PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • AHMAD Universitas bumigora mataram
  • KIKI RISKA AYU KURNIAWATI UIN Mataram
  • HABIB RATU PERWIRA NEGARA Universitas Bumi Gora Mataram

Kata Kunci:

Improved Achievement, Contextual Learning

Abstrak

This study aims to determine the improvement of learning achievement, the obstacles experienced by teachers and how to solve problems in improving the mathematics learning achievement of fifth grade students with contextual learning at MI Nurul Yaqin Kelanjur, Montong Sapah Village, Praya Barat Daya District. This type of research is qualitative research, namely research conducted to analyze the problems obtained and then describe them so that clear information can be obtained about what is being studied. The results of this study are Contextual Learning / Contextual Teaching Learning can increase enthusiasm, motivation, understanding and student learning achievement in mathematics subjects, the problems faced during the contextual learning process are many students who bring various objects when asked to bring objects. in accordance with the material to be taught and requires a long time for the learning process. Meanwhile, the teacher's efforts in solving these problems are that the teacher must be creative when the contextual learning process is carried out

Referensi

Anggraini, Dwi. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Pendidikan Anak Usia Dini” 14, No. November (2010): 39–46.

Dongoran, Jhonas. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Media Powerpoint.” School Education Journal Pgsd Fip Unimed 9, No. 1 (2019): 1–7.

Latief, Hilman. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Geografi Gea 14, No. 1 (2016): 11–27.

Miryani, Annisa Rizqi, Arifin Muslim, and Pamujo Pamujo. “Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar.” MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial 4, No. 1 (2020): 22–25.

N.N. Tirtayanti, W. Lasmawan, N. Dantes. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar” 3 (2013): 1–12.

Puspawati, I Gusti Ayu. “Penggunaan Metode Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Permainan Bola Basket.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 2, No. 3 (2019): 317.

Sakti, Heri Permana, and A. A. Sujadi. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri Wangon.” UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 3, November 2014 2, no. 3 (2014): 273–280.

Sinaga, Marudut, and Saronom Silaban. “Implementasi Pembelajaran Kontekstual Untuk Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa.” Gagasan Pendidikan Indonesia 1, No. 1 (2020): 33.

Sorong, Kabupaten. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning ) Pada Pokok Bahasan Peredaran Darah Siswa Kelas V SD Inpres 14 Kabupaten Sorong.” Jurnal Pendidikan 7, No. 2 (2019): 87–97.

Sugiarta, I Gede, Nyoman Dantes, and Sadia I Wayan. “Penerapan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2012/2013 DI SD NO. 3 Pegayaman Kecamatan Sukasada.” e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar 3, No. 2 (2013).

Sulastri, Ai. “Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, No. 1 (2016): 156–170.

Sundari, Fitri Siti, and Elis Indrayani. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2, No. 2 (2019): 72–75.

Yulianto, Agung, and Arief Yulianto. “Staf Pengajar Prodi Akuntansi Jurusan Akuntansi FE UNNES Staf Pengajar Prodi Manajemen Jurusan Manajemen FE UNNES 142” (2006): 142–161.

Diterbitkan

26-06-2021