diketahui atau sekurang-kurangnya akan diketahui, serta dapat dimiliki oleh pewakaf (waqif) secara penuh. Dengan begitu, hak cipta dilihat dari posisinya sebagai harta yang bernilai dan syarat lain yang melekat padanya dapat dijadikan sebagai objek wakaf.

Referensi

Al-Bugha, Musthafa Dib. 2017. Ringkasan Fiqih Mazhab Syafi’i. Jakarta: Noura.

Al-‘Utsaimin, Syaikh Muhammad bin Shalih. 2008. Panduan Wakaf Hibah dan Wasiat. Jakarta: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Atabik, Ahmad. 2014. “Manajemen Pengelolaan Wakaf Tunai di Indonesia,” dalam ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf , Vol. 1, No. 1, Juni 2014. Kudus: IAI Kudus.

Ath-Thayyar, Abdullah bin Muhammad dkk. 2015. Ensiklopedi Fiqih Muamalah dalam Pandangan 4 Mazhab. Yogyakarta: Maktabah al-Hanif.

Aziz, M. Wahib. 2017. “Wakaf Tunai dalam Perspektif Hukum Islam,” dalam International Journal Ihya’ ‘Ulum al-Din, Vol. 19, No. 1. Semarang: UIN Walisongo.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad. 2010. Fiqh Muamalat Sistem Transaksi dalam Fiqh Islam. Jakarta: Amzah.

Alawiya, Nayla. 2009. Copyleft dalam Perspektif Hukum Islam Sebagai Alternatif Solusi Perbedaan Pandangan Tentang Hak Cipta dalam Masyarakat Islam Indonesia. Semarang: Tesis Program Magister Ilmu Hukum Universitas Diponogoro.

Arief, Abd. Salam. 2003. “Konsep al-Mal dalam Perspektif Hukum Islam (Studi terhadap Ijtihad Fuqaha’).” Dalam Al-Mawarid, Edisi IX. Yogyakarta: FIAI UII.

Ash-Shallabi, Ali Muhammad. 2014. Biografi Umar bin Khattab. Jakarta: Beirut Publishing.

Djuwaini, Dimyauddin. 2008. Pengantar Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzi. 2017. Teori Hak Harta & Istislahi serta Aplikasinya dalam Fikih Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Haroen, Nasrun. 2007. Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Hatta, Moh. 2017. “Wakaf Tunai dalam Perspektif Ulama Mujtahid.” Dalam al-Qanun, Vol. 20, No. 2, Desember 2017.

Hidayatullah, Syarif. 2016. “Wakaf Uang dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia.” Dalam Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, Volume 3 No. 1. Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah.

Manilet, Alsa. 2013. “Wakaf Tunai dan Pemberdayaan Umat.” Dalam Tahkim: Jurnal Hukum dan Syariah, Vol. IX, No. 2, Desember 2013. Ambon: Fakultas Syariah IAIN Ambon.

Nawawi, Ismail. 2012. Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer. Bogor: Ghalia Indonesia.

Niswah, Eva Mir’atun. “Problematika Wakaf Hak Kekayaan Intelektual di Indonesia.” Dalam Volksgeist, Vol. 1 No. 2 Desember 2018. Purwokerto: Fakultas Syariah IAIN Purwokerto.

Sabiq, Sayyid. 2018. Fiqih Sunnah Jilid V. Jakarta: Republika Penerbit.

Sahroni, Oni dan Adiwarman A. Karim. 2015. Maqashid Bisnis & Keuangan Islam, Sintesis Fikih dan Ekonomi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persdana.

______ . 2019. Fikih Muamalah Kontemporer Membahas Ekonomi Kekinian. Jakarta: Republika Penerbit.

_______ . 2020. Fikih Muamalah Kontemporer Jilid 4. Jakarta: Republika Penerbit.

Sarwat, Ahmad. 2018. Ensiklopedi Fikih Indonesia 7: Muamalat. Jakarta: Gramedia.

Sudarsono, Heri. 2007. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Ekonosia FE UII.

Suhendi, Hendi. 2002. Fiqh Muamalah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suryadi, Nanda dan Arie Yusnelly. 2019. “Pengelolaan Wakaf Uang di Indonesia.” Dalam SYARIKAT: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Vol. 2 No. 1, Juni 2019.

Syarufuddin, Ferry dan Ali Sakti. 2020. Praktik Ekonomi dan Keuangan Syariah oleh Kerajaan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Tho’in, Muhammad dan Iin Emy Prastiwi. 2015. “Wakaf Tunai Perspektif Syariah.” Dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 1, No. 1, Maret 2015. Surakarta: STIE ASS Surakarta.

Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta

Undang-Undang No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf.

Diterbitkan

26-06-2021