KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 BIMA

Penulis

  • Muhammad Zulfahmi Akbar Fakultas Tarbiyah IAI Nurul Hakim

Kata Kunci:

Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gaya kepemimpinan kepala madrasah MAN 2 Bima Nusa Tenggara Barat dalam meningkatkan mutu pendidikan pada madrasah yang menjadi lingkup tugasnya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Bima, Kepala sekolah fikus pada standar proses dan sarana prasarana yang menjadi pendukung untuk terlaksana proses pendidikan. Kepala sekolah MAN 2 Bima mampu membuat semua komponen pengajar untuk memperhatikan perangkat pembelajarannya. Begitu pun dengan media dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum demi tercapainya tujuan bersama. Dengan adanya kekompakan ini, maka Kepala sekolah melaksanakan atau meningkatkan mutu pendidikan pada standar proses khususnya dengan cara timwork. Tidak hanya itu, pada input sekolah hal yang terjadi peningkatan jumlah siswa dari tahun 2018, pada tahun sebelumnya telah mengalami kekurangan siswa namun pada tahun 2018 mulai meningkat dan puncaknya pada tahun 2020 persentasenya mencapai 46%. Sementara itu, gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Bima yaitu menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, karena kepala sekolah dalam setiap membuat kebijakan selalu mengajak semua komponen yang ada pada lembaga MAN 2 Bima untuk ikut rapat. Selain itu, kepala sekolah MAN 2 Bima bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua komponen MAN 2 Bima sehingga menimbulkan keakraban dan sistem tata kerja yang nyaman.

Referensi

E. Mulyasa E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

______. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung: PT. RajaGrafindo.

______. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

______. 2012. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung Tars.

______ . 2001. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Miftha, Toha. 2013. Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: PT. RajaGrafindo.

Mulyoto. 2003. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Bendosari Sukoharjo.” Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 1, No. 2, (Januari 2013).

Rivai, Veitzal dan Deddi Mulyadi. 2010. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rusman. 2005. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Rohiyat. 2008. Kecerdasan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.

Suprayogo, Imam. 1999. Revormulasi Visi Pendidikan Islam. Malang: STAIN Press.

Townsend, Butterworth. 1992. Your Child's Scholl. New York: A Plime Book.

Usmintarjo dan Burhanuddin. 1997. Kepemimpinan Pendidikan Bagi Kepala Madrasah. Jakarta: Depdikbud.

Wahiosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Madrasa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

W., Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

26-06-2021